Ulangan 32:44-47: Nasihat Musa Yang Terakhir

Nasihat Musa Yang Terakhir.

Setelah belajar perikop Nyanyian Musa dari Kitab Ulangan, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Nasihat Musa Yang Terakhir.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab Ulangan (Deuteronomy 32:44-47 dengan judul perikop Nasihat Musa Yang Terakhir).

Kita belajar perikop Nasihat Musa Yang Terakhir ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Nasihat Musa Yang Terakhir (Kitab Ulangan 32:44-47)


Deu 32:44 Lalu datanglah Musa bersama-sama dengan Yosua bin Nun dan menyampaikan ke telinga bangsa itu segala perkataan nyanyian tadi.

Deu 32:45 Setelah Musa selesai menyampaikan segala perkataan itu kepada seluruh orang Israel,

Deu 32:46 berkatalah ia kepada mereka: "Perhatikanlah segala perkataan yang kuperingatkan kepadamu pada hari ini, supaya kamu memerintahkannya kepada anak-anakmu untuk melakukan dengan setia segala perkataan hukum Taurat ini.

Deu 32:47 Sebab perkataan ini bukanlah perkataan hampa bagimu, tetapi itulah hidupmu, dan dengan perkataan ini akan lanjut umurmu di tanah, ke mana kamu pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya."


Pengaturan Dinasti: Kesinambungan Perjanjian (31:1-34:12).


Bagian terakhir dari dokumen perjanjian ini memiliki tema pemersatu berupa pengabadian hubungan perjanjian.

Yang terutama penting adalah pokok tentang penggantian raja, yang juga penting di dalam perjanjian-perjanjian raja sekular (bdg. Pendahuluan bag. IV, Sanksi-sanksi).

Penggantian ini dilakukan dengan pengangkatan dan penugasan Yosua selaku ahli waris dari Musa dalam jabatan wakil Tuhan dan pengantara-Nya (ps. 31).

Pengaturan perjanjian tentang warisan kerajaan kepada berbagai suku Israel (ay. 33), memperhitungkan status seluruh umat Allah sebagai ahli waris kerajaan.

Juga tercantum dua unsur standar lain dalam perjanjian internasional.

Yang satu adalah permintaan pada para saksi perjanjian yang di sini ditunjukkan terutama oleh Nyanyian Saksi (ay. 32).

Yang lain adalah berbagai petunjuk untuk pengaturan dokumen perjanjian sesudah upacara peresmian (31 :9-13).

Sebagai pengesahan dokumen tersebut, dikisahkan kematian Musa pada akhir dari Kitab ini (ps. 34).

44-47. Penugasan Yosua, serta berbagai petunjuk yang berkenaan dengan Nyanyian Saksi digabung dalam penyataan khusus di tempat ibadah (31:14-23), dan secara jelas Yosua berada bersama Musa waktu memberitakan nyanyian tersebut kepada Israel (32:44).

Musa memeteraikan pemberitaan itu dengan sebuah himbauan terakhir kepada masyarakat perjanjian, agar angkatan demi angkatan mereka menanamkan ketaatan kepada perjanjian yang rangkumannya dalam nyanyian itu merupakan saksi Allah terhadap Israel (ay. 46).

Penutup bagian sanksi (30:15 dst.) berkumandang di dalam peringatan, bahwa semua ini adalah masalah kehidupan Israel sendiri (32:47).

Perikop Selanjutnya: Ajal Musa Mendekat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel