1 Raja-raja 16:15-20: Zimri, Raja Israel

Setelah belajar perikop Ela, Raja Israel dari Kitab 1 Raja-raja, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Zimri, Raja Israel.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab 1 Raja-raja (1 Kings 16:15-20) dengan judul perikop Zimri, Raja Israel).

Kita belajar perikop "Zimri, Raja Israel" ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Ayat-ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat-ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Zimri, Raja Israel (Kitab 1Ki 16:15-20)


1Ki 16:15 Dalam tahun kedua puluh tujuh zaman Asa, raja Yehuda, Zimri menjadi raja. Ia memerintah tujuh hari lamanya di Tirza, sedang rakyat berkemah mengepung Gibeton yang termasuk wilayah orang Filistin.

1Ki 16:16 Setelah rakyat yang berkemah itu mendengar orang mengatakan: "Zimri telah mengadakan persepakatan, dan iapun telah membunuh raja," maka pada hari itu juga, di tempat perkemahan, seluruh Israel menobatkan Omri, panglima tentara, menjadi raja atas Israel.

1Ki 16:17 Kemudian Omri dengan seluruh Israel maju dari Gibeton, dan mereka mengepung Tirza.

1Ki 16:18 Segera sesudah Zimri melihat, bahwa kota itu telah direbut, masuklah ia ke dalam puri istana raja, lalu membakar istana raja itu sedang ia sendiri ada di dalamnya, dan ia mati,

1Ki 16:19 oleh karena dosa-dosa yang telah dilakukannya dengan melakukan apa yang jahat di mata TUHAN serta hidup menurut tingkah laku Yerobeam dan menurut dosa Yerobeam yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula.

1Ki 16:20 Selebihnya dari riwayat Zimri dan persepakatan yang diadakannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?


15. Dalam tahun kedua puluh tujuh zaman Asa, Raja Yehuda, Zimri ... memerintah tujuh hari lamanya di Tirza (885 sM). Masa pemerintahan tersingkat dari seorang raja Israel atau Yehuda, hanya satu minggu.

17. Kemudian Omri dengan seluruh Israel maju dari Gibeton, dan mereka mengepung Tirza. Kabar berita menyebar secara cukup lambat dibandingkan dengan saat ini, tetapi akhirnya berita tentang pengkhianatan Zimri sampai juga di telinga orang Gibeton.

Di bawah pimpinan Omri mereka kemudian bergerak maju ke Tirza.

18. Ketika Zimri melihat bahwa dirinya sudah dikepung rapat oleh pasukan Omri, maka dia menarik diri ke dalam istana, menutup pintu di belakangnya dan membakar diri serta istananya hingga rata dengan tanah.

19. Oleh karena dosa-dosa yang telah dilakukannya dengan melakukan apa yang jahat di mata Tuhan. Penyebab utama dari akhir kehidupan Zimri yang sangat cepat itu dengan demikian telah dinyatakan.

Dia terkena hukuman ilahi.

Perikop Selanjutnya: Omri, Raja Israel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel