1 Samuel 19: Daud Melarikan Diri Karena Saul Menyerang Dia Kembali

Daud Melarikan Diri Karena Saul Menyerang Dia Kembali
Daud Melarikan Diri Karena Saul Menyerang Dia Kembali.

Setelah belajar perikop Saul Benci Kepada Daud dari 1 Samuel, sekarang kita belajar perikop lanjutannya, yakni Daud Melarikan Diri Karena Saul Menyerang Dia Kembali.

Berikut ini tampilan ayat-ayat Firman Tuhan dalam Kitab 1 Samuel (1Sa 19 dengan judul perikop Daud Melarikan Diri Karena Saul Menyerang Dia Kembali).

Kita belajar perikop Daud Melarikan Diri Karena Saul Menyerang Dia Kembali ini dengan menggunakan tafsiran / catatan Wycliffe. Semua ayat dikutip dalam bentuk tulisan italic warna biru, sedangkan tafsiran / komentar dalam tulisan biasa.

Ayat Akitab dikutip dari software e-Sword, sedangkan komentarinya dari situs Alkitab.sabda.org. Yuk kita belajar.

Daud Melarikan Diri Karena Saul Menyerang Dia Kembali (Kitab 1 Samuel 19)


1Sa 19:1 Saul mengatakan kepada Yonatan, anaknya, dan kepada semua pegawainya, bahwa Daud harus dibunuh. Tetapi Yonatan, anak Saul, sangat suka kepada Daud,

1Sa 19:2 sehingga Yonatan memberitahukan kepada Daud: "Ayahku Saul berikhtiar untuk membunuh engkau; oleh sebab itu, hati-hatilah besok pagi, duduklah di suatu tempat perlindungan dan bersembunyilah di sana.

1Sa 19:3 Aku akan keluar dan berdiri di sisi ayahku di padang tempatmu itu. Maka aku akan berbicara dengan ayahku perihalmu; aku akan melihat bagaimana keadaannya, lalu memberitahukannya kepadamu."

1Sa 19:4 Lalu Yonatan mengatakan yang baik tentang Daud kepada Saul, ayahnya, katanya: "Janganlah raja berbuat dosa terhadap Daud, hambanya, sebab ia tidak berbuat dosa terhadapmu; bukankah apa yang diperbuatnya sangat baik bagimu!

1Sa 19:5 Ia telah mempertaruhkan nyawanya dan telah mengalahkan orang Filistin itu, dan TUHAN telah memberikan kemenangan yang besar kepada seluruh Israel. Engkau sudah melihatnya dan bersukacita karenanya. Mengapa engkau hendak berbuat dosa terhadap darah orang yang tidak bersalah dengan membunuh Daud tanpa alasan?"

1Sa 19:6 Saul mendengarkan perkataan Yonatan dan Saul bersumpah: "Demi TUHAN yang hidup, ia tidak akan dibunuh."

1Sa 19:7 Lalu Yonatan memanggil Daud dan Yonatan memberitahukan kepadanya segala perkataan itu. Yonatan membawa Daud kepada Saul dan ia bekerja padanya seperti dahulu.

1Sa 19:8 Ketika perang pecah pula, maka majulah Daud dan berperang melawan orang Filistin; ia menimbulkan kekalahan besar di antara mereka, sehingga mereka melarikan diri dari depannya.

1Sa 19:9 Tetapi roh jahat yang dari pada TUHAN hinggap pada Saul, ketika ia duduk di rumahnya, dengan tombaknya di tangannya; dan Daud sedang main kecapi.

1Sa 19:10 Lalu Saul berikhtiar menancapkan Daud ke dinding dengan tombaknya, tetapi Daud mengelakkan tikaman Saul, sehingga Saul mengenai dinding dengan tombak itu. Sesudah itu Daud melarikan diri dan luputlah ia pada malam itu.

1Sa 19:11 Kemudian Saul mengirim orang-orang suruhan ke rumah Daud untuk mengamat-amatinya dan untuk membunuh dia pada waktu pagi. Tetapi Mikhal, isteri Daud, memberitahukan kepadanya, demikian: "Jika engkau tidak dapat meluputkan dirimu malam ini, maka besok engkau akan dibunuh."

1Sa 19:12 Lalu Mikhal menurunkan Daud dari jendela, ia pergi melarikan diri dan luputlah ia.

1Sa 19:13 Sesudah itu Mikhal mengambil terafim dan menaruhnya di tempat tidur; ditaruhnya sehelai tenunan bulu kambing di bagian kepala dan ditutupinya dengan selimut.

1Sa 19:14 Lalu Saul mengirim orang-orang suruhan untuk mengambil Daud, tetapi perempuan itu berkata: "Ia sakit."

1Sa 19:15 Sesudah itu Saul mengirim orang-orang suruhan itu untuk melihat Daud, katanya: "Bawalah dia di atas tempat tidur itu ke mari, supaya ia dibunuh."

1Sa 19:16 Lalu masuklah para suruhan itu ke dalam, dan tampaklah ada terafim di tempat tidur dengan sehelai tenunan bulu kambing di bagian kepala.

1Sa 19:17 Berkatalah Saul kepada Mikhal: "Mengapa engkau menipu aku demikian itu dan melepas musuhku pergi, sehingga ia luput?" Tetapi jawab Mikhal kepada Saul: "Ia berkata kepadaku: Biarkanlah aku pergi, apa perlunya aku membunuh engkau?"

1Sa 19:18 Setelah Daud melarikan diri dan luput, sampailah ia kepada Samuel di Rama dan memberitahukan kepadanya segala yang dilakukan Saul kepadanya. Kemudian pergilah ia bersama-sama dengan Samuel dan tinggallah mereka di Nayot.

1Sa 19:19 Ketika diberitahukan kepada Saul, demikian: "Ketahuilah, Daud ada di Nayot, dekat Rama,"

1Sa 19:20 maka Saul mengirim orang-orang suruhan untuk mengambil Daud. Tetapi orang-orang ini melihat sekumpulan nabi kepenuhan, dengan dikepalai oleh Samuel. Dan Roh Allah hinggap pada orang-orang suruhan Saul, sehingga merekapun kepenuhan seperti nabi.

1Sa 19:21 Lalu hal itu diberitahukan kepada Saul; ia mengirim orang-orang suruhan yang lain, tetapi orang-orang itupun juga kepenuhan seperti nabi. Saul mengirim sekali lagi orang-orang suruhan, rombongan yang ketiga, dan orang-orang inipun juga kepenuhan.

1Sa 19:22 Lalu ia sendiri pergi ke Rama. Sesampainya ke dekat perigi besar yang di Sekhu, bertanyalah ia, katanya: "Di mana Samuel dan Daud?" Jawab orang: "Ada di Nayot, dekat Rama."

1Sa 19:23 Lalu pergilah ia ke sana, ke Nayot, dekat Rama dan pada diapun hinggaplah Roh Allah, dan selama ia melanjutkan perjalanannya ia kepenuhan seperti nabi, hingga ia sampai ke Nayot dekat Rama.

1Sa 19:24 Iapun menanggalkan pakaiannya, dan iapun juga kepenuhan di depan Samuel. Ia rebah terhantar dengan telanjang sehari-harian dan semalam-malaman itu. Itulah sebabnya orang berkata: "Apakah juga Saul termasuk golongan nabi?"


19:12. Dari jendela. Rumah Mikhal tampaknya berhimpitan dengan tembok. Bandingkan lolosnya para pengintai di Yerikho (Yos. 2:15) dan Saulus di Damsyik (Kis. 9:25).

13. Terafim. Mikhal seperti Rahel, mungkin menyimpan terafim karena mereka mandul (Kej. 31:19).

14. Ia sakit. Yosefus mengisahkan, bahwa Mikhal menaruh hati kambing yang masih bergerak di tempat tidur itu untuk membuat utusan Saul percaya, bahwa di bawah selimut itu ada yang bernafas.

19. Nayot terletak di dekat Rama, tidak diketahui Rama itu sebuah wilayah ataukah sebuah bangunan.

Nayot artinya tempat tinggal, dan mungkin merupakan tempat pendidikan, atau asrama dari kelompok nabi yang didirikan oleh Samuel.

24. Golongan nabi. Dari nas ini dapat diketahui, bahwa di Rama terdapat sekelompok nabi, di bawah pengawasan Samuel, yang anggota-anggotanya tinggal di gedung yang sama.

Samuel, dalam pada itu, memiliki rumah sendiri di Rama (7:17 dst.), sekalipun kadang-kadang dia tinggal di Nayot.

Asal usul dan sejarah dari kelompok ini kabur.

Menurut 3:1 sebelum Samuel dipanggil sebagai nabi, sabda kenabian jarang ada di Israel.

Tidak diragukan, bahwa kelompok-kelompok nabi ini muncul pada zaman Samuel dan didirikan olehnya.

Yang tidak bisa diketahui dengan pasti, hanyalah apa ada kelompok lain di bagian lain negeri tersebut selain yang di Rama.

Golongan-golongan ini mungkin berkembang terus hingga zaman Elia dan Elisa.

Golongan nabi ini hanya ada di Israel, bukan di Yehuda.

Apabila golongan ini berasal dari Samuel, aneh jika di Yehuda tidak ada golongan semacam ini.

Perikop Selanjutnya: Perjanjian Antara Daud dan Yonatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel