Lukas 7:11-17: Yesus Membangkitkan Anak Muda di Nain

Klik:

Luke / Lukas 7:11-17


Luk 7:11 Kemudian Yesus pergi ke suatu kota yang bernama Nain. Murid-murid-Nya pergi bersama-sama dengan Dia, dan juga orang banyak menyertai-Nya berbondong-bondong.

Luk 7:12 Setelah Ia dekat pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, anak laki-laki, anak tunggal ibunya yang sudah janda, dan banyak orang dari kota itu menyertai janda itu.

Luk 7:13 Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya: "Jangan menangis!"

Luk 7:14 Sambil menghampiri usungan itu Ia menyentuhnya, dan sedang para pengusung berhenti, Ia berkata: "Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!"

Luk 7:15 Maka bangunlah orang itu dan duduk dan mulai berkata-kata, dan Yesus menyerahkannya kepada ibunya.

Luk 7:16 Semua orang itu ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: "Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita," dan "Allah telah melawat umat-Nya."

Luk 7:17 Maka tersiarlah kabar tentang Yesus di seluruh Yudea dan di seluruh daerah sekitarnya.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Aktif Sang Juruselamat (4:16-9:50).

Bagian pertama dari pelayanan Tuhan kita, makan waktu sekitar dua setengah tahun.

Termasuk di dalamnya pemilihan para rasul, sebagian besar pengajaran dan penyembuhan oleh-Nya, dan mencapai puncaknya pada Pemuliaan di gunung.

Lukas berusaha menunjukkan kepada Teofilus, sifat ilahi Yesus, serta sifat misi-Nya yang mengandung nubuat.

Aneka Ragam Pelayanan-Nya (7:1-9:17).

Di dalam bagian antara penugasan para murid dan puncak pelayanan Yesus dalam Pemuliaan di gunung, Lukas menyajikan serangkaian tindakan dan ajaran Tuhan kita, yang tidak membentuk suatu narasi yang berhubungan, tetapi yang menggambarkan sifat dari pelayanan-Nya.

Mukjizat penyembuhan dan perumpamaan yang mengandung suatu kisah, tampaknya menarik bagi Lukas secara khusus.

11. Nain terletak sekitar sepuluh mil di sebelah tenggara Nazaret.

Dekat gerbang timur kota ini, di jalan yang menuju ke Kapernaum terdapat pekuburan batu.

Yesus, yang menuju ke Nain dari Kapernaum, mungkin bertemu dengan arak-arakan yang keluar dari kota menuju ke kuburan tersebut.

12. Janda. Nasib seorang janda di Timur itu menyedihkan, sebab dia tidak mudah memperoleh pekerjaan yang menguntungkan, sehingga ia sangat bergantung pada keluarga laki-laki yang paling dekat.

Banyak orang. Terdapat banyak saksi yang melihat mukjizat tersebut, sehingga mereka dapat membuktikan kebenaran kejadian itu.

13. Jangan menangis. Menangis dengan keras adalah biasa pada penguburan di daerah Timur.

Sesungguhnya, sering orang disewa untuk menangis pada peristiwa demikian.

Perintah untuk berhenti menangis, apalagi diucapkan oleh orang yang asing sama sekali, bisa kelihatan tidak sopan.

14. Usungan. Kata Yunani yang dipakai menunjuk kepada sebuah usungan tempat mayat dibaringkan, atau kepada peti matinya.

16. Semua orang itu ketakutan. Kebangkitan mendadak dari mayat itu pastilah menakutkan bagi orang-orang yang ikut di dalam barisan pengantar itu, sekalipun mereka juga bersukacita atas peristiwa tersebut.

Allah telah melawat umat-Nya. Selama bertahun-tahun, tidak ada kesaksian nabi di Israel. Daya tarik mukjizat ini mendorong orang-orang tersebut untuk percaya, bahwa Yesus pasti seorang nabi.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel