Lukas 11:29-32: Tanda Yunus

Klik:

Luke / Lukas 11:29-32


Luk 11:29 Ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.

Luk 11:30 Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini.

Luk 11:31 Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!

Luk 11:32 Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!"


Tafsiran Wycliffe


Jalan Menuju Salib (9:51-18:30).

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas, mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lain, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya.

Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap.

Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

29. Tanda nabi Yunus. Pemulihan ajaib nabi Yunus dari ancaman kematian, sehingga dapat menunaikan tugasnya kepada orang Niniwe merupakan lambang Kebangkitan.

Kebangkitan Kristus dari kematian merupakan bukti yang kuat tentang pelayanan-Nya, sama seperti penyelamatan atas Yunus merupakan bukti tentang pelayanannya.

31. Ratu dari Selatan adalah penguasa dari Syeba, sebuah negeri yang terletak di ujung selatan Arab.

Datang dari ujung bumi. Perjalanan pada waktu itu masih sangat sulit dan lambat, perjalanan panjang sang ratu membuktikan, bahwa dia memang benar-benar ingin bertemu dengan Salomo (I Raj. 10:1-10).

Hikmat Salomo. Dewasa ini Salomo akan tergolong sebagai penulis, ilmuwan, seniman, pakar industri, dan negarawan.

Tuhan Yesus mengklaim diri-Nya lebih daripada Salomo.

32. Pemberitaan Yunus menghasilkan pertobatan penduduk kota Niniwe yang padat dan jahat (Yun. 3:5-9; 4:11).

Yesus menyatakan, bahwa diri-Nya adalah pengkhotbah yang lebih hebat daripada Yunus.

Dunia tidak mengenali kehebatan hikmat atau kehebatan diri-Nya.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel