Ela, Raja Israel

Setelah belajar perikop Baesa, Raja Israel dari Kitab 1 Raja-raja, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Ela, Raja Israel.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab 1 Raja-raja (1 Kings 16:8-14) dengan judul perikop Ela, Raja Israel).

Kita belajar perikop "Ela, Raja Israel" ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Ayat-ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat-ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Ela, Raja Israel (Kitab 1Ki 16:8-14)


1Ki 16:8 Dalam tahun kedua puluh enam zaman Asa, raja Yehuda, Ela, anak Baesa, menjadi raja atas Israel di Tirza. Ia memerintah dua tahun lamanya.

1Ki 16:9 Zimri, pegawainya yang menjadi panglima atas setengah dari pasukan kereta, mengadakan persepakatan melawan dia. Ketika ia minum-minum sampai mabuk di Tirza, di rumah Arza yang menjadi kepala istana di Tirza,

1Ki 16:10 datanglah Zimri, lalu membunuh dia dalam tahun kedua puluh tujuh zaman Asa, raja Yehuda, dan ia menjadi raja menggantikan dia.

1Ki 16:11 Pada waktu ia menjadi raja itu, segera sesudah ia duduk di atas takhtanya, ia membunuh seluruh keluarga Baesa. Tidak ada seorang laki-lakipun dari padanya yang ditinggalkannya hidup, juga kaumnya, dan teman-temannya.

1Ki 16:12 Demikianlah Zimri memunahkan seluruh keluarga Baesa, sesuai dengan firman TUHAN yang diucapkan-Nya kepada Baesa dengan perantaraan nabi Yehu,

1Ki 16:13 oleh karena segala dosa yang telah dilakukan Baesa dan Ela, anaknya, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula, sehingga mereka menimbulkan sakit hati TUHAN, Allah Israel, dengan dewa-dewa kesia-siaan mereka.

1Ki 16:14 Selebihnya dari riwayat Ela dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?


8. Dalam tahun kedua puluh enam zaman Asa, raja Yehuda, Ela, anak Baesa, menjadi raja atas Israel. Masa pemerintahan Ela (886-885 sM) merupakan masa pemerintahan yang singkat dan tidak menyenangkan.

Masa pemerintahannya hanya berlangsung satu tahun dan berakhir dengan kematian karena dibunuh.

Zimri, salah satu kepala pasukan dari pasukan pengawal raja sendiri membuat suatu persepakatan dan membunuhnya.

9. Ketika ia minum-minum sampai mabuk di Tirza, di rumah Arza. Ela dan Belsyazar setidak-tidaknya memiliki satu kesamaan: mereka keduanya terbunuh ketika sedang minum sampai mabuk.

Arza. Kepala rumah tangga istana Ela yang mengatur jamuan minum tersebut sehingga pasti ikut ambil bagian dalam komplotan tersebut.

10. Datanglah Zimri, lalu membunuh dia. Dengan demikian tampillah dinasti ketiga di takhta Israel - dengan catatan jika sekeluarga yang hanya memerintah tujuh hari saja layak disebut dengan dinasti.

11. Pada waktu ia menjadi raja . . . ia membunuh seluruh keluarga Baesa. Menggenapi apa yang diucapkan oleh nabi Yehu. Zimri bukan hanya membunuh semua anggota keluarga dan kerabat Baesa, tetapi juga sahabat-sahabatnya (ay. 12, 13).

Perikop Selanjutnya: Zimri, Raja Israel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel