Lukas 22:3-6: Yudas Mengkhianati Yesus

Klik:

Luke / Lukas 22:3-6


Luk 22:3 Maka masuklah Iblis ke dalam Yudas, yang bernama Iskariot, seorang dari kedua belas murid itu.

Luk 22:4 Lalu pergilah Yudas kepada imam-imam kepala dan kepala-kepala pengawal Bait Allah dan berunding dengan mereka, bagaimana ia dapat menyerahkan Yesus kepada mereka.

Luk 22:5 Mereka sangat gembira dan bermupakat untuk memberikan sejumlah uang kepadanya.

Luk 22:6 Ia menyetujuinya, dan mulai dari waktu itu ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus kepada mereka tanpa setahu orang banyak.


Tafsiran Wycliffe


Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56).

Di sini, Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-hari terakhir kehidupan Yesus.

Seluruh bagian ini harus dipandang dari sudut kematian Kristus, sekalipun tidak seluruh isinya terkait langsung dengan peristiwa tersebut.

Kesengsaraan Kristus merupakan tema yang tersembunyi dari semua perumpamaan, mukjizat dan perdebatan di dalam bagian ini.

3. Maka masuklah Iblis ke dalam Yudas, yang bernama Iskariot. Pengkhianatan Yudas merupakan hasil dari kecenderungan dalam hidupnya.

Dia belum pernah tertarik kepada Yesus tanpa pamrih.

Pada saat Tuhan menerangkan, bahwa Dia tidak akan berusaha untuk mengklaim takhta Israel dan justru akan mati, Yudas menjadi kecewa dan berketetapan untuk melepaskan diri, kalau bisa.

Sikapnya membuat dia berpeluang untuk dipengaruhi dan dikuasai oleh Iblis (bdg. Yoh. 13:2, 27).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel