Lukas 7:18-35: Yesus dan Yohanes Pembaptis

Klik:

Luke / Lukas 7:18-35


Luk 7:18 Ketika Yohanes mendapat kabar tentang segala peristiwa itu dari murid-muridnya,

Luk 7:19 ia memanggil dua orang dari antaranya dan menyuruh mereka bertanya kepada Tuhan: "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?"

Luk 7:20 Ketika kedua orang itu sampai kepada Yesus, mereka berkata: "Yohanes Pembaptis menyuruh kami bertanya kepada-Mu: Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan seorang lain?"

Luk 7:21 Pada saat itu Yesus menyembuhkan banyak orang dari segala penyakit dan penderitaan dan dari roh-roh jahat, dan Ia mengaruniakan penglihatan kepada banyak orang buta.

Luk 7:22 Dan Yesus menjawab mereka: "Pergilah, dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu lihat dan kamu dengar: Orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik.

Luk 7:23 Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku."

Luk 7:24 Setelah suruhan Yohanes itu pergi, mulailah Yesus berbicara kepada orang banyak itu tentang Yohanes: "Untuk apakah kamu pergi ke padang gurun? Melihat buluh yang digoyangkan angin kian ke mari?

Luk 7:25 Atau untuk apakah kamu pergi? Melihat orang yang berpakaian halus? Orang yang berpakaian indah dan yang hidup mewah, tempatnya di istana raja.

Luk 7:26 Jadi untuk apakah kamu pergi? Melihat nabi? Benar, dan Aku berkata kepadamu, bahkan lebih dari pada nabi.

Luk 7:27 Karena tentang dia ada tertulis: Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan-Mu di hadapan-Mu.

Luk 7:28 Aku berkata kepadamu: Di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak ada seorangpun yang lebih besar dari pada Yohanes, namun yang terkecil dalam Kerajaan Allah lebih besar dari padanya."

Luk 7:29 Seluruh orang banyak yang mendengar perkataan-Nya, termasuk para pemungut cukai, mengakui kebenaran Allah, karena mereka telah memberi diri dibaptis oleh Yohanes.

Luk 7:30 Tetapi orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat menolak maksud Allah terhadap diri mereka, karena mereka tidak mau dibaptis oleh Yohanes.

Luk 7:31 Kata Yesus: "Dengan apakah akan Kuumpamakan orang-orang dari angkatan ini dan dengan apakah mereka itu sama?

Luk 7:32 Mereka itu seumpama anak-anak yang duduk di pasar dan yang saling menyerukan: Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak menangis.

Luk 7:33 Karena Yohanes Pembaptis datang, ia tidak makan roti dan tidak minum anggur, dan kamu berkata: Ia kerasukan setan.

Luk 7:34 Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan kamu berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa.

Luk 7:35 Tetapi hikmat dibenarkan oleh semua orang yang menerimanya."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Aktif Sang Juruselamat (4:16-9:50).

Bagian pertama dari pelayanan Tuhan kita, makan waktu sekitar dua setengah tahun.

Termasuk di dalamnya pemilihan para rasul, sebagian besar pengajaran dan penyembuhan oleh-Nya, dan mencapai puncaknya pada Pemuliaan di gunung.

Lukas berusaha menunjukkan kepada Teofilus, sifat ilahi Yesus, serta sifat misi-Nya yang mengandung nubuat.

Aneka Ragam Pelayanan-Nya (7:1-9:17).

Di dalam bagian antara penugasan para murid dan puncak pelayanan Yesus dalam Pemuliaan di gunung, Lukas menyajikan serangkaian tindakan dan ajaran Tuhan kita, yang tidak membentuk suatu narasi yang berhubungan, tetapi yang menggambarkan sifat dari pelayanan-Nya.

Mukjizat penyembuhan dan perumpamaan yang mengandung suatu kisah, tampaknya menarik bagi Lukas secara khusus.

18. Murid-muridnya. Pelayanan Yohanes Pembaptis perlahan-lahan makin memudar oleh pelayanan Yesus.

Desas-desus mukjizat Nain ini pastilah dibicarakan orang secara luas, sehingga menembus tembok-tembok benteng Makherus (lihat Yosefus, Wars of the Jews, VII.vi.2) di padang gurun sebelah timur Laut Mati, di mama Yohanes ditahan.

22. Dan Yesus menjawab. Yesus menjawab dengan menantang para utusan itu untuk mengamati berbagai peragaan kekuasaan-Nya.

Dan dia menghimbau Yohanes agar tidak menjadi kecewa (ay. 23) oleh cara-Nya melaksanakan pelayanan.

"Menjadi kecewa" (Yunani, skandalizo) memiliki arti "menjadi tersesat" atau menjadi salah menafsirkan.

24. Tuhan memberikan penghargaan kepada Yohanes dengan mengajukan tiga pertanyaan kepada orang-orang.

Buluh yang digoyangkan angin? Buluh yang ada di rawa menekuk sesuai dengan arah angin; buluh tidak mempertahankan posisi tertentu.

Yesus mengatakan, bahwa Yohanes Pembaptis adalah seorang yang memiliki keyakinan yang kokoh, yang tidak berubah-ubah sesuai dengan pendapat yang lagi mode.

25. Orang yang berpakaian halus? Pakaian biasa, dibuat dari bahan tenun tangan yang kasar; hanya orang yang sangat kaya saja yang memakai kain sutera dan lenan yang didatangkan dari luar negeri.

Yohanes Pembaptis adalah orang yang keras tabiatnya, seorang yang sanggup menjalani kehidupan yang keras dan termasuk rakyat biasa.

26. Melihat nabi? Di kalangan orang Ibrani, seorang nabi merupakan golongan pemimpin yang tertinggi, sebab dia ditugaskan dan diberi ilham oleh Allah.

Penduduk Nain telah menyebut Yesus sebagai nabi, dan jabatan yang sama dikenakan kepada-Nya dalam berbagai peristiwa lainnya (Yoh. 4:19; 7:40; 9:17).

27. Tentang dia ada tertulis. Kutipan dari Maleakhi 3:1, penting karena dua hal.

Kutipan ini memantapkan kedudukan Yohanes Pembaptis sebagai bentara Mesias, sehingga menempatkan dirinya di atas semua nabi yang lain.

Kata -Mu dari kata di hadapan-Mu pada ayat aslinya berbunyi "-Ku" dan mengacu kepada Allah, yang mengucapkan kata-kata ini sambil menambahkan, "Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya. Malaikat Perjanjian yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya, Ia datang."

Dengan demikian, secara tidak langsung, Yesus diidentifikasikan dengan Tuhan dalam Maleakhi, dan keilahian-Nya dikukuhkan.

28. Tidak ada seorangpun yang lebih besar dari pada Yohanes. Yohanes merupakan nabi terbesar dan terakhir, dan juga pembawa berita tentang sistem agama yang baru.

Yang terkecil dalam Kerajaan Allah. Yohanes hanya mengetahui, bahwa penebusan dan karya Roh Kudus akan diperkenalkan oleh Yesus (Yoh. 1:29-34); dia tidak sempat menyaksikan Yesus menyelesaikan pekerjaan-Nya tersebut.

Orang-orang yang hidup pada zaman Kerajaan Allah, memiliki hak istimewa dan kuasa lebih besar daripada Yohanes.

29. Mengakui kebenaran Allah. Kata ini lebih sering dipakai oleh Lukas dibandingkan dengan penulis Injil yang lain.

Orang-orang biasa mengakui kebenaran Allah dengan menerima dinyatakan bersalah karena dosa-dosa mereka melalui pemberitaan Yohanes, dan mereka mengungkapkan penyesalan mereka dengan bersedia dibaptis.

31. Dengan apakah akan Kuumpamakan orang-orang dari angkatan ini? Yesus menggambarkan perilaku orang Farisi dengan permainan anak-anak, yang dahulu mungkin juga pernah dimainkan Yesus ketika masih kanak-kanak.

Apabila seseorang mengusulkan untuk bermain pernikahan, maka yang lain tidak mau menari.

Apabila yang lain mengusulkan untuk bermain penguburan, maka yang lain tidak mau menangis.

Apapun yang diusulkan, mereka tidak akan senang.

Mereka menyebut Yohanes kerasukan setan karena tidak menikmati kemewahan.

Mereka menuduh Yesus pelahap dan peminum karena Dia ikut menghadiri pesta.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel