Markus 11:27-33: Pertanyaan Mengenai Kuasa Yesus

Klik:

Mark / Markus 11:27-33


Mar 11:27 Lalu Yesus dan murid-murid-Nya tiba pula di Yerusalem. Ketika Yesus berjalan di halaman Bait Allah, datanglah kepada-Nya imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua,

Mar 11:28 dan bertanya kepada-Nya: "Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?"

Mar 11:29 Jawab Yesus kepada mereka: "Aku akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu. Berikanlah Aku jawabnya, maka Aku akan mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu.

Mar 11:30 Baptisan Yohanes itu, dari sorga atau dari manusia? Berikanlah Aku jawabnya!"

Mar 11:31 Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: "Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya?

Mar 11:32 Tetapi, masakan kita katakan: Dari manusia!" Sebab mereka takut kepada orang banyak, karena semua orang menganggap bahwa Yohanes betul-betul seorang nabi.

Mar 11:33 Lalu mereka menjawab Yesus: "Kami tidak tahu." Maka kata Yesus kepada mereka: "Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Terakhir Kristus di Yerusalem (11:1-13:37).

Di dalam bagian ini, Markus telah mencatat rangkaian tindakan dan ajaran terakhir Sang Juruselamat sebelum penderitaan-Nya.

Semua peristiwa ini terjadi di dalam dan di sekitar Yerusalem.

Di sini terjadi peristiwa "Masuk ke Yerusalem dengan Dielu-elukan" dan pembersihan Bait Suci (11:1-26), serangkaian pertentangan dengan para pemimpin Yahudi (11:27-12:44), dan percakapan apokaliptik yang panjang di Bukit Zaitun (13:1-37).

Aneka Kontroversi Terakhir dengan Para Pemimpin Yahudi (11:27-12:44).

Perdebatan-perdebatan yang tercatat di dalam bagian ini semuanya terjadi pada satu hari yang sibuk -- hari Selasa dalam minggu sengsara.

Pokok-pokok yang dipersoalkan adalah sumber kuasa Yesus (11:27-33); perumpamaan tentang para penggarap kebun anggur (12:1-12); soal membayar pajak (12:13-17), kebangkitan (12:18-27), hukum paling utama (12:28-34), dan hubungan antara Mesias dengan Daud (12:35-40).

Bagian ini diakhiri dengan kisah mengenai janda yang mempersembahkan dua peser (12:41-44).

27. Tiba pula di Yerusalem. Ini terjadi pada hari Selasa pagi.

Berbagai tanggapan mengenai pohon ara yang mengering (ay. 20-25), dibahas di dalam perjalanan menuju Yerusalem.

Imam-imam kepala. Secara teknis hanya ada satu Imam Besar, tetapi istilah ini berarti semua mantan imam besar yang masih hidup. Dalam hal ini, paling tidak Hanas, bapak mertua imam besar Kayafas, tentu ikut terlibat.

28. Pertanyaan mereka ada dua jenis: Jenis (poid) kuasa apakah yang Engkau miliki? Dari manakah kuasa itu diperoleh?

Yang dimaksudkan oleh para pejabat dengan hal-hal itu ialah tindakan Kristus membersihkan Bait Suci (bdg. Yoh. 2:18).

Dikatakan, bahwa Bait Suci hanya dapat dibersihkan oleh Sanhedrin, oleh seorang nabi, atau oleh Mesias.

30. Dari sorga. Dalam usaha mereka untuk menghindari penggunaan Nama Ilahi, orang Yahudi sering kali memakai istilah "sorga" ketika berbicara tentang Allah.

31-32. Melalui pertanyaan ini, Yesus memberikan kepada para pemuka agama ini buah simalakama.

Apabila pelayanan Yohanes bersumber dari Tuhan, maka seharusnya mereka, selaku pemimpin rohani adalah yang pertama-tama harus percaya kepadanya.

Tetapi, apabila mereka menyatakan, bahwa pelayanan Yohanes itu berasal dari manusia, maka akan berarti mereka merendahkan Yohanes menjadi seorang penipu, dan pandangan ini akan memancing ketidaksenangan orang banyak terhadap mereka.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel