Lukas 6:6-11: Yesus Menyembuhkan Orang Pada Hari Sabat

Klik:

Luke / Lukas 6:6-11


Luk 6:6 Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya.

Luk 6:7 Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang pada hari Sabat, supaya mereka dapat alasan untuk mempersalahkan Dia.

Luk 6:8 Tetapi Ia mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada orang yang mati tangannya itu: "Bangunlah dan berdirilah di tengah!" Maka bangunlah orang itu dan berdiri.

Luk 6:9 Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Aku bertanya kepada kamu: Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?"

Luk 6:10 Sesudah itu Ia memandang keliling kepada mereka semua, lalu berkata kepada orang sakit itu: "Ulurkanlah tanganmu!" Orang itu berbuat demikian dan sembuhlah tangannya.

Luk 6:11 Maka meluaplah amarah mereka, lalu mereka berunding, apakah yang akan mereka lakukan terhadap Yesus.


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Aktif Sang Juruselamat (4:16-9:50).

Bagian pertama dari pelayanan Tuhan kita, makan waktu sekitar dua setengah tahun.

Termasuk di dalamnya pemilihan para rasul, sebagian besar pengajaran dan penyembuhan oleh-Nya, dan mencapai puncaknya pada Pemuliaan di gunung.

Lukas berusaha menunjukkan kepada Teofilus, sifat ilahi Yesus, serta sifat misi-Nya yang mengandung nubuat.

Bukti-bukti Kuasa-Nya (5:1-6:11).

Bagian berikut dalam Injil Lukas melanjutkan pembuktian tentang kuasa Yesus, selaku persiapan untuk lebih menekankan pengajaran kepada umum.

7. Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus. Marah karena dikalahkan dalam berdebat tentang memelihara hari Sabat dan karena berbagai pernyataan yang mereka anggap congkak, para ahli Taurat dan orang Farisi kini siap untuk menjebak Yesus.

9. Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat? Sebab pada hari Sabat diperbolehkan untuk berbuat baik, dan sebab penyembuhan merupakan perbuatan baik, maka tindakan penyembuhan itu tidak dapat dicela.

11. Meluaplah amarah mereka. Dikalahkan dalam perdebatan dan kini dipermalukan di hadapan banyak orang, maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu menjadi marah sekali.

Ayat ini menandai awal dari permusuhan di antara Kristus dengan para pemimpin Yahudi yang berlangsung sepanjang sisa karier-Nya.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel