Keluaran 38:9-20: Membuat Pelataran

Membuat Pelataran​.

Setelah belajar perikop Membuat Bejana Pembasuhan, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Membuat Pelataran.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 38:9-20 dengan judul perikop Membuat Pelataran).

Kita belajar perikop Membuat Pelataran ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Membuat Pelataran (Kitab Keluaran 38:9-20)


Exo 38:9 Dibuatnyalah pelataran itu; pada sebelah selatan: layar pelataran itu dari lenan halus yang dipintal benangnya, seratus hasta panjangnya;

Exo 38:10 kedua puluh tiang layar itu dengan kedua puluh alas tiang itu dari tembaga, tetapi kaitan-kaitan tiang itu dan penyambung-penyambungnya dari perak.

Exo 38:11 Pada sebelah utara: seratus hasta; kedua puluh tiang layar itu dengan kedua puluh alas tiang itu dari tembaga, tetapi kaitan-kaitan tiang itu dan penyambung-penyambungnya dari perak.

Exo 38:12 Pada sebelah barat: layar lima puluh hasta; dengan sepuluh tiangnya dan sepuluh alas tiang itu, dan kaitan-kaitan tiang itu serta penyambung-penyambungnya dari perak.

Exo 38:13 Dan pada sebelah timur: lima puluh hasta,

Exo 38:14 yakni layar lima belas hasta untuk sisi yang satu di samping pintu gerbang itu, dengan tiga tiangnya dan tiga alas tiang itu;

Exo 38:15 dan juga untuk sisi yang kedua di samping pintu gerbang itu--sebelah-menyebelah pintu gerbang pelataran itu ada layar--lima belas hasta, dengan tiga tiangnya dan tiga alas tiang itu.

Exo 38:16 Segala layar yang mengelilingi pelataran, adalah dari lenan halus yang dipintal benangnya.

Exo 38:17 Alas-alas untuk tiang-tiang itu adalah dari tembaga, tetapi kaitan-kaitan tiang itu dan penyambung-penyambungnya dari perak, juga salut kepalanya dari perak. Dihubungkanlah dengan penyambung-penyambung dari perak segala tiang-tiang pelataran itu.

Exo 38:18 Tirai pintu gerbang pelataran itu tenunan yang berwarna-warna dari kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi dan dari lenan halus yang dipintal benangnya; dua puluh hasta panjangnya, tetapi tingginya--yang juga lebar kain itu--adalah lima hasta, sama dengan tinggi layar pelataran itu.

Exo 38:19 Keempat tiangnya dan keempat alas tiang itu dari tembaga; tetapi kaitan-kaitannya dari perak, dan juga salut kepalanya, serta penyambung-penyambungnya dari perak.

Exo 38:20 Segala patok untuk Kemah Suci dan untuk pelataran itu, sekelilingnya, adalah dari tembaga.


9-20. Pelataran Tabernakel. Bandingkan Keluaran 27:9-19: Mengenai Pelataran Kemah Suci.

Pelaksanaan Pembangunan (36:8-38:20).

Catatan tentang pembangunan Kemah Suci menyusul kisah tentang berbagai petunjuk itu nyaris secara harfiah.

Ini bukan pengulangan yang tidak ada gunanya, tetapi suatu penekanan pada kenyataan akan ketaatan cermat Israel kepada Sabda Allah.

Tanpa ketaatan ini, tidak ada persembahan dan pekerjaan yang dapat dikatakan layak untuk diterima Allah.


Perikop Selanjutnya: Biaya Untuk Mendirikan Kemah Suci.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel