Matius 12:38-42: Tanda Yunus

Klik:

Matthew / Matius 12:38-42


Mat 12:38 Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: "Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu."

Mat 12:39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.

Mat 12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

Mat 12:41 Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!

Mat 12:42 Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!"


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Pertentangan dari Golongan Farisi (12:1-50).

Matius mencatat serangkaian peristiwa yang menunjukkan sifat permusuhan golongan Farisi.

38-45. Orang Farisi dan ahli Taurat menuntut suatu tanda.

38. Kami ingin melihat suatu tanda. Mereka tidak menghiraukan mukjizat-mukjizat sebelumnya.

Yang mereka inginkan ialah suatu tindakan sensasional yang sesuai dengan pemahaman mereka tentang Mesias (bdg. Mat. 16:1), suatu tanda yang tidak memerlukan iman, hanya penglihatan saja.

39. Angkatan yang jahat dan tidak setia. Melukiskan bangsa itu sebagai tidak setia secara rohani terhadap sumpah mereka kepada Yehovah (bdg. Yer. 3:14, 20).

Kepada bangsa semacam itu dinubuatkan di sini satu tanda besar, yakni Kebangkitan Kristus dan bahkan sudah ditunjukkan sejak lebih dini (Yoh. 2:19-21).

40. Pengalaman Yunus yang dimuntahkan dari perut ikan, merupakan lambang dari kematian dan kebangkitan Yesus setelah berada dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

Orang-orang yang menganut pendapat tradisional berpendapat, bahwa penyaliban terjadi pada hari Jumat, menerangkan waktu tersebut sebagai mengungkapkan bagian dari tiga hari (Jumat, Sabtu dan Minggu).

Orang-orang yang berpendapat bahwa penyaliban terjadi pada hari Rabu menjelaskan, bahwa istilah ini secara harfiah berarti tujuh puluh dua jam, dari hari Rabu pada saat matahari terbenam hingga hari Sabtu saat matahari terbenam (mis.: W. G. Scroggie, Guide to the Gospels, hlm. 569-577).

41. Orang Niniwe, setelah menerima Yunus dan amanatnya sesudah ia dibebaskan secara ajaib, akhirnya bertobat.

Dengan demikian, perbuatan mereka mengakibatkan orang Israel kelihatan lebih buruk lagi, sebab secara nasional Israel tetap tidak bertobat, baik sebelum maupun sesudah Kebangkitan Kristus, walaupun Dia itu lebih (besar) dari pada Yunus.

42. Demikian pula minat terhadap hikmat Salomo (dianugerahkan secara ilahi) oleh ratu dari Selatan (I Raj. 10:1-13), akan membedakan secara menyedihkan orang yang tidak percaya dari kalangan Yudaisme saat itu pada waktu penghakiman.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel