Lukas 6:1-5: Murid-murid Memetik Gandum Pada Hari Sabat

Klik:

Luke / Lukas 6:1-5


Luk 6:1 Pada suatu hari Sabat, ketika Yesus berjalan di ladang gandum, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya, sementara mereka menggisarnya dengan tangannya.

Luk 6:2 Tetapi beberapa orang Farisi berkata: "Mengapa kamu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?"

Luk 6:3 Lalu Yesus menjawab mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan oleh Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar,

Luk 6:4 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan mengambil roti sajian, lalu memakannya dan memberikannya kepada pengikut-pengikutnya, padahal roti itu tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam?"

Luk 6:5 Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Aktif Sang Juruselamat (4:16-9:50).

Bagian pertama dari pelayanan Tuhan kita, makan waktu sekitar dua setengah tahun.

Termasuk di dalamnya pemilihan para rasul, sebagian besar pengajaran dan penyembuhan oleh-Nya, dan mencapai puncaknya pada Pemuliaan di gunung.

Lukas berusaha menunjukkan kepada Teofilus, sifat ilahi Yesus, serta sifat misi-Nya yang mengandung nubuat.

Bukti-bukti Kuasa-Nya (5:1-6:11).

Bagian berikut dalam Injil Lukas melanjutkan pembuktian tentang kuasa Yesus, selaku persiapan untuk lebih menekankan pengajaran kepada umum.

6:1. Pada suatu hari Sabat (dalam Authorized Version: Saat kedua sesudah yang pertama). Ungkapan ini mengacu kepada penggunaan tarikh Yahudi.

Mungkin yang dimaksudkan adalah hari Sabat kedua sesudah pembukaan tahun religius pada hari Paskah.

Beberapa naskah kuno Injil Lukas sama sekali tidak mencantumkan ungkapan seperti yang ada dalam Authorized Version tersebut.

Memetik bulir gandum. Orang-orang yang dalam perjalanan diperbolehkan memetik gandum atau buah untuk langsung dimakan, tetapi tidak boleh untuk dipanen secara bebas di ladang milik orang lain (Ul. 23:24-25).

2. Berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan. Penafsiran yang ketat tentang Hukum Taurat, menganggap memetik dan menggisar gandum sebagai bekerja, karena itu dianggap sebagai sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat.

3. Tidakkah kamu baca? Yesus mengacu kepada Alkitab untuk melihat ilustrasi yang berbeda dari kehidupan Daud (I Sam. 21:1-6).

Apabila Daud dapat melakukan sesuatu yang tidak diperbolehkan di dalam keadaan darurat, mengapa diri-Nya tidak?

5. Tuhan atas hari Sabat. Di samping kekuasaan untuk mengampuni dosa, Yesus mengklaim diri-Nya memiliki kuasa atas hukum hari Sabat.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel