2 Raja-raja 9:30-37: Izebel Dibunuh

Raja Ahab mati pada saat memerangi Ramot-Gilead dan ia dikuburkan di Samaria, kini Yehu yang sudah diurapi nabi akan melaksanakan hukuman terhadap Izebel, istrinya Ahab yang membawa masuk penyembahan Baal ke negeri Israel.

Baca:


2 Raja-raja 9:30-37


2Ki 9:30 Sampailah Yehu ke Yizreel. Ketika Izebel mendengar itu, ia mencalak matanya, dihiasinyalah kepalanya, lalu ia menjenguk dari jendela.

2Ki 9:31 Pada waktu Yehu masuk pintu gerbang, berserulah Izebel: "Bagaimana, selamatkah Zimri, pembunuh tuannya itu?"

2Ki 9:32 Yehu mengangkat kepalanya melihat ke jendela itu dan berkata: "Siapa yang di pihakku? Siapa?" Dan ketika dua tiga orang pegawai istana menjenguk kepadanya,

2Ki 9:33 ia berseru: "Jatuhkanlah dia!" Mereka menjatuhkan dia, sehingga darahnya memercik ke dinding dan ke kuda; mayatnyapun terinjak-injak.

2Ki 9:34 Yehu masuk ke dalam, lalu makan dan minum. Kemudian ia berkata: "Baiklah urus mayat orang yang terkutuk itu dan kuburkanlah dia, sebab ia memang anak raja."

2Ki 9:35 Mereka pergi untuk menguburkannya, tetapi mereka tidak menjumpai mayatnya, hanya kepala dan kedua kaki dan kedua telapak tangannya.

2Ki 9:36 Mereka kembali memberitahukannya kepada Yehu, lalu ia berkata: "Memang begitulah firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya, Elia, orang Tisbe itu: Di kebun di luar Yizreel akan dimakan anjing daging Izebel;

2Ki 9:37 maka mayat Izebel akan terhampar di kebun di luar Yizreel seperti pupuk di ladang, sehingga tidak ada orang yang dapat berkata: Inilah Izebel."


Tafsiran Wycliffe


30. Ketika Izebel mendengar itu, ... dihiasinyalah kepalanya. Izebel mengetahui maksud kedatangan Yehu.

31. Selamatkah Zimri? "Hai Zimri, pembunuh raja!" Izebel berusaha untuk menghentikan Yehu dengan mengingatkan dia akan kekalahan dan kematian Zimri yang terjadi dengan cepat.

32. Siapa yang di pihakku? Yehu menantang orang-orang yang ada di situ untuk menentukan pilihan mereka.

Pegawai istana. Orang-orang ini mungkin memberi tanda ingin bergabung dengan Yehu.

34. Kuburkanlah dia. Sesudah makan, Yehu akhirnya ingat, bahwa Izebel adalah anak raja.

36. Di kebun di luar Yizreel akan dimakan anjing daging Izebel. Jadi secara jelas dan oleh kelalaian Yehu, nubuat tentang Izebel tergenapi.

37. Tidak ada orang yang dapat berkata: Inilah Izebel. Izebel tidak akan memiliki kuburan dan hanya menjadi seperti sampah.

Masa Pemerintahan Yehu (9:11-10:36).

Sesuai dengan prinsip-prinsip ilahi tentang hukuman atas dosa sebagaimana dikemukakan di dalam Kitab Ulangan, Yehu menjadi pelaksana dari murka Allah terhadap orang-orang berdosa yang utama di Israel - Ahab dan keturunannya yang jahat.

Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4).

Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaruh baik di sana, dan akan menyerbu Yehuda sehingga akan menghancurkan keseluruhan bangsa tersebut, maka keluarga Ahab harus dimusnahkan.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel