Keluaran 35:1-3: Peringatan Untuk Menguduskan Hari Sabat

Peringatan Untuk Menguduskan Hari Sabat​.

Setelah belajar perikop Dua Loh Batu Yang Baru, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Peringatan Untuk Menguduskan Hari Sabat.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 35:1-3 dengan judul perikop Peringatan Untuk Menguduskan Hari Sabat).

Kita belajar perikop Peringatan Untuk Menguduskan Hari Sabat ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Peringatan Untuk Menguduskan Hari Sabat (Kitab Keluaran 35:1-3)


Exo 35:1 Lalu Musa menyuruh berkumpul segenap jemaah Israel dan berkata kepada mereka: "Inilah firman yang diperintahkan TUHAN untuk dilakukan.

Exo 35:2 Enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah ada perhentian kudus bagimu, yakni sabat, hari perhentian penuh bagi TUHAN; setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari itu, haruslah dihukum mati.

Exo 35:3 Janganlah kamu memasang api di manapun dalam tempat kediamanmu pada hari Sabat."


1-3. Perintah untuk menaati peraturan tentang hari Sabat diulang kembali kepada bangsa itu dengan tambahan yang mencolok mengenai hukuman mati atas orang-orang yang melanggar peraturan tentang Sabat ini (31:15).

Peringatan tersebut, kali ini diberikan untuk mengekang bangsa ini, dan menjelaskan bahwa di dalam semangat untuk membangun rumah bagi Tuhan sekalipun, mereka harus berhenti dan menghadap Yehovah satu hari di dalam satu minggu.

Bahaya rohani menjadi "Marta" yang terlalu sibuk, selalu ada.

Pembangunan Tempat Ibadah (35:1-39:43).

Pasal-pasal ini secara rinci mengisahkan pelaksanaan dari berbagai petunjuk yang diberikan kepada Musa (ps. 25-31), untuk pembangunan Kemah Suci, dan segenap perabotan, serta pakaian resmi para imam.

Secara umum, petunjuk-petunjuk tersebut diulang kata demi kata dengan beberapa tambahan, penjelasan serta beberapa penghilangan atau penyingkatan. Juga terdapat perbedaan dalam urutan isinya (bdg. Cambridge Bible untuk perbandingan).

Perikop Selanjutnya: Persembahan Khusus Untuk Mendirikan Kemah Suci dan Untuk Kebaktian di dalamnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel