Omri, Raja Israel

Setelah belajar perikop Zimri, Raja Israel dari Kitab 1 Raja-raja, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Omri, Raja Israel.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab 1 Raja-raja (1 Kings 16:21-28) dengan judul perikop Omri, Raja Israel).

Kita belajar perikop "Omri, Raja Israel" ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Ayat-ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat-ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Omri, Raja Israel (Kitab 1Ki 16:21-28)


1Ki 16:21 Pada waktu itu bangsa Israel terbagi dua. Sebagian dari bangsa itu mengikuti Tibni bin Ginat, dan bermaksud mengangkat dia menjadi raja, dan sebagian lagi mengikuti Omri.

1Ki 16:22 Tetapi rakyat yang mengikuti Omri lebih kuat dari pada rakyat yang mengikuti Tibni bin Ginat. Sesudah Tibni mati, maka Omri menjadi raja.

1Ki 16:23 Dalam tahun ketiga puluh satu zaman Asa, raja Yehuda, Omri menjadi raja atas Israel dan ia memerintah dua belas tahun lamanya. Di Tirza ia memerintah enam tahun lamanya.

1Ki 16:24 Kemudian ia membeli gunung Samaria dari pada Semer dengan dua talenta perak. Ia mendirikan suatu kota di gunung itu dan menamainya Samaria, menurut nama Semer, pemilik gunung itu.

1Ki 16:25 Omri melakukan apa yang jahat di mata TUHAN dan ia melakukan kejahatan lebih dari pada segala orang yang mendahuluinya.

1Ki 16:26 Ia hidup menurut segala tingkah laku Yerobeam bin Nebat dan menurut dosa Yerobeam yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula, sehingga mereka menimbulkan sakit hati TUHAN, Allah Israel, dengan dewa-dewa kesia-siaan mereka.

1Ki 16:27 Selebihnya dari riwayat Omri, apa yang dilakukannya dan kepahlawanannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

1Ki 16:28 Kemudian Omri mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di Samaria. Maka Ahab, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.


21. Pada waktu itu bangsa Israel terbagi dua. Perpecahan kedua kini terjadi.

Untuk sesaat tampaknya bangsa Israel akan terpecah menjadi tiga dan bukan menjadi dua kerajaan.

Karena saat ini penduduk utara membentuk dua kubu yang sama kuat, yang satu membela kepentingan Omri dan satunya membela kepentingan Tibni. Tidak diketahui dengan jelas siapa Tibni ini.

22. Tetapi rakyat yang mengikuti Omri lebih kuat dari pada rakyat yang mengikuti Tibni ... Sesudah Tibni mati, maka Omri menjadi raja. Omri bukan menduduki takhta secara langsung namun lebih dipaksa untuk mendudukinya.

Menurut Yosefus (Antiq, VIII.12.1), Tibni terbunuh oleh musuh-musuhnya. Tetapi makna dari Tibni mati tidak harus diartikan demikian. Tibni mati dalam pertempuran sengit lima tahun kemudian.

23. Dalam tahun ketiga puluh satu zaman Asa, raja Yehuda, Omri menjadi raja atas Israel. Omri (880-874 sM) dalam banyak hal merupakan seorang pemimpin yang baik.

Yang menodai sifatnya adalah karena dia tidak meninggalkan dosa-dosa Yerobeam.

24. Kemudian ia membeli Gunung Samaria dari pada Semer dengan dua talenta perak. Di atas bukit ini Omri kemudian mendirikan sebuah kota berkubu dan menamainya sesuai dengan nama pemilik yang sebelumnya, yaitu Semer.

Tidak diragukan lagi, bahwa malapetaka yang dihasilkan oleh api Zimri menjadikan ibu kota yang baru itu sangat diinginkan dan bahkan mungkin sangat diperlukan.

28. Kemudian Omri mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di Samaria. Ibu kota Omri yang baru merupakan tempat dia dikuburkan.

Perikop Selanjutnya: Ahab Menyembah Baal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel