Matius 18:15-20: Tentang Menasihati Sesama Saudara

Klik:

Matthew / Matius 18:15-20


Mat 18:15 "Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.

Mat 18:16 Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan.

Mat 18:17 Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Dan jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai.

Mat 18:18 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kamu lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.

Mat 18:19 Dan lagi Aku berkata kepadamu: Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.

Mat 18:20 Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

15-20. Pengajaran tentang prosedur untuk menghadapi orang yang bersalah.

15. Sekalipun sudah diperingatkan dengan keras berkali-kali, kesalahan akan tetap terjadi.

Berbagai prosedur dirumuskan untuk menunjukkan bagaimana pihak yang dirugikan harus menanggapinya.

Tanggung jawab yang pertama ialah pergi secara pribadi kepada orang yang bersalah, tanpa menunggu permintaan maaf.

Prosedur semacam ini membuatnya lebih mudah untuk memperoleh suatu pengakuan bersalah.

Apabila berhasil, dia akan memperoleh orang itu sebagai sahabatnya dan memulihkan hubungan orang tersebut dengan Tuhan, dan dengan sesama orang beriman.

16. Apabila diperlukan langkah yang kedua, harus ada beberapa orang saksi pada saat wawancara (lihat Ul. 19:15).

17. Sampaikanlah soalnya kepada jemaat. Jika pihak yang bersalah tetap tidak mau mengakui kesalahannya (dan dosanya cukup parah sehingga mempengaruhi jemaat), gereja harus ikut campur menangani masalah tersebut.

Gereja (jemaat) tidak mungkin berarti rumah ibadat atau sinagoge, sebab ada hak-hak istimewa yang dicantumkan dalam 18:18-19.

Jemaat Kristenlah yang dimaksudkan, sebagaimana ditunjukkan oleh ketidakhadiran Yesus secara tersirat (ay. 20).

Ketidaksediaan untuk mematuhi nasihat gereja (jemaat), menjadikan orang yang bersalah tadi, harus dianggap sebagai orang yang tidak seiman (tidak mengenal Allah atau seorang pemungut cukai).

Tentu saja, tindakan semacam ini harus termasuk usaha untuk menjangkaunya dengan Injil.

18. Apa yang kamu ikat di dunia ini (bdg. 16:19). Keputusan jemaat dalam kasus-kasus semacam ini, yang dicapai melalui doa, Firman, dan Roh, akan disahkan di surga. Lihat juga Yohanes 20:23.

19-20. Janji bahwa doa akan dijawab, bahkan apabila dua orang ... sepakat, merupakan bukti tambahan, bahwa keputusan jemaat yang dilandasi doa dalam hal-hal yang menyangkut disiplin, akan dihormati oleh Tuhan.

Janji mengenai doa terpadu ini, harus dilihat dari sudut ajaran Kristen mengenai pokok ini (bdg. I Yoh. 5:14).

Di situ Aku ada di tengah-tengah mereka. Janji tentang kehadiran khusus Kristus di tengah-tengah jemaat yang jumlahnya paling kecil.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel