Maleakhi 3:13-18: Kemenangan Terakhir Bagi Orang Benar

Klik:

Malachi / Maleakhi 3:13-18


Mal 3:13 Bicaramu kurang ajar tentang Aku, firman TUHAN. Tetapi kamu berkata: "Apakah kami bicarakan di antara kami tentang Engkau?"

Mal 3:14 Kamu berkata: "Adalah sia-sia beribadah kepada Allah. Apakah untungnya kita memelihara apa yang harus dilakukan terhadap-Nya dan berjalan dengan pakaian berkabung di hadapan TUHAN semesta alam?

Mal 3:15 Oleh sebab itu kita ini menyebut berbahagia orang-orang yang gegabah: bukan saja mujur orang-orang yang berbuat fasik itu, tetapi dengan mencobai Allahpun, mereka luput juga."

Mal 3:16 Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: "TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya."

Mal 3:17 Mereka akan menjadi milik kesayangan-Ku sendiri, firman TUHAN semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani mereka sama seperti seseorang menyayangi anaknya yang melayani dia.

Mal 3:18 Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya.


Tafsiran Wycliffe


"Apakah Kami Bicarakan di Antara Kami tentang Engkau?" (3:13-4:3).

Pada dasarnya merupakan sebuah rekapitulasi dari pasal 2:17-3:6, bagian ini memiliki penekanan yang agak berbeda.

Di sini ditunjukkan, bahwa tidak semua umat perjanjian berbicara melawan Allah dan menuduh-Nya tidak adil.

Umat yang hidup secara benar dan takut Allah itu, pada Hari Tuhan akan melihat pembebasan, kemenangan dan berkat melimpah.

13. Bicarakan di antara kami. Apakah ada gunanya melanjutkan bentuk-bentuk hukum seremonial?

Konsensus pendapat secara berbahaya hampir menyimpulkan, bahwa menyembah Yehovah pun bisa dihentikan juga.

Akan tetapi, bangsa Israel sekali lagi berpura-pura saleh dan bertanya: "Apakah kami bicarakan ... tentang Engkau?"

14. Adalah sia-sia beribadah kepada Allah. Pelayanan kepada Yehovah didasarkan pada dolar dan sen: Bila kemakmuran materi tidak tercapai, orang barangkali juga tidak menyembah Allah.

Berjalan dengan pakaian berkabung. Ungkapan ini seharusnya dipahami sebagai mengalami pertobatan lahiriah, tanpa mengalami pertobatan yang sebenarnya di dalam batin.

15. Kita ini menyebut berbahagia orang-orang yang gegabah. Ayat ini barangkali mengacu pada orang-orang berdosa besar pada umumnya, entah itu orang-orang Yahudi ataupun bangsa-bangsa lain, yang kaya secara materi.

Tetapi dengan mencobai Allahpun, mereka luput juga (bdg. 2:17; Mzm. 95:9).

16. Beginilah. Masyarakat yang tak mengenal Allah dengan percakapan yang anti-Allah, mendorong orang-orang percaya untuk berkumpul bersama, guna saling membangkitkan semangat dan menyatukan kesaksian.

Orang-orang yang takut. Di Israel masih ada orang-orang percaya sejati.

Sebuah kitab peringatan. Di surga, dibuat catatan mengenai orang-orang yang menghormati TUHAN.

Untuk penjelasannya lihat Ester 2:23; 6:1-3; Keluaran 32:32; Mazmur 56:8; 69:28; Lukas 10:20; Wahyu 20:12; 21:27.

17. Milik kesayangan-Ku sendiri. Bagian pertama kalimat ini seharusnya berbunyi: Dan mereka akan menjadi milik-Ku, milik yang berharga (bdg. Tel. 19:5).

Pada hari yang Kusiapkan. Hari Tuhan (bdg. 3:1, 2). Orang dapat menerjemahkannya: "pada hari Aku bertindak."

Akan datang harinya ketika Allah akan bertindak, ketika keadilan akan dibagikan.

Aku akan mengasihani mereka. Hari Tuhan akan merupakan hari yang menakutkan (Zef. 1:15-18), namun orang benar memiliki jaminan yang menenangkan, bahwa Dia yang memiliki hari itu akan melepaskan orang-orang milik-Nya (bdg. Mzm. 91:7).

18. Kembali. Diterjemahkan sebagai lagi, dan kalimatnya berbunyi: "Dan kamu akan melihat lagi."

Sejarah telah menghasilkan sejumlah besar kesaksian tentang fakta, bahwa "apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya" (Gal. 6:7); hal itu akan terus demikian.

Hanya mata yang buta atau sifat keras kepala yang bandel, yang dapat menyimpulkan, bahwa Allah tidak membedakan antara orang benar dan orang jahat dalam membagi berkat.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel