Keluaran 28: Mengenai Pakaian Imam

Mengenai Pakaian Imam​.

Setelah belajar perikop Mengenai Minyak Untuk Lampu, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Mengenai Pakaian Imam.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 28 dengan judul perikop Mengenai Pakaian Imam).

Kita belajar perikop Mengenai Pakaian Imam ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Mengenai Pakaian Imam (Kitab Keluaran 28)


Exo 28:1 "Engkau harus menyuruh abangmu Harun bersama-sama dengan anak-anaknya datang kepadamu, dari tengah-tengah orang Israel, untuk memegang jabatan imam bagi-Ku--Harun dan anak-anak Harun, yakni Nadab, Abihu, Eleazar dan Itamar.

Exo 28:2 Haruslah engkau membuat pakaian kudus bagi Harun, abangmu, sebagai perhiasan kemuliaan.

Exo 28:3 Haruslah engkau mengatakan kepada semua orang yang ahli, yang telah Kupenuhi dengan roh keahlian, membuat pakaian Harun, untuk menguduskan dia, supaya dipegangnya jabatan imam bagi-Ku.

Exo 28:4 Inilah pakaian yang harus dibuat mereka: tutup dada, baju efod, gamis, kemeja yang ada raginya, serban dan ikat pinggang. Demikianlah mereka harus membuat pakaian kudus bagi Harun, abangmu, dan bagi anak-anaknya, supaya ia memegang jabatan imam bagi-Ku.

Exo 28:5 Untuk itu haruslah mereka mengambil emas, kain ungu tua dan kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus.

Exo 28:6 Baju efod itu harus dibuat mereka dari emas, kain ungu tua dan kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya: buatan seorang ahli.

Exo 28:7 Haruslah ada pada baju efod itu dua tutup bahu yang disambung kepadanya, pada kedua ujungnyalah harus baju efod itu disambung.

Exo 28:8 Sabuk pengikat yang ada pada baju efod itu haruslah sama buatannya dan seiras dengan baju efod itu, yakni dari emas, kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya.

Exo 28:9 Haruslah kauambil dua permata krisopras dan mengukirkan nama para anak Israel pada permata itu,

Exo 28:10 enam dari nama mereka itu pada permata yang pertama dan keenam nama lagi pada permata yang kedua, menurut urutan kelahirannya.

Exo 28:11 Seperti buatan seorang pengasah permata, diukirkan seperti meterai, demikianlah harus kauukirkan pada kedua permata itu nama para anak Israel; dililit dengan ikat emas harus kaubuat permata itu.

Exo 28:12 Kemudian haruslah kautaruh kedua permata itu pada kedua tutup bahu baju efod sebagai permata peringatan untuk mengingat orang Israel; maka ke hadapan TUHAN haruslah Harun membawa nama mereka di atas kedua tutup bahunya menjadi tanda peringatan.

Exo 28:13 Haruslah kaubuat ikat emas

Exo 28:14 dan dua untai dari emas murni; sebagai utas haruslah kaubuat itu, yang buatannya sebagai tali berjalin dan haruslah kaupasang untai berjalin itu pada ikat itu.


Efod (28:6-14).

Efod adalah bagian yang paling khas dari pakaian imam besar.

Efod merupakan sejenis celemek yang disulam dengan indah.

Efod terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan dan belakang, yang digabungkan di bagian bahu oleh tali pengikat atau tutup bahu (ay. 7), dan diikat pada pinggang dengan sebuah sabuk yang merupakan bagian dari Efod itu sendiri (ay. 8).

Pada setiap tali pengikat di bahu terdapat sebuah batu permata krisopras yang diletakkan di tengah sulaman benang emas.

Di atas permata itu diukirkan nama dari dua belas suku Israel, masing-masing enam nama pada satu batu permata.

Dengan demikian, secara simbolis seorang imam mengangkat beban seluruh Israel di atas bahunya ketika mewakili mereka di hadapan Allah.

Warna dan bahan Efod itu (ay. 6) sesuai dengan warna dan kain dari tempat ibadah, dengan demikian mempersatukan tempat ibadah dengan imamnya.

Sekalipun demikian, bukan pada kerub melainkan pada Efodlah disulamkan benang emas halus yang ditenun dengan warna-warna yang lain (ay. 8).

Sabuk pengikat. Sabuk yang ditenun dengan keahlian tinggi (American Standard Version, Revised Standard Version).

Menurut urutan kelahirannya (ay. 10). Menurut urutan usia para leluhur keturunan Yakub.

Exo 28:15 Haruslah engkau membuat tutup dada pernyataan keputusan: buatan seorang ahli. Buatannya sama dengan baju efod, demikianlah harus engkau membuatnya, yakni dari emas, kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya haruslah engkau membuatnya.

Exo 28:16 Haruslah itu empat persegi, lipat dua, sejengkal panjangnya dan sejengkal lebarnya.

Exo 28:17 Haruslah kautatah itu dengan permata tatahan, empat jajar permata: permata yaspis merah, krisolit, malakit, itulah jajar yang pertama;

Exo 28:18 jajar yang kedua: permata batu darah, lazurit, yaspis hijau;

Exo 28:19 jajar yang ketiga: permata ambar, akik, kecubung,

Exo 28:20 jajar yang keempat: permata pirus, krisopras dan nefrit. Dengan berikatkan emas, demikianlah permata-permata itu dalam tatahannya.

Exo 28:21 Sesuai dengan nama para anak Israel, permata itu haruslah dua belas banyaknya; dan pada tiap-tiap permata haruslah ada, diukirkan seperti meterai, nama salah satu suku dari yang dua belas itu.

Exo 28:22 Juga haruslah kaubuat untuk tutup dada itu untai berpilin, yang buatannya sebagai tali berjalin, dari emas murni.

Exo 28:23 Juga haruslah kaubuat untuk tutup dada itu dua gelang emas dan kedua gelang itu harus kaupasang pada kedua ujung tutup dada.

Exo 28:24 Haruslah kedua untai emas yang berjalin itu kaupasang pada kedua gelang itu, pada ujung tutup dada.

Exo 28:25 Kedua ujung lain dari kedua untai berjalin itu haruslah kaupasang pada kedua ikat emas itu, demikianlah kaupasang pada tutup bahu baju efod, di sebelah depannya.

Exo 28:26 Haruslah engkau membuat dua gelang emas dan membubuhnya pada kedua ujung tutup dada itu, pada pinggirnya yang sebelah dalam, yang berhadapan dengan baju efod.

Exo 28:27 Juga haruslah engkau membuat dua gelang emas dan memasangnya pada kedua tutup bahu baju efod, di sebelah bawah pada bagian depan, dekat ke tempat persambungannya, di sebelah atas sabuk baju efod.

Exo 28:28 Kemudian haruslah tutup dada itu dengan gelangnya diikatkan kepada gelang baju efod dengan memakai tali ungu tua, sehingga tetap di atas sabuk baju efod, dan tutup dada itu tidak dapat bergeser dari baju efod.

Exo 28:29 Demikianlah di atas jantungnya harus dibawa Harun nama para anak Israel pada tutup dada pernyataan keputusan itu, apabila ia masuk ke dalam tempat kudus, supaya menjadi tanda peringatan yang tetap di hadapan TUHAN.


Tutup Dada (28:15-29).

Tutup dada atau "saku" penghakiman merupakan sebuah kantong yang terbuat dengan bahan yang sama dengan Efod. Ini terdiri dari satu helai kain yang dilipat, sehingga membentuk sebuah saku berukuran sembilan kali sembilan inci.

Dijahitkan pada penutup dada tersebut dengan benang emas adalah dua belas permata berharga, empat baris yang masing-masing terdiri dari tiga buah batu permata, di tiap batu permata diukir satu nama suku Israel.

Saku tersebut terkait pada Efod di bagian bahu dengan memakai dua rantai emas, yang berhubungan dengan gelang-gelang emas yang terdapat pada ujung atas tutup dada (ay. 22-25).

Melalui gelang-gelang yang lain di bagian ujung bawah dari tutup dada, saku tersebut dikaitkan dengan sabuk dari Efod dengan memakai tali ungu tua (ay. 26-28).

Ketika imam besar melayani di dalam tempat ibadah, dia membawa seluruh beban dan kebutuhan bangsa Israel bukan hanya pada tempat kekuatan, yaitu di atas pundaknya, tetapi juga di dalam hatinya, sehingga dengan hikmat dan belas kasihan dia bisa menjadi perantara mereka di hadapan Yehovah (ay. 29).

Identitas sebagian batu berharga pada tutup dada imam (ay. 17-20), sangat sulit untuk ditentukan.

Dan karena para penerjemah awal dari Alkitab juga tidak pasti dalam pengenalan mereka, maka terjemahan mereka juga tidak konsisten.

Identifikasi berikut merupakan konsensus dari pandangan para sarjana modern.

Yaspis merah (ay. 17). Krisolit. Batu berwarna kuning atau hijau. Malakit. Batu darah (ay. 18). Sebuah batu berwarna merah; sejenis permata rubi atau batu akik yang berwarna merah tua. Lazurit. Lebih besar kemungkinan ini adalah batu lapis lazuli. Yaspis hijau. Bisa kristal atau sardonyx. Permata ambar (ay. 19). Sebuah permata yang berbaris merah dan putih. Akik. Jika dinamakan dengan benar, ini adalah sebuah permata padat berwarna merah. Kecubung. Sebuah permata berwarna lembayung jernih yang dinamakan batu ametis. Pirus (ay. 20). Mungkin permata beryl atau kalsedony; mungkin yaspis kuning. Krisopras. Sama dengan batu onyx dewasa ini. Nefrit. Yaspis hijau atau beryl.

Petunjuk-petunjuk tentang mengikat bagian bawah dari tutup dada (ay. 27) tidak jelas, tetapi mungkin sebagaimana dijelaskan di atas. Moffatt menerjemahkannya menjadi: di bagian bawah tutup dada itu, dekat dengan sambungan tali bahu dan di atas sabuk artistik.

Exo 28:30 Dan di dalam tutup dada pernyataan keputusan itu haruslah kautaruh Urim dan Tumim; haruslah itu di atas jantung Harun, apabila ia masuk menghadap TUHAN, dan Harun harus tetap membawa keputusan bagi orang Israel di atas jantungnya, di hadapan TUHAN.

Urim dan Tumim (28:30).

Kata Ibrani ini berarti terang dan kesempurnaan. LXX menerjemahkannya menjadi penyataan dan kebenaran.

"Apa sesungguhnya Urim dan Tumim ini tidak diketahui dengan pasti, baik dari nama kedua benda tersebut atau melalui situasi lain yang berhubungan dengannya. Mungkin kedua benda tersebut adalah suatu medium tertentu yang diberikan Tuhan kepada umat-Nya dan melalui medium itu jika umat-Nya memerlukan pencerahan ilahi untuk menuntun tindakan mereka, pencerahan tersebut dijamin akan diperoleh; dan melalui medium ini hak-hak Israel apabila disangsikan atau terancam, akan dipulihkan dan . . . medium ini diikatkan pada jubah resmi dari imam besar, sekalipun perannya yang tepat tidak bisa ditentukan lagi" (KD; bdg. Bil. 27:21; I Sam. 28:6; Ezr. 2:63).

Exo 28:31 Haruslah kaubuat gamis baju efod dari kain ungu tua seluruhnya.

Exo 28:32 Lehernya haruslah di tengah-tengahnya; lehernya itu harus mempunyai pinggir sekelilingnya, buatan tukang tenun, seperti leher baju zirah haruslah lehernya itu, supaya jangan koyak.

Exo 28:33 Pada ujung gamis itu haruslah kaubuat buah delima dari kain ungu tua, kain ungu muda dan kain kirmizi, pada sekeliling ujung gamis itu, dan di antaranya berselang-seling giring-giring emas,

Exo 28:34 sehingga satu giring-giring emas dan satu buah delima selalu berselang-seling, pada ujung gamis itu.

Exo 28:35 Haruslah gamis itu dipakai Harun, apabila ia menyelenggarakan kebaktian, dan bunyinya harus kedengaran, apabila ia masuk ke dalam tempat kudus di hadapan TUHAN dan apabila ia keluar pula, supaya ia jangan mati.


Baju Efod (28:31-35).

Baju ini merupakan tenunan satu helai kain dengan lubang untuk lengan, tetapi tanpa lengan.

Baju tersebut dipakai melalui kepala dan mungkin panjangnya mencapai lutut.

Di sekeliling tepi bawahnya digantung lonceng-lonceng emas kecil, yang diselingi dengan buah delima yang terbuat dari benang rajutan yang dipilin.

Buah-buah delima buatan tersebut telah dianggap sebagai lambang dari Firman Allah, sejenis buah yang manis dan menyegarkan, sedangkan lonceng-lonceng kecil dianggap sebagai lambang dari pemberitaan Firman ini (bdg. Sirakh 45:9).

Lehernya itu harus mempunyai pinggir sekelilingnya ... seperti leher baju zirah (ay. 32). Pinggiran tersebut dimaksudkan untuk mencegah agar leher baju itu tidak koyak.

Supaya ia jangan mati (ay. 35). Yang diizinkan masuk ke Tempat Mahakudus, hadirat Allah yang langsung, bukan sembarang imam.

"Kehormatan ini hanya terbatas pada wakil dari seluruh jemaat . . . dan bahkan wakil inipun hanya dapat melakukan hal itu ketika memakai jubah Firman Allah, yaitu sebagai pembawa kesaksian ilahi yang berdasarkannya persekutuan perjanjian dengan Tuhan dilandaskan" (KD).

Exo 28:36 Juga haruslah engkau membuat patam dari emas murni dan pada patam itu kauukirkanlah, diukirkan seperti meterai: Kudus bagi TUHAN.

Exo 28:37 Haruslah patam itu engkau beri bertali ungu tua, dan haruslah itu dilekatkan pada serban, di sebelah depan serban itu.

Exo 28:38 Patam itu haruslah ada pada dahi Harun, dan Harun harus menanggung akibat kesalahan terhadap segala yang dikuduskan oleh orang Israel, yakni terhadap segala persembahan kudusnya; maka haruslah patam itu tetap ada pada dahinya, sehingga TUHAN berkenan akan mereka.


Tutup Kepala (28:36-38).

Tutup kepala imam besar merupakan sebuah serban yang terbuat dari kain lenan putih yang halus (ay. 39) yang di bagian depannya diikatkan dengan tali berwarna ungu tua sebuah lempengan emas yang berukiran tulisan Kudus Bagi Yehovah.

Demikianlah jabatan dan tokoh imam besar ini ditentukan oleh Allah di hadapan bangsa itu, hingga tiba saatnya Dia Yang Kudus itu datang sendiri (Ibr. 7:20).

Serban tutup kepala ini mirip dengan bentuk serban yang dipakai di Asia.

Harun harus menanggung akibat kesalahan (ay. 38). Imam Besar diangkat menjadi perantara pendamai dari seluruh bangsa; dan doa syafaat untuk mendamaikan merupakan tugasnya.

Exo 28:39 Haruslah engkau menenun kemeja dengan ada raginya, dari lenan halus, dan membuat serban dari lenan halus dan haruslah kaubuat ikat pinggang dari tenunan yang berwarna-warna.

Kemeja 28:39. (Authorized Version: jubah).

Kemeja atau jubah ini merupakan tenunan kain lenan menurut pola yang cocok dan dipakai dekat pada tubuh, di bawah jubah efod.

Menurut Yosefus (Antiquities, III.7.2), kemeja ini mencapai kaki dan memiliki lengan yang ketat.

Kemeja tersebut diikat pada tubuh dengan sebuah ikat pinggang atau sabuk warna warni yang disulam mirip dengan sulaman tirai tempat ibadah.

Exo 28:40 Juga bagi anak-anak Harun haruslah kaubuat kemeja-kemeja dan haruslah kaubuat ikat-ikat pinggang bagi mereka, dan destar-destar haruslah kaubuat bagi mereka untuk menjadi perhiasan kemuliaan.

Exo 28:41 Maka semuanya itu haruslah kaukenakan kepada abangmu Harun bersama-sama dengan anak-anaknya, kemudian engkau harus mengurapi, mentahbiskan dan menguduskan mereka, sehingga mereka dapat memegang jabatan imam bagi-Ku.

Exo 28:42 Buatlah celana-celana lenan bagi mereka untuk menutupi daging auratnya: celana itu haruslah dari pinggang sampai paha panjangnya.

Exo 28:43 Harun dan anak-anaknya haruslah memakainya, apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan atau apabila mereka datang ke mezbah untuk menyelenggarakan kebaktian di tempat kudus, supaya mereka jangan membawa kesalahan kepada dirinya, lalu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya baginya dan bagi keturunannya."


Kemeja Imam Biasa (28:40-43).

Sekalipun dilukiskan sebagai pakaian untuk perhiasan kemuliaan, jubah untuk imam biasa merupakan pakaian yang sangat sederhana.

Terdapat sebuah jubah seperti yang dipakai oleh imam besar, tetapi dengan warna biasa, diikatkan pada tubuh dengan sebuah ikat pinggang yang tidak dijelaskan lebih lanjut.

Di atas kepala terdapat sebuah destar (Revised Standard Version), yang bisa berupa sehelai kain lenan panjang yang dilingkarkan pada kepala, atau yang lebih mungkin lagi, sebuah penutup kepala biasa.

Di bawah jubah tersebut, seorang imam memakai celana atau celana panjang dalam, yang terbuat dari kain lenan.

Harus dicatat, bahwa lenan merupakan sejenis kain yang mahal dan sangat dihargai ketika itu, sehingga pakaian imam yang paling sederhana sekalipun sudah dibuat dari kain yang paling halus.

Dengan pakaian ini, para imam yang ditugaskan oleh Yehovah secara resmi, ditandai sebagai wakil-Nya.

Tidak memakai pakaian yang ditetapkan tersebut dan dengan demikian menghampiri Kemah Suci (ay. 43), seperti menurut keinginan dan hak pribadi mereka, berarti mendatangkan hukuman dan kematian atas dirinya sendiri.

Pakaian dan Penahbisan Imam (28:1-29:46).

Harun dan anak-anaknya dipilih oleh Yehovah untuk menjadi imam, yaitu para perantara, bagi Israel.

Ini merupakan sebuah ketetapan baru seperti halnya peraturan-peraturan tentang tempat ibadah dan persembahan kurban.

Para kritikus bersikukuh, bahwa pembatasan kedudukan imam hanya pada keluarga Harun merupakan pencerminan dari masa pasca-pembuangan.

Tetapi, di mana ada Kemah Suci, di situ pasti juga ada imam yang jelas.

Tidak ada bukti pada masa sejarah Israel yang kemudian, terkecuali dalam situasi-situasi luar biasa, bahwa ada yang pernah bertindak selaku imam yang bukan keturunan Harun.

Perikop Selanjutnya: Mengenai Pentahbisan Harun dan Anak-anaknya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel