Kunjungan Ratu Negeri Syeba

Setelah belajar perikop Beberapa Usaha Raja Salomo dari Kitab 1 Raja-raja, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Kunjungan Ratu Negeri Syeba.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab 1 Raja-raja (1 Kings 10:1-13) dengan judul perikop Kunjungan Ratu Negeri Syeba).

Kita belajar perikop "Kunjungan Ratu Negeri Syeba" ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Ayat-ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat-ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Kunjungan Ratu Negeri Syeba (Kitab 1Ki 10:1-13)


1Ki 10:1 Ketika ratu negeri Syeba mendengar kabar tentang Salomo, berhubung dengan nama TUHAN, maka datanglah ia hendak mengujinya dengan teka-teki.

1Ki 10:2 Ia datang ke Yerusalem dengan pasukan pengiring yang sangat besar, dengan unta-unta yang membawa rempah-rempah, sangat banyak emas dan batu permata yang mahal-mahal. Setelah ia sampai kepada Salomo, dikatakannyalah segala yang ada dalam hatinya kepadanya.

1Ki 10:3 Dan Salomo menjawab segala pertanyaan ratu itu; bagi raja tidak ada yang tersembunyi, yang tidak dapat dijawabnya untuk ratu itu.

1Ki 10:4 Ketika ratu negeri Syeba melihat segala hikmat Salomo dan rumah yang telah didirikannya,

1Ki 10:5 makanan di mejanya, cara duduk pegawai-pegawainya, cara pelayan-pelayannya melayani dan berpakaian, minumannya dan korban bakaran yang biasa dipersembahkannya di rumah TUHAN, maka tercenganglah ratu itu.

1Ki 10:6 Dan ia berkata kepada raja: "Benar juga kabar yang kudengar di negeriku tentang engkau dan tentang hikmatmu,

1Ki 10:7 tetapi aku tidak percaya perkataan-perkataan itu sampai aku datang dan melihatnya dengan mataku sendiri; sungguh setengahnyapun belum diberitahukan kepadaku; dalam hal hikmat dan kemakmuran, engkau melebihi kabar yang kudengar.

1Ki 10:8 Berbahagialah para isterimu, berbahagialah para pegawaimu ini yang selalu melayani engkau dan menyaksikan hikmatmu!

1Ki 10:9 Terpujilah TUHAN, Allahmu, yang telah berkenan kepadamu sedemikian, hingga Ia mendudukkan engkau di atas takhta kerajaan Israel! Karena TUHAN mengasihi orang Israel untuk selama-lamanya, maka Ia telah mengangkat engkau menjadi raja untuk melakukan keadilan dan kebenaran."

1Ki 10:10 Lalu diberikannyalah kepada raja seratus dua puluh talenta emas, dan sangat banyak rempah-rempah dan batu permata yang mahal-mahal; tidak pernah datang lagi begitu banyak rempah-rempah seperti yang diberikan ratu negeri Syeba kepada raja Salomo itu.

1Ki 10:11 Lagipula kapal-kapal Hiram, yang mengangkut emas dari Ofir, membawa dari Ofir sangat banyak kayu cendana dan batu permata yang mahal-mahal.

1Ki 10:12 Raja mengerjakan kayu cendana itu menjadi langkan untuk rumah TUHAN dan untuk istana raja, dan juga menjadi kecapi dan gambus untuk para penyanyi; kayu cendana seperti itu tidak datang dan tidak kelihatan lagi sampai hari ini.

1Ki 10:13 Raja Salomo memberikan kepada ratu negeri Syeba segala yang dikehendakinya dan yang dimintanya, selain apa yang telah diberikannya kepadanya sebagaimana layak bagi raja Salomo. Lalu ratu itu berangkat pulang ke negerinya bersama-sama dengan pegawai-pegawainya.


1. Ketika ratu negeri Syeba mendengar kabar tentang Salomo. Ratu negeri Syeba telah diidentifikasi sebagai penguasa orang-orang Syeba (Ayb. 1:15) yang menduduki Arabia Felix, bagian wilayah Yemen yang lebih besar.

Pada zaman Alkitab dianggap merupakan olah raga kerajaan bila para penguasa saling menguji kemampuan.

Tujuan utama dari kunjungan sang ratu adalah untuk membuktikan apakah pengakuan Salomo bahwa dirinya berhikmat itu sebanding dengan penampilannya.

Semua pernyataan bahwa ratu ini berasal dari Etiopia harus dianggap sebagai hanya dongeng saja.

2. Ia datang ke Yerusalem dengan pasukan pengiring yang sangat besar. Sesuai dengan protokol kerajaan pada waktu itu, sang ratu membawa hadiah-hadiah yang berharga bagi raja Israel.

3. Salomo menjawab segala pertanyaan ratu itu. Segala keingintahuan ratu tersebut dapat dipuaskan sepenuhnya oleh Salomo sehingga pengakuan dirinya memang terbukti.

Orang-orang Syeba yang diperintah oleh sang ratu merupakan bangsa yang dipimpin oleh para raja yang juga imam (Mzm. 72:10). Tidak diragukan lagi bahwa sang ratu membawa laporan yang sangat menguntungkan tentang hasil kunjungannya itu.

6. Benar juga kabar yang kudengar di negeriku. Sang ratu mengakui bahwa semula dia berpikir bahwa kemasyhuran Salomo terlalu dilebih-lebihkan.

Kini dia mengakui bahwa yang diceritakan tersebut belum setengah dari apa yang sesungguhnya.

Kekagumannya bukan hanya disebabkan oleh apa yang telah didengarnya dari ucapan raja Israel itu namun juga dari apa yang telah dilihatnya sendiri.

9. Terpujilah Tuhan, Allahmu, yang telah berkenan kepadamu. Mengingat orang yang mengucapkan kalimat ini, pernyataan ini tidaklah bertentangan dengan pandangan politeisme.

Ratu tersebut kini bersedia mengakui bahwa Allah Israel itu memang ada dan bahwa Dia itu sejajar dengan dewa-dewa yang lain.

Beranggapan bahwa sang ratu telah menjadi penganut iman Ibrani merupakan langkah yang terlalu jauh (bdg. Mat. 12:42).

10. Lalu diberikannyalah kepada raja seratus dua puluh talenta emas. Pada tahun 1960 jumlah ini diduga setara dengan $ 3500,000.- sebuah pemberian yang sangat berharga dari seorang ratu yang cukup kaya. Hadiah tersebut belum termasuk batu-batu permata dan rempah-rempah.

11. Lagipula kapal-kapal Hiram, yang mengangkut emas dari Ofir. Sisipan yang berkaitan dengan Hiram di sini menunjukkan bahwa Salomo merundingkan suatu perjanjian dagang dengan orang-orang Tirus demi kepentingan tamunya.

13. Raja Salomo memberikan kepada ratu negeri Syeba segala yang dikehendakinya. Sesudah dijamu dan menerima banyak hadiah, sang ratu pulang. Tidak diragukan bahwa ratu menganggap kunjungannya sangat berhasil.

Perikop Selanjutnya: Penghasilan Salomo dan Kekayaannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel