Keluaran 29:38-46: Mengenai Korban Pagi dan Korban Petang

Mengenai Korban Pagi dan Korban Petang​.

Setelah belajar perikop Mengenai Pentahbisan Harun dan Anak-anaknya, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Mengenai Korban Pagi dan Korban Petang.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 29:38-46 dengan judul perikop Mengenai Korban Pagi dan Korban Petang).

Kita belajar perikop Mengenai Korban Pagi dan Korban Petang ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Mengenai Korban Pagi dan Korban Petang (Kitab Keluaran 29:38-46)


Exo 29:38 "Inilah yang harus kauolah di atas mezbah itu: dua anak domba berumur setahun, tetap tiap-tiap hari.

Exo 29:39 Domba yang satu haruslah kauolah pada waktu pagi dan domba yang lain kauolah pada waktu senja.

Exo 29:40 Dan beserta domba yang satu kauolah sepersepuluh efa tepung yang terbaik dengan minyak tumbuk seperempat hin, dan korban curahan dari seperempat hin anggur.

Exo 29:41 Domba yang lain haruslah kauolah pada waktu senja; sama seperti korban sajian dan korban curahannya pada waktu pagi harus engkau mengolahnya sebagai persembahan yang harum, suatu korban api-apian bagi TUHAN,

Exo 29:42 suatu korban bakaran yang tetap di antara kamu turun-temurun, di depan pintu Kemah Pertemuan di hadapan TUHAN. Sebab di sana Aku akan bertemu dengan kamu, untuk berfirman kepadamu.


Kurban Pagi dan Kurban Petang (29:38-42).

Setiap hari, pagi dan petang, atas nama seluruh jemaat Israel, imam-imam harus mempersembahkan seekor anak domba dengan persembahan-persembahan makanan dan minuman yang menyertainya.

Dengan demikian, hari lepas hari penyerahan bangsa itu senantiasa dibaharui.

Exo 29:43 Di sanalah Aku akan bertemu dengan orang Israel, dan tempat itu akan dikuduskan oleh kemuliaan-Ku.

Exo 29:44 Aku akan menguduskan Kemah Pertemuan dan mezbah itu, lalu Harun dan anak-anaknya akan Kukuduskan supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku.

Exo 29:45 Aku akan diam di tengah-tengah orang Israel dan Aku akan menjadi Allah mereka.

Exo 29:46 Maka mereka akan mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allah mereka, yang telah membawa mereka keluar dari tanah Mesir, supaya Aku diam di tengah-tengah mereka; Akulah TUHAN, Allah mereka."


Janji Berkat (29:43-46).

Menanggapi pengabdian yang berkesinambungan itu, Yehovah menjanjikan kehadiran dan berkat-Nya yang berkesinambungan.

Dia akan tinggal di tengah-tengah umat-Nya dan sarana-sarana perantara yang telah ditetapkan - imam, kemah suci, mezbah - akan dikuduskan bagi diri-Nya.

Perikop Selanjutnya: Mengenai Mezbah Pembakaran Ukupan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel