Keluaran 38:21-31: Biaya Untuk Mendirikan Kemah Suci

Biaya Untuk Mendirikan Kemah Suci​.

Setelah belajar perikop Membuat Pelataran, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Biaya Untuk Mendirikan Kemah Suci.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 38:21-31 dengan judul perikop Biaya Untuk Mendirikan Kemah Suci).

Kita belajar perikop Biaya Untuk Mendirikan Kemah Suci ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Biaya Untuk Mendirikan Kemah Suci (Kitab Keluaran 38:21-31)


Exo 38:21 Inilah daftar biaya untuk mendirikan Kemah Suci, yakni Kemah Suci, tempat hukum Allah, yang disusun atas perintah Musa, oleh orang Lewi di bawah pimpinan Itamar, anak imam Harun.

Exo 38:22 Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda, membuat segala yang diperintahkan TUHAN kepada Musa,

Exo 38:23 dan bersama-sama dengan dia turut Aholiab, anak Ahisamakh, dari suku Dan, seorang tukang dan ahli, seorang yang membuat tenunan yang berwarna-warna dari kain ungu tua, dari kain ungu muda, dari kain kirmizi dan dari lenan halus. --

Exo 38:24 Segala emas yang dipakai untuk segala pekerjaan mendirikan tempat kudus itu, yakni emas dari persembahan unjukan, ada dua puluh sembilan talenta dan tujuh ratus tiga puluh syikal, ditimbang menurut syikal kudus.

Exo 38:25 Perak persembahan mereka yang didaftarkan dari antara jemaah itu ada seratus talenta dan seribu tujuh ratus tujuh puluh lima syikal, ditimbang menurut syikal kudus:

Exo 38:26 sebeka seorang, yaitu setengah syikal, ditimbang menurut syikal kudus, untuk setiap orang yang termasuk orang-orang yang terdaftar, yang berumur dua puluh tahun ke atas, sejumlah enam ratus tiga ribu lima ratus lima puluh orang.

Exo 38:27 Seratus talenta perak dipakai untuk menuang alas-alas tempat kudus dan alas-alas tiang tabir itu, seratus alas sesuai dengan seratus talenta itu, jadi satu talenta untuk satu alas.

Exo 38:28 Dari yang seribu tujuh ratus tujuh puluh lima syikal itu dibuatnyalah kaitan-kaitan untuk tiang-tiang itu, disalutnyalah kepala tiang itu dan dihubungkannya tiang-tiang itu dengan penyambung-penyambung.

Exo 38:29 Tembaga dari persembahan unjukan itu ada tujuh puluh talenta dan dua ribu empat ratus syikal.

Exo 38:30 Dari padanya dibuatnyalah alas-alas pintu Kemah Pertemuan, dan mezbah tembaga dengan kisi-kisi tembaganya, segala perkakas mezbah itu,

Exo 38:31 alas-alas pelataran sekelilingnya, alas-alas pintu gerbang pelataran itu, segala patok Kemah Suci dan segala patok pelataran sekelilingnya.


Perkiraan Mengenai Jumlah Logam yang Dipakai (38:21-31).

Emas yang dipakai beratnya mencapai 29 talenta, 730 syikal atau sekitar 40.940 ons timbangan troy.

Perak yang disebutkan hanyalah uang pendamaian (30:13-14), yang jumlahnya mencapai 100 talenta, 1.775 syikal atau sekitar 140.828 ons timbangan troy.

Tidak disebutkan jumlah persembahan perak yang sukarela.

Usaha-usaha untuk menghitung nilai dari seluruh persembahan menurut ukuran keuangan dewasa ini, tidak banyak manfaatnya, sebab kita tidak mengetahui harga barang-barang tersebut ketika itu.

Yang pasti ialah, bahwa uang yang dipakai untuk membangun tempat ibadah yang kecil ini, sangat banyak jumlahnya, dan merupakan sebuah monumen dari pengabdian bangsa tersebut kepada Allah mereka.

Penting untuk dicatat, bahwa Kemah Suci itu terletak di atas perak yang mewakili sumbangan dari setiap laki-laki di Israel ketika itu disamping gelang-gelang perak untuk menggantungkan tirai-tirainya.

Dengan demikian, Kemah Suci itu berdiri di atas pengabdian umat tebusan Allah.

29-31. Tembaga yang dipakai mencapai berat sekitar tiga ton.

Perikop Selanjutnya: Membuat Pakaian Imam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel