Zakaria 1:18-21: Penglihatan Kedua: Empat Tanduk dan Empat Orang Tukang Besi

Klik:

Zechariah / Zakaria 1:18-21


Zec 1:18 Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak empat tanduk.

Zec 1:19 Lalu aku bertanya kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini?" Maka ia menjawab aku: "Inilah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda, Israel dan Yerusalem."

Zec 1:20 Kemudian TUHAN memperlihatkan kepadaku empat tukang besi.

Zec 1:21 Lalu aku bertanya: "Orang-orang ini datang untuk melakukan apa?" Maka ia menjawab: "Inipun adalah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda, sehingga tidak seorangpun berani mengangkat kepalanya. Dan semuanya ini datang untuk mengejutkan mereka, yakni untuk menghempaskan tanduk bangsa-bangsa yang telah mengangkat tanduk terhadap tanah Yehuda hendak menyerakkannya."


Tafsiran Wycliffe


18. Tampak empat tanduk. Dalam kanon Ibrani, penglihatan kedua mengawali pasal kedua kitab ini.

Versi Inggris mengikuti LXX dan Vulgata.

Susunan yang mana pun, tidak mempengaruhi arti bagian ini.

Dalam Alkitab, tanduk merupakan sebuah kiasan yang sangat dikenal untuk kekuatan; binatang-binatang bertanduk menunjukkan kekuatan mereka melalui tanduk (bdg. Mi. 4:13; Dan. 8:3,4).

Para penafsir berbeda dalam mengartikan keempat tanduk itu.

Ada yang menyatakan, bahwa tanduk-tanduk itu melambangkan: empat penjuru bumi; musuh-musuh Israel di setiap sisi; musuh-musuh tertentu di pinggir Tanah Perjanjian; semua kesengsaraan yang dialami Israel sampai pada pemerintahan Mesias.

Dengan mengambil kesaksian yang luas dalam Kitab Suci, terutama dari sudut tokoh-tokoh dalam Kitab Daniel dan Wahyu, sejumlah besar pemapar mengartikan tanduk-tanduk tersebut sebagai empat kekuatan dunia, seperti disebut dalam Daniel 2; 7; 8, yaitu Babel, Persia, Yunani, dan Roma.

Barangkali, ini merupakan pandangan yang paling banyak disokong.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa pada masa hidup Zakharia, kerajaan ketiga dan keempat belum muncul, namun nubuatan biasanya mengumpulkan dalam satu panorama luas unsur-unsur pelengkap dari rencana dalam nubuatan itu.

Bandingkan Yesaya 61:1-3; Daniel 9:24-27; Zakharia 9:9, 10.

20. Empat tukang besi (AV: four carpenters). Kata aslinya dipakai untuk setiap pekerja tangan yang ahli, entah dengan bahan kayu, logam, atau batu.

21. Semuanya ini datang untuk mengejutkan mereka. Tukang besi ini datang dengan maksud untuk membuat takut, dan menimbulkan teror dalam hati bangsa-bangsa yang memperlakukan Israel tanpa belas kasihan dengan meninggalkan mereka dalam keadaan tak berdaya dan hancur.

Untuk setiap musuh Israel, Allah memiliki alat penghukuman yang sesuai untuk melaksanakan hukuman-Nya atas mereka.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel