Keluaran 34: Dua Loh Batu Yang Baru

Dua Loh Batu Yang Baru​.

Setelah belajar perikop Musa Meminta Penyertaan TUHAN di Gurun, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Dua Loh Batu Yang Baru.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Keluaran (Exodus 34 dengan judul perikop Dua Loh Batu Yang Baru).

Kita belajar perikop Dua Loh Batu Yang Baru ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Dua Loh Batu Yang Baru (Kitab Keluaran 34)


Exo 34:1 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Pahatlah dua loh batu sama dengan yang mula-mula, maka Aku akan menulis pada loh itu segala firman yang ada pada loh yang mula-mula, yang telah kaupecahkan.

Exo 34:2 Bersiaplah menjelang pagi dan naiklah pada waktu pagi ke atas gunung Sinai; berdirilah di sana menghadap Aku di puncak gunung itu.

Exo 34:3 Tetapi janganlah ada seorangpun yang naik bersama-sama dengan engkau dan juga seorangpun tidak boleh kelihatan di seluruh gunung itu, bahkan kambing domba dan lembu sapipun tidak boleh makan rumput di sekitar gunung itu."


1-3. Allah memerintahkan Musa untuk naik ke gunung seperti sebelumnya sambil membawa bersamanya loh-loh batu untuk menggantikan yang sudah hancur.

Exo 34:4 Lalu Musa memahat dua loh batu sama dengan yang mula-mula; bangunlah ia pagi-pagi dan naiklah ia ke atas gunung Sinai, seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, dan membawa kedua loh batu itu di tangannya.

Exo 34:5 Turunlah TUHAN dalam awan, lalu berdiri di sana dekat Musa serta menyerukan nama TUHAN.

Exo 34:6 Berjalanlah TUHAN lewat dari depannya dan berseru: "TUHAN, TUHAN, Allah penyayang dan pengasih, panjang sabar, berlimpah kasih-Nya dan setia-Nya,

Exo 34:7 yang meneguhkan kasih setia-Nya kepada beribu-ribu orang, yang mengampuni kesalahan, pelanggaran dan dosa; tetapi tidaklah sekali-kali membebaskan orang yang bersalah dari hukuman, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya dan cucunya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat."

Exo 34:8 Segeralah Musa berlutut ke tanah, lalu sujud menyembah

Exo 34:9 serta berkata: "Jika aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, ya Tuhan, berjalanlah kiranya Tuhan di tengah-tengah kami; sekalipun bangsa ini suatu bangsa yang tegar tengkuk, tetapi ampunilah kesalahan dan dosa kami; ambillah kami menjadi milik-Mu."


4-9. Penyataan kemuliaan Allah kepada Musa.

"Apa yang dilihat Musa tidak diceritakan, selain kata-kata yang dipakai Yehovah untuk memberitakan seluruh kemuliaan-Nya . . . Khotbah mengenai Nama Tuhan ini, sebagaimana Luther menyebutnya, menyingkapkan kepada Musa sifat dasar yang paling tersembunyi dari Yehovah . . . semua kata yang dikandung dalam bahasa itu untuk mengungkapkan kasih karunia dalam berbagai manifestasinya kepada orang berdosa dikumpulkan di sini untuk menunjukkan kenyataan bahwa pada hakikat-Nya Allah adalah kasih" (KD).

Exo 34:10 Firman-Nya: "Sungguh, Aku mengadakan suatu perjanjian. Di depan seluruh bangsamu ini akan Kulakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib, seperti yang belum pernah dijadikan di seluruh bumi di antara segala bangsa; seluruh bangsa, yang di tengah-tengahnya engkau diam, akan melihat perbuatan TUHAN, sebab apa yang akan Kulakukan dengan engkau, sungguh-sungguh dahsyat.

Exo 34:11 Tetapi engkau, berpeganglah pada yang Kuperintahkan kepadamu pada hari ini. Lihat, Aku akan menghalau dari depanmu orang Amori, orang Kanaan, orang Het, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus.

Exo 34:12 Berawas-awaslah, janganlah kauadakan perjanjian dengan penduduk negeri yang kaudatangi itu, supaya jangan mereka menjadi jerat bagimu di tengah-tengahmu.

Exo 34:13 Sebaliknya, mezbah-mezbah mereka haruslah kamu rubuhkan, tugu-tugu berhala mereka kamu remukkan, dan tiang-tiang berhala mereka kamu tebang.

Exo 34:14 Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada allah lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Allah yang cemburu.

Exo 34:15 Janganlah engkau sampai mengadakan perjanjian dengan penduduk negeri itu; apabila mereka berzinah dengan mengikuti allah mereka dan mempersembahkan korban kepada allah mereka, maka mereka akan mengundang engkau dan engkau akan ikut makan korban sembelihan mereka.

Exo 34:16 Apabila engkau mengambil anak-anak perempuan mereka menjadi isteri anak-anakmu dan anak-anak perempuan itu akan berzinah dengan mengikuti allah mereka, maka mereka akan membujuk juga anak-anakmu laki-laki untuk berzinah dengan mengikuti allah mereka.

Exo 34:17 Janganlah kaubuat bagimu allah tuangan.

Exo 34:18 Hari raya Roti Tidak Beragi haruslah kaupelihara; tujuh hari lamanya engkau harus makan roti yang tidak beragi, seperti yang Kuperintahkan kepadamu, pada waktu yang ditetapkan dalam bulan Abib, sebab dalam bulan Abib itulah engkau keluar dari Mesir.

Exo 34:19 Segala apa yang lahir terdahulu dari kandungan, Akulah yang empunya, juga segala ternakmu yang jantan, anak yang lahir terdahulu dari lembu atau domba.

Exo 34:20 Tetapi anak yang lahir terdahulu dari keledai haruslah kautebus dengan seekor domba; jika tidak kautebus, haruslah kaupatahkan batang lehernya. Setiap yang sulung dari antara anak-anakmu haruslah kautebus, dan janganlah orang menghadap ke hadirat-Ku dengan tangan hampa.

Exo 34:21 Enam harilah lamanya engkau bekerja, tetapi pada hari yang ketujuh haruslah engkau berhenti, dan dalam musim membajak dan musim menuai haruslah engkau memelihara hari perhentian juga.

Exo 34:22 Hari raya Tujuh Minggu, yakni hari raya buah bungaran dari penuaian gandum, haruslah kaurayakan, juga hari raya pengumpulan hasil pada pergantian tahun.

Exo 34:23 Tiga kali setahun segala orangmu yang laki-laki harus menghadap ke hadirat Tuhanmu TUHAN, Allah Israel,

Exo 34:24 sebab Aku akan menghalau bangsa-bangsa dari depanmu dan meluaskan daerahmu; dan tiada seorangpun yang akan mengingini negerimu, apabila engkau pergi untuk menghadap ke hadirat TUHAN, Allahmu, tiga kali setahun.

Exo 34:25 Janganlah darah korban sembelihan yang kepada-Ku kaupersembahkan beserta sesuatu yang beragi, dan janganlah ada dari korban sembelihan pada hari raya Paskah bermalam sampai pagi.

Exo 34:26 Yang terbaik dari buah bungaran hasil tanahmu haruslah kaubawa ke dalam rumah TUHAN, Allahmu. Janganlah engkau masak anak kambing dalam susu induknya."


11-26. Ketika Israel dipulihkan persekutuannya dengan Yehovah, dua butir utama dari perjanjian ditekankan, yaitu dua butir yang diabaikan bangsa itu ketika melakukan pelanggaran: peringatan untuk tidak mengikat perjanjian dengan orang-orang Kanaan; dan peringatan akan tanggung jawab mereka untuk menyembah Yehovah.

Tugu-tugu berhala ... tiang-tiang berhala (ay. 13). Tiang-tiang . . . dan asyerim (Revised Standard Version; American Standard Version). Asyerah, menurut mitologi Kanaan merupakan dewi pendamping El.

Dalam Perjanjian Lama, dia tampil sebagai pendamping dewa Baalnya orang Tirus, diperkenalkan kepada orang Israel oleh orang Fenisia, Izebel (I Raj. 18:19).

Asyerim, bentuk jamaknya, merupakan berhala-berhala yang didirikan untuk menyembah Ayera, mungkin pohon atau tiang. Tiang-tiang atau masebot melambangkan dewa laki-laki.

Untuk penafsiran atas ayat 18-19 lihat tafsiran atas 13:13, 14; 23:12, 15-19.

Musim membajak (ay. 21). Sabat harus tetap ditaati, bahkan ketika tampaknya perlu sekali untuk bekerja.

Exo 34:27 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Tuliskanlah segala firman ini, sebab berdasarkan firman ini telah Kuadakan perjanjian dengan engkau dan dengan Israel."

Exo 34:28 Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan TUHAN empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman.

Exo 34:29 Ketika Musa turun dari gunung Sinai--kedua loh hukum Allah ada di tangan Musa ketika ia turun dari gunung itu--tidaklah ia tahu, bahwa kulit mukanya bercahaya oleh karena ia telah berbicara dengan TUHAN.

Exo 34:30 Ketika Harun dan segala orang Israel melihat Musa, tampak kulit mukanya bercahaya, maka takutlah mereka mendekati dia.

Exo 34:31 Tetapi Musa memanggil mereka, maka Harun dan segala pemimpin jemaah itu berbalik kepadanya dan Musa berbicara kepada mereka.

Exo 34:32 Sesudah itu mendekatlah segala orang Israel, lalu disampaikannyalah kepada mereka segala perintah yang diucapkan TUHAN kepadanya di atas gunung Sinai.

Exo 34:33 Setelah Musa selesai berbicara dengan mereka, diselubunginyalah mukanya.

Exo 34:34 Tetapi apabila Musa masuk menghadap TUHAN untuk berbicara dengan Dia, ditanggalkannyalah selubung itu sampai ia keluar; dan apabila ia keluar dikatakannyalah kepada orang Israel apa yang diperintahkan kepadanya.

Exo 34:35 Apabila orang Israel melihat muka Musa, bahwa kulit muka Musa bercahaya, maka Musa menyelubungi mukanya kembali sampai ia masuk menghadap untuk berbicara dengan TUHAN.


29. Kulit mukanya bercahaya. Kata Ibrani untuk bercahaya merupakan kata yang aneh; berasal dari kata yang artinya tanduk, arti harfiahnya adalah memancar.

Jerome di dalam Vulgata menerjemahkan kalimat itu dari segi arti pokok akar katanya: ditanduk. Oleh karena itu Musa di dalam seni pahat dan lukis, sering kali dilukiskan dengan tanduk yang muncul dari kepalanya.

27-35. Kembalinya Musa dari gunung.

"Dengan pengadopsian kembali bangsa itu, perjanjian pada pasal 24 eo ipso telah dipulihkan; karena itu tidak diperlukan kesimpulan yang baru dari perjanjian ini dan penulisan syarat-syarat pokok dari perjanjian tersebut sekadar dimaksudkan sebagai bukti bahwa perjanjian itu telah dipulihkan" (KD.

Perikop Selanjutnya: Peringatan Untuk Menguduskan Hari Sabat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel