Bilangan 34:13-29: Mengenai Pembagian Tanah Kanaan

Mengenai Pembagian Tanah Kanaan​.

Setelah belajar perikop Batas-batas Tanah Kanaan dari Kitab Bilangan, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yaitu Mengenai Pembagian Tanah Kanaan.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab Bilangan (Numbers 34:13-29 dengan judul perikop Mengenai Pembagian Tanah Kanaan).

Kita belajar perikop Mengenai Pembagian Tanah Kanaan ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Batas-batas Tanah Kanaan (Kitab Bilangan 34:13-29)


Num 34:13 Musa memerintahkan kepada orang Israel: "Itulah negeri yang akan kamu bagi sebagai milik pusaka dengan membuang undi, yang diperintahkan TUHAN untuk diberikan kepada suku yang sembilan setengah itu.

Num 34:14 Sebab suku bani Ruben menurut puak-puak mereka dan suku bani Gad menurut puak-puak mereka telah menerima milik pusakanya; juga suku Manasye yang setengah itu telah menerimanya.

Num 34:15 Dua setengah suku itu telah menerima milik pusaka mereka di seberang sungai Yordan di dekat Yerikho, ke sebelah timur."

Num 34:16 TUHAN berfirman kepada Musa:

Num 34:17 "Inilah nama orang-orang yang harus membagikan tanah itu kepadamu sebagai milik pusaka: imam Eleazar dan Yosua bin Nun.

Num 34:18 Lagi haruslah kamu mengambil seorang pemimpin dari setiap suku untuk membagikan tanah itu sebagai milik pusaka.

Num 34:19 Inilah nama orang-orang itu: dari suku Yehuda: Kaleb bin Yefune;

Num 34:20 dari suku bani Simeon: Samuel bin Amihud;

Num 34:21 dari suku Benyamin: Elidad bin Kislon;

Num 34:22 dari suku bani Dan seorang pemimpin: Buki bin Yogli;

Num 34:23 dari anak-anak Yusuf, yakni dari suku bani Manasye seorang pemimpin Haniel bin Efod;

Num 34:24 dan dari suku bani Efraim seorang pemimpin: Kemuel bin Siftan;

Num 34:25 dari suku bani Zebulon seorang pemimpin: Elisafan bin Parnah;

Num 34:26 dari suku bani Isakhar seorang pemimpin: Paltiel bin Azan;

Num 34:27 dari suku bani Asyer seorang pemimpin: Ahihud bin Selomi;

Num 34:28 dari suku bani Naftali seorang pemimpin: Pedael bin Amihud.

Num 34:29 Itulah orang-orang yang diperintahkan TUHAN untuk membagikan milik pusaka kepada orang Israel di tanah Kanaan."

Persiapan Untuk Memasuki Negeri yang Dijanjikan (26:1-36:13).

Sejak bagian ini hingga akhir Kitab Bilangan, semua pokok bahasannya terkait langsung dengan masuknya Israel ke negeri yang dijanjikan, pengumpulan kembali laskar Israel (ps. 26), masalah warisan bagi anak perempuan dan pentahbisan pengganti Musa (ps. 27), pembagian tanah dan berbagai petunjuk untuk menetap di negeri itu (ps. 32, 34), serta pendirian kota-kota orang Lewi (ps. 35).

Pengusiran Penduduk, Pembuatan Batas, Pembagian Tanah (33:50-34:29).

Bagian ini dibuka dengan sebuah rumusan pembukaan (33:50) yang diulangi kembali di 35:1: Tuhan berfirman kepada Musa di dataran Moab di tepi Sungai Yordan dekat Yerikho.

Musa memerintahkan orang Israel untuk menghancurkan semua patung dewa dari batu, patung-patung tuangan dan bukit-bukit pengurbanan orang kafir yang mereka jumpai di negeri Kanaan.

Mereka harus mengusir penduduk negeri itu, sebab kegagalan melaksanakan hal itu akan menjadikan penduduk itu duri di dalam daging mereka, dan akhirnya akan menyebabkan keruntuhan Israel sendiri.

Pasal 34 menggambarkan perbatasan-perbatasan ideal dari negeri mereka pada masa depan.

Israel tidak berhasil mencapai perbatasan-perbatasan tersebut hingga masa Daud dan Salomo.

Bahkan ketika itupun mereka memperoleh sebagian wilayah itu melalui perjanjian, dan bukan karena penaklukan.

Pembagian sesungguhnya atas negeri itu menjadi bagian-bagian warisan, berdasarkan firman Allah, harus dilakukan di bawah pengawasan Yosua dan Eleazar sang imam besar, dibantu oleh seorang pemimpin dari setiap suku.

15. Di seberang Sungai Yordan di dekat Yerikho, ke sebelah timur. Tafsiran dari para kritikus yang bersifat merusak terhadap kata-kata ini, merupakan sebuah contoh yang bagus tentang bagaimana penafsiran Kitab Bilangan telah dikaburkan oleh pendekatan yang negatif.

ICC mengemukakan, bahwa istilah "di dekat Yerikho" merupakan ungkapan yang tidak cocok untuk melukiskan garis batas di antara dua setengah suku itu, dan bahwa frasa tersebut ditulis secara sembarangan saja.

Mengikuti pandangan ini, IB mengatakan bahwa Yerikho dilukiskan di sini sebagai menghadap ke timur dan karena itu kalimat ini ditulis ketika di Kanaan, dan bahwa sebutan Yerikho itu bukan gambaran penuh dari wilayah yang diminta suku-suku ini.

Di dalam beberapa ayat (22: 1; 26:3, 63; 34:15; 36:13) frasa yang dipakai ialah Yarden Yerikho, "Yordan yang dari Yerikho".

Bilangan 34:15 dan Yosua 20:8 mengatakan, "Yordan di dekat Yerikho ke sebelah timur", lalu menyebutnya sebagai keseluruhan Trans Yordan.

Kenyataannya ialah bahwa istilah "Yordan" berasal dari kata Mediterania Timur yang diperkenalkan oleh orang Kaftori dan bangsa-bangsa Aegea lainnya (Ul. 2:23), dan berarti "sungai" di negeri mereka (C. H. Gordon, Old Testament Times, catatan kaki hlm. 109).

Karena itu, semua ayat di atas itu mengacu kepada "sungai di Yerikho" (Yordan) dan seluruh wilayah yang ada di bagian timurnya.

Kata sandang tertentu (definite article) dipakai ketika kata Yordan berdiri sendiri dan bukan mengacu kepada sebuah nama.

Yang dimaksudkan adalah "sungai" yang ada di wilayah itu, dan kota yang paling besar adalah Yerikho, jadilah ungkapan "sungai di Yerikho".

17. Inilah nama orang-orang yang harus membagikan tanah itu kepadamu. Para pemimpin ini disebutkan kurang lebih sesuai dengan urutan penempatan setiap suku di negeri yang dijanjikan, berawal dengan Yehuda di selatan dan bergerak ke utara adalah Naftali.

Ini tampaknya menunjukkan, bahwa undian penentuan tempat (33:54) sudah dilaksanakan, dan bahwa ayat-ayat ini tidak dicantumkan hingga sesudah rangkaian peristiwa dalam Yosua 14:1-5 (pelaksanaan undian).

Perikop Selanjutnya: Kota-kota Orang Lewi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel