Keluaran 23:20-33: Janji dan Tegoran Kepada Israel

Janji dan Tegoran Kepada Israel​.

Setelah belajar perikop Peraturan Tentang Kebaktian dan Hari-hari Raya, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Janji dan Tegoran Kepada Israel.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 23:20-33 dengan judul perikop Janji dan Tegoran Kepada Israel).

Kita belajar perikop Janji dan Tegoran Kepada Israel ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Janji dan Tegoran Kepada Israel (Kitab Keluaran 23:20-33)


Exo 23:20 "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan.

Exo 23:21 Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, sebab nama-Ku ada di dalam dia.

Exo 23:22 Tetapi jika engkau sungguh-sungguh mendengarkan perkataannya, dan melakukan segala yang Kufirmankan, maka Aku akan memusuhi musuhmu, dan melawan lawanmu.


20-22. Malaikat Yehovah.

"Nama Yehovah ada di dalam diri Malaikat ini, maksudnya: Yehovah menyatakan diri-Nya di dalam Malaikat tersebut, sehingga Dia disebut sebagai wajah Yehovah dalam 33:19-20, sebab sifat hakiki Yehovah termanifestasikan di dalam Dia. Karena itu, Malaikat ini bukan roh yang diciptakan, tetapi perwujudan Yehovah itu sendiri" (KD).

"Malaikat tersebut adalah Yehovah sendiri dalam tindakanNya turun sejenak ke keadaan dapat dilihat untuk maksud khusus" (McNeile, Westminster Commentary).

Exo 23:23 Sebab malaikat-Ku akan berjalan di depanmu dan membawa engkau kepada orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Kanaan, orang Hewi dan orang Yebus, dan Aku akan melenyapkan mereka.

Exo 23:24 Janganlah engkau sujud menyembah kepada allah mereka atau beribadah kepadanya, dan janganlah engkau meniru perbuatan mereka, tetapi haruslah engkau memusnahkan sama sekali patung-patung berhala buatan mereka, dan tugu-tugu berhala mereka haruslah kauremukkan sama sekali.

Exo 23:25 Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu.

Exo 23:26 Tidak akan ada di negerimu perempuan yang keguguran atau mandul. Aku akan menggenapkan tahun umurmu.

Exo 23:27 Kengerian terhadap Aku akan Kukirimkan mendahului engkau: Aku akan mengacaukan semua orang yang kaudatangi, dan Aku akan membuat semua musuhmu lari membelakangi engkau.

Exo 23:28 Lagi Aku akan melepaskan tabuhan mendahului engkau, sehingga binatang-binatang itu menghalau orang Hewi, orang Kanaan dan orang Het itu dari depanmu.

Exo 23:29 Aku tidak akan menghalau mereka dari depanmu dalam satu tahun, supaya negeri itu jangan menjadi sepi, dan segala binatang hutan jangan bertambah banyak melebihi engkau.

Exo 23:30 Sedikit demi sedikit Aku akan menghalau mereka dari depanmu, sampai engkau beranak cucu sedemikian, hingga engkau dapat memiliki negeri itu.

Exo 23:31 Aku akan menentukan batas daerahmu dari Laut Teberau sampai Laut Filistin dan dari padang gurun sampai sungai Efrat, sebab Aku akan menyerahkan penduduk negeri itu ke dalam tanganmu, sehingga engkau menghalau mereka dari depanmu.

Exo 23:32 Janganlah mengadakan perjanjian dengan mereka ataupun dengan allah mereka.

Exo 23:33 Mereka tidak akan tetap diam di negerimu, supaya mereka jangan membuat engkau berdosa kepada-Ku, dengan beribadah kepada allah mereka, sebab tentulah hal itu menjadi jerat bagimu."


23-33. Janji dan Peringatan.

Allah berjanji untuk mengusir semua bangsa yang menghalangi mereka dan untuk memberkati mereka, menyediakan kebutuhan mereka dan melindungi mereka.

Sebaliknya, bangsa Israel tidak boleh menyembah berhala dan mengadakan perjanjian dengan bangsa-bangsa kafir.

Memusnahkan (ay. 24). Meruntuhkan dan menghancurkan.

Tugu-tugu berhala. Dalam Authorized Version: patung-patung. Batu-batu yang ditumpuk dekat sebuah kuil atau di dalam sebuah gua keramat, sebuah ciri khas dari agama Kanaan.

Aku akan menggenapkan tahun umurmu (ay. 26). Baik perseorangan maupun bangsa itu dijanjikan akan hidup sampai genap umur mereka apabila mereka tetap setia.

Kengerian terhadap Aku (ay. 27). Perasaan ketakutan akan menghinggapi orang-orang kafir ketika mereka mengetahui tindakan-tindakan perkasa Allah dalam membela Israel (Yos. 2:11).

Tabuhan (ay. 28). Nyaris tidak bisa diartikan secara harfiah, sekalipun ada beberapa penafsir yang melakukannya. Untuk menentukan apa yang dilambangkan di sini telah memeras kepandaian sejumlah angkatan penafsir.

Ada yang berpendapat, bahwa tabuhan itu melambangkan orang Mesir, penyakit, bencana alam, atau bentuk bencana lainnya.

Gagasan KD, bahwa yang dimaksudkan adalah kengerian terhadap Tuhan (27), tampaknya merupakan gagasan yang paling dapat diterima.

Setelah secara bertahap menyingkirkan orang Kanaan, bangsa Israel dapat menduduki negeri tersebut (ay. 29-30). Hal ini ternyata tidak berhasil mereka lakukan (Hak. 1; 2).

Aku akan menentukan batas daerahmu (ay. 31). Israel mencapai batas-batas ini hanya satu kali di bawah pemerintahan Salomo (I Raj. 4:21), dan kemudian hanya terjadi untuk saat yang singkat sekali.

Laut Filistin. Laut Mediterania.

Padang gurun. Wilayah padang gurun di antara Mesir dan Palestina.

Supaya mereka jangan membuat engkau berdosa (ay. 32-33). Pemusnahan orang Kanaan merupakan sesuatu yang perlu, dan hubungan dengan mereka dilarang, sebab mereka dapat mempengaruhi umat Allah dengan dosa-dosa mereka seperti halnya sebuah penyakit menular.

Perikop Selanjutnya: Upacara Pengikatan Perjanjian Antara TUHAN dengan Bangsa Israel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel