Keluaran 35:30-36:7: Pengangkatan Bezaleel dan Aholiab

Pengangkatan Bezaleel dan Aholiab​.

Setelah belajar perikop Persembahan Khusus Untuk Mendirikan Kemah Suci dan Untuk Kebaktian di dalamnya, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Pengangkatan Bezaleel dan Aholiab.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 35:30-35 s/d 36:1-7 dengan judul perikop Pengangkatan Bezaleel dan Aholiab).

Kita belajar perikop Pengangkatan Bezaleel dan Aholiab ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Pengangkatan Bezaleel dan Aholiab (Kitab Keluaran 35:30-36:7)


Exo 35:30 Berkatalah Musa kepada orang Israel: "Lihatlah, TUHAN telah menunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda,

Exo 35:31 dan telah memenuhinya dengan Roh Allah, dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan,

Exo 35:32 yakni untuk membuat berbagai rancangan supaya dikerjakan dari emas, perak dan tembaga;

Exo 35:33 untuk mengasah batu permata supaya ditatah; untuk mengukir kayu dan untuk bekerja dalam segala macam pekerjaan yang dirancang itu.

Exo 35:34 Dan TUHAN menanam dalam hatinya, dan dalam hati Aholiab bin Ahisamakh dari suku Dan, kepandaian untuk mengajar.

Exo 35:35 Ia telah memenuhi mereka dengan keahlian, untuk membuat segala macam pekerjaan seorang tukang, pekerjaan seorang ahli, pekerjaan seorang yang membuat tenunan yang berwarna-warna dari kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus, dan pekerjaan seorang tukang tenun, yakni sebagai pelaksana segala macam pekerjaan dan perancang segala sesuatu.


30-35. Musa memperkenalkan Bezaleel dan Aholiab sebagai ahli-ahli bangunan yang dipilih Allah dan diberi pengurapan khusus untuk mengawasi pembangunan tersebut (31:2-5).

Kemampuan mereka tersebut harus disalurkan dengan mengajarkannya kepada para pekerja lain.

Exo 36:1 Demikianlah harus bekerja Bezaleel dan Aholiab, dan setiap orang yang ahli, yang telah dikaruniai TUHAN keahlian dan pengertian, sehingga ia tahu melakukan segala macam pekerjaan untuk mendirikan tempat kudus, tepat menurut yang diperintahkan TUHAN."

Exo 36:2 Lalu Musa memanggil Bezaleel dan Aholiab dan setiap orang yang ahli, yang dalam hatinya telah ditanam TUHAN keahlian, setiap orang yang tergerak hatinya untuk datang melakukan pekerjaan itu.

Exo 36:3 Mereka menerima dari pada Musa seluruh persembahan khusus, yang telah dibawa oleh orang Israel untuk melaksanakan pekerjaan mendirikan tempat kudus. Tetapi orang Israel itu masih terus membawa pemberian sukarela kepada Musa tiap-tiap pagi.

Exo 36:4 Dan segala orang ahli yang melakukan seluruh pekerjaan untuk tempat kudus itu, datanglah masing-masing dari pekerjaan yang dilakukannya,

Exo 36:5 dan berkata kepada Musa: "Rakyat membawa lebih banyak dari yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diperintahkan TUHAN untuk dilakukan."

Exo 36:6 Lalu Musa memerintahkan, supaya dimaklumkan di mana-mana di perkemahan itu, demikian: "Tidak usah lagi ada orang laki-laki atau perempuan yang membuat sesuatu menjadi persembahan khusus bagi tempat kudus." Demikianlah rakyat itu dicegah membawa persembahan lagi.

Exo 36:7 Sebab bahan yang diperlukan mereka telah cukup untuk melakukan segala pekerjaan itu, bahkan berlebih.


Keterbukaan Bangsa Itu Dalam Memberi (36:1-7).

Pemberian bangsa itu melebihi kebutuhan.

Bahan-bahan persembahan tersebut diserahkan kepada Bezaleel dan Aholiab atau asisten mereka hingga jumlahnya menjadi demikian banyak, sampai orang-orang itu harus dihentikan dari keinginan mereka untuk memberi.

Perikop Selanjutnya: Membuat Kemah Suci.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel