Imamat 8: Pentahbisan Harun dan Anak-anaknya

Pentahbisan Harun dan Anak-anaknya​.

Setelah belajar perikop Bagian Imam dari pada Segala Korban Keselamatan dari Kitab Imamat, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Pentahbisan Harun dan Anak-anaknya.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam kitab Imamat (Leviticus 8 dengan judul perikop Pentahbisan Harun dan Anak-anaknya).

Kita belajar perikop Pentahbisan Harun dan Anak-anaknya ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Pentahbisan Harun dan Anak-anaknya (Kitab Imamat 8)


Lev 8:1 TUHAN berfirman kepada Musa:

Lev 8:2 "Panggillah Harun dan anak-anaknya bersama-sama dengan dia, dan ambillah pakaian-pakaian, minyak urapan, dan lembu jantan korban penghapus dosa, dua domba jantan dan bakul berisi roti yang tidak beragi,

Lev 8:3 lalu suruhlah berkumpul segenap umat ke depan pintu Kemah Pertemuan."

Lev 8:4 Musa melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, lalu berkumpullah umat itu di depan Kemah Pertemuan.

Lev 8:5 Berkatalah Musa kepada umat itu: "Inilah firman yang diperintahkan TUHAN untuk dilakukan."

Lev 8:6 Lalu Musa menyuruh Harun dan anak-anaknya mendekat, dan dibasuhnyalah mereka dengan air.

Lev 8:7 Sesudah itu dikenakannyalah kemeja kepadanya, diikatkannya ikat pinggang, dikenakannya gamis, dikenakannya baju efod, diikatkannya sabuk baju efod dan dikebatkannya sabuk itu kepadanya.


2. Panggillah Harun dan anak-anaknya. Latar belakang dari bahan pembahasan ini dapat dijumpai dalam Keluaran 28,29, yang membahas prosedur untuk pakaian dan pentahbisan imam-imam, diikuti oleh persembahan kurban yang harus diadakan pada saat pentahbisan tersebut.

Di dalam Imamat 8:1-4, kepada kita diberi tahu, bahwa Musa harus mengumpulkan semua bahan yang diperlukan bersama dengan para imam di depan pintu Kemah Pertemuan di hadapan seluruh umat.

Lev 8:8 Dikenakannyalah tutup dada kepadanya dan dibubuhnya di dalam tutup dada itu Urim dan Tumim.

Lev 8:9 Kemudian ditaruhnyalah serban di kepalanya, dan di atas serban itu di sebelah depan ditaruhnyalah patam emas, yakni jamang yang kudus, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.


8-9. Urim dan Tumim. Sifat Urim dan Tumim tidak diketahui, demikian pula makna sesungguhnya dari kedua benda ini, sekalipun ada petunjuk bahwa keduanya mungkin merupakan sarana masa itu untuk menentukan apa yang dikehendaki oleh Tuhan (bdg. I Sam. 28:6; Ezr. 2:63; Neh. 7:65; dan I Sam. 14:41; versi LXX).

Lev 8:10 Musa mengambil minyak urapan, lalu diurapinyalah Kemah Suci serta segala yang ada di dalamnya dan dikuduskannya semuanya itu.

10. Minyak urapan. Pelantikan para imam yang memakai pakaian yang telah ditetapkan diikuti oleh pengurapan mereka dengan minyak suci (ay. 10-13,30).

Minyak urapan ini (shemen hammishhâ) merupakan lambang dari pengurapan dengan Roh Allah serta kekuatan rohani yang dihasilkan (bdg. I Sam. 16:13; Yes. 61:1; Kis. 10:33).

Minyak urapan juga mengkhususkan orang-orang dan benda-benda yang diurapi, yaitu menyucikan mereka untuk dipakai dalam pekerjaan Allah.

Lev 8:11 Dipercikkannyalah sedikit dari minyak itu ke mezbah tujuh kali dan diurapinya mezbah itu serta segala perkakasnya, dan juga bejana pembasuhan serta alasnya untuk menguduskannya.

Lev 8:12 Kemudian dituangkannya sedikit dari minyak urapan itu ke atas kepala Harun dan diurapinyalah dia untuk menguduskannya.

Lev 8:13 Musa menyuruh anak-anak Harun mendekat, lalu dikenakannyalah kemeja kepada mereka, diikatkannya ikat pinggang dan dililitkannya destar, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

Lev 8:14 Disuruhnyalah membawa lembu jantan korban penghapus dosa, lalu Harun dan anak-anaknya meletakkan tangannya ke atas kepala lembu jantan korban penghapus dosa itu.

Lev 8:15 Lembu itu disembelih, lalu Musa mengambil darahnya, kemudian dengan jarinya dibubuhnyalah darah itu pada tanduk-tanduk mezbah sekelilingnya, dan dengan demikian disucikannyalah mezbah itu dari dosa; darah selebihnya dituangkannya pada bagian bawah mezbah. Dengan demikian dikuduskannya mezbah itu dan diadakannya pendamaian baginya.

Lev 8:16 Diambillah segala lemak yang melekat pada isi perut, umbai hati, kedua buah pinggang serta lemaknya, lalu Musa membakarnya di atas mezbah.

Lev 8:17 Tetapi lembu jantan itu dengan kulit, daging dan kotorannya dibakarnya habis di luar perkemahan, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.


14. Lembu jantan korban penghapus dosa. Lembu jantan penghapus dosa dipersembahkan sesuai dengan Keluaran 29:10-14.

15. Darah selebihnya dituangkannya pada bagian bawah mezbah. Pemulihan (kapēr) atau pendamaian untuk mezbah diperlukan untuk mengusir segala kenajisan para imam yang memberikan persembahan di atas mezbah tersebut.

Lev 8:18 Kemudian disuruhnya membawa domba jantan korban bakaran, lalu Harun dan anak-anaknya meletakkan tangannya ke atas kepala domba jantan itu.

Lev 8:19 Domba itu disembelih, lalu Musa menyiramkan darahnya pada mezbah sekelilingnya.

Lev 8:20 Domba itu dipotong-potong menurut bagian-bagian tertentu, lalu Musa membakar kepalanya dan bagian-bagiannya dan lemaknya.

Lev 8:21 Tetapi isi perut dan betisnya dibasuh dengan air, lalu Musa membakar seluruh domba jantan itu di atas mezbah. Itulah korban bakaran, yang baunya menyenangkan; yakni suatu korban api-apian bagi TUHAN, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.


18. Kemudian disuruhnya membawa domba jantan. Domba jantan kurban bakaran ini dipersembahkan sesuai dengan Keluaran 29:15-18 dan Imamat 1:3-9, jadi menandakan penyerahan diri sepenuhnya dari para imam untuk melayani Tuhan.

Lev 8:22 Kemudian disuruhnya membawa domba jantan yang lain, yakni domba persembahan pentahbisan, lalu Harun dan anak-anaknya meletakkan tangannya ke atas kepala domba jantan itu.

Lev 8:23 Domba jantan itu disembelih, lalu Musa mengambil sedikit dari darahnya dan membubuhnya pada cuping telinga kanan Harun, pada ibu jari tangan kanan dan pada ibu jari kaki kanannya.

Lev 8:24 Musa menyuruh anak-anak Harun mendekat, lalu membubuh sedikit dari darah itu pada cuping telinga kanan mereka, pada ibu jari tangan kanan dan pada ibu jari kaki kanan mereka, lalu Musa menyiramkan darah selebihnya pada mezbah sekelilingnya.

Lev 8:25 Diambilnyalah lemaknya, ekornya yang berlemak, segala lemaknya yang melekat pada isi perut, umbai hatinya, kedua buah pinggang serta lemaknya dan paha kanannya.

Lev 8:26 Dan dari dalam bakul berisi roti yang tidak beragi, yang ada di hadapan TUHAN, diambilnyalah satu roti bundar yang tidak beragi, satu roti bundar yang diolah dengan minyak dan satu roti tipis, lalu diletakkannya di atas segala lemak dan di atas paha kanan itu,


22. Kemudian disuruhnya membawa domba jantan yang lain. Domba pentahbisan atau "pengisian" (millu'îm) dikurbankan seperti kurban keselamatan, terkecuali soal pemakaian darahnya sebagaimana diuraikan dalam 8:23,24.

Dalam persembahan kurban ini, darah domba jantan tersebut dibubuhkan pada berbagai bagian tubuh yang penting: pada telinga untuk mendengarkan kata-kata Tuhan, pada tangan yang melaksanakan tugas-tugas dari Tuhan, dan pada kaki yang harus bergegas melaksanakan perintah Tuhan.

Lev 8:27 dan ditaruhnya seluruhnya di telapak tangan Harun dan di telapak tangan anak-anaknya, dan dipersembahkannya semuanya sebagai persembahan unjukan di hadapan TUHAN.

Lev 8:28 Kemudian Musa mengambil semuanya dari telapak tangan mereka, lalu dibakarnya di atas mezbah, yaitu di atas korban bakaran. Itulah persembahan pentahbisan untuk menjadi bau yang menyenangkan; itulah suatu korban api-apian bagi TUHAN.

Lev 8:29 Musa mengambil dada domba itu, dan mempersembahkannya sebagai persembahan unjukan di hadapan TUHAN. Itulah yang didapat Musa sebagai bagiannya dari domba jantan persembahan pentahbisan itu, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

Lev 8:30 Dan lagi Musa mengambil sedikit dari minyak urapan dan dari darah yang di atas mezbah itu, lalu dipercikkannya kepada Harun, ke pakaiannya, dan juga kepada anak-anaknya dan ke pakaian anak-anaknya. Dengan demikian ditahbiskannyalah Harun, pakaiannya, dan juga anak-anaknya dan pakaian anak-anaknya.


27. Ditaruhnya seluruhnya di telapak tangan Harun. Pengisian (millu'îm) itu berlangsung ketika bagian-bagian tertentu dari kurban yang dipersembahkan diletakkan di atas tangan orang-orang yang terlibat dalam upacara tersebut.

Istilah yang dipakai untuk pentahbisan atau pengangkatan imam ialah "mengisi tangan" (Hak. 17:5,12).

Lev 8:31 Berkatalah Musa kepada Harun dan kepada anak-anaknya: "Masaklah daging itu di depan pintu Kemah Pertemuan; di sanalah harus kamu memakannya dengan roti yang ada di dalam bakul untuk persembahan pentahbisan, seperti yang telah kuperintahkan dengan berkata: Harun dan anak-anaknya haruslah memakannya.

Lev 8:32 Dan apa yang tinggal dari daging dan roti itu haruslah kamu bakar habis dengan api.

Lev 8:33 Janganlah kamu pergi dari depan pintu Kemah Pertemuan selama tujuh hari, sampai kepada genapnya perayaan pentahbisan, karena perayaan pentahbisan akan berlangsung tujuh hari lamanya.

Lev 8:34 Seperti yang diperbuat pada hari ini, demikian juga diperintahkan TUHAN kamu perbuat kelak untuk mengadakan pendamaian bagimu.

Lev 8:35 Di depan pintu Kemah Pertemuan haruslah kamu tinggal siang malam tujuh hari lamanya, dan kamu harus lakukan kewajibanmu terhadap TUHAN dengan setia, supaya janganlah kamu mati, karena demikianlah diperintahkan kepadaku."

Lev 8:36 Maka Harun dan anak-anaknya melakukan segala firman yang diperintahkan TUHAN dengan perantaraan Musa.


31. Harun dan anak-anaknya haruslah memakannya. Bagian tertentu dari daging kurban dan roti itu harus dimakan oleh para imam.

Dengan demikian, tersedia makanan bagi mereka ketika mereka mengadakan upacara agama tujuh hari berturut-turut di mana tata cara pentahbisan dilaksanakan tanpa mereka diperbolehkan meninggalkan Kemah Pertemuan.

Perikop Selanjutnya: Para Imam Menerima Jabatannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel