Markus 14:43-52: Yesus Ditangkap

Klik:

Mark / Markus 14:43-52


Mar 14:43 Waktu Yesus masih berbicara, muncullah Yudas, salah seorang dari kedua belas murid itu, dan bersama-sama dia serombongan orang yang membawa pedang dan pentung, disuruh oleh imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua.

Mar 14:44 Orang yang menyerahkan Dia telah memberitahukan tanda ini kepada mereka: "Orang yang akan kucium, itulah Dia, tangkaplah Dia dan bawalah Dia dengan selamat."

Mar 14:45 Dan ketika ia sampai di situ ia segera maju mendapatkan Yesus dan berkata: "Rabi," lalu mencium Dia.

Mar 14:46 Maka mereka memegang Yesus dan menangkap-Nya.

Mar 14:47 Salah seorang dari mereka yang ada di situ menghunus pedangnya, lalu menetakkannya kepada hamba Imam Besar sehingga putus telinganya.

Mar 14:48 Kata Yesus kepada mereka: "Sangkamu Aku ini penyamun, maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung untuk menangkap Aku?

Mar 14:49 Padahal tiap-tiap hari Aku ada di tengah-tengah kamu mengajar di Bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku. Tetapi haruslah digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci."

Mar 14:50 Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri.

Mar 14:51 Ada seorang muda, yang pada waktu itu hanya memakai sehelai kain lenan untuk menutup badannya, mengikuti Dia. Mereka hendak menangkapnya,

Mar 14:52 tetapi ia melepaskan kainnya dan lari dengan telanjang.


Tafsiran Wycliffe


Kesengsaraan dan Kebangkitan Kristus (14:1-16:20).

Narasi Markus kini bergerak memasuki adegan-adegan terakhir dari kehidupan Kristus di bumi.

Ini merupakan serangkaian peristiwa yang mengelilingi kematian dan kebangkitan-Nya.

Rangkaian peristiwa tersebut adalah tindakan-tindakan yang akan menghasilkan penebusan abadi bagi semua orang yang mau menerimanya di mana pun mereka berada.

Kesengsaraan Tuhan (14:12-15:47).

Kisah tentang kesengsaraan dan kematian Kristus yang diceritakan oleh Markus dapat dibagi sebagai berikut:

Rangkaian peristiwa di sekitar perjamuan terakhir (14:12-25).

Perjalanan ke Getsemani (14:26-42).

Penangkapan Kristus (14:43-52).

Pengadilan-pengadilan (14:53-15:15).

Penyaliban (15:16-41).

Penguburan Kristus (15:4247).

Kronologis yang umum beranggapan, bahwa hari Rabu digunakan sebagai hari istirahat di Betania, dan bahwa rangkaian peristiwa dari bagian yang kita pelajari terjadi pada hari Kamis dan Jumat.

Tidak disebutkan secara jelas, bahwa hari perhentian semacam itu memang ada, tetapi dengan membandingkan catatan-catatan Injil, maka harus diterima bahwa hari itu ada.

43. Ayat-ayat selanjutnya (43-52) mengisahkan penangkapan atas Kristus.

Gerombolan dipimpin oleh Yudas, yang mengetahui, bahwa Yesus sering kali menarik diri ke tempat sepi di Getsemani (Yoh. 18:2).

Di dalam rombongan itu, termasuk beberapa tentara Roma yang diasramakan di Yerusalem dan juga penjaga Bait Suci (Yoh. 18:3).

Tidak diragukan lagi, bahwa tentara dipersenjatai dengan pedang dan penjaga Bait Suci dengan tongkat / pentung.

Imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua, adalah tiga kelompok yang duduk dalam Sanhedrin, sehingga menunjukkan, bahwa pasukan penangkap itu diutus secara resmi oleh lembaga tersebut.

45. Yudas dengan pura-pura menghormat, memainkan peranan murid yang setia, dengan menyapa Gurunya sebagai Rabi, lalu mencium Dia dengan sungguh-sungguh.

Kata Yunani dari tindakan mencium itu adalah bentuk yang diperkuat dari kata yang diterjemahkan sebagai "ciuman" dalam ayat 44.

Melalui tindakan berpura-pura yang diperhebat ini, Yudas hanya menambah kesalahannya saja.

48. Kristus menegur mereka, karena mereka memperlakukan diri-Nya seakan-akan Dia adalah seorang perampok bersenjata atau penyamun.

49. Penangkapan di tempat yang terpencil dan dalam kegelapan, sangat tidak perlu, sebab Dia tiap-tiap hari mengajar di Bait Allah.

Dengan protes ini, Kristus menunjukkan, bahwa prosedur mereka untuk menangkap Dia adalah ganjil, sehingga memperlemah alasan mereka untuk menangkap dan mengadili Dia.

Sekalipun demikian, Allah sudah mengetahui lebih dahulu tindakan-tindakan mereka dan menubuatkan rangkaian peristiwa itu dalam Kitab Suci (mis. Yes. 53:8, 9, 12).

Oleh karena itu, terlepas dari kebenaran protes Kristus, penangkapan itu akan berakhir di pengadilan, dan di pengadilan akan berakhir dengan hukuman mati.

51. Seorang muda. Kata Yunani, neaniskos, dipakai untuk orang laki-laki yang berusia di antara dua puluh empat dan empat puluh tahun (Arndt, hlm. 536).

Injil lain tidak mencatat peristiwa ini.

Karena itu, kita tidak mempunyai petunjuk lain mengenai identitas orang ini.

Sering kali ditunjukkan dan mungkin benar, bahwa Markus secara terselubung mengacu pada dirinya sendiri. Tampaknya tidak ada alasan lain, mengapa peristiwa yang tidak penting ini perlu dicatat.

52. Telanjang. Kata gymnos, tidak selalu berarti telanjang, kata ini juga dipakai untuk melukiskan orang yang hanya memakai pakaian dalam.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel