2 Raja-raja 10:1-17: Yehu Memunahkan Keluarga Ahab

Setelah membunuh Yoram bin Ahab yang dilanjutkan dengan pembunuhan terhadap Izebel, kini raja Yehu akan menghabisi semua keturunan Ahab.

Klik:

Dalam perikop ini juga dikisahkan tentang seorang tokoh bernama Yonadab bin Rekhab. Seorang tokoh yang kemudian hari kaumnya bertemu dengan nabi Yeremia dan menolak minum anggur karena memilih hidup sesuai dengan pesan leluhurnya.

2 Raja-raja 10:1-17


2Ki 10:1 Ahab mempunyai tujuh puluh orang anak laki-laki di Samaria. Yehu menulis surat, dan mengirimnya ke Samaria, kepada pembesar kota itu, kepada para tua-tua dan kepada para pengasuh anak-anak Ahab, bunyinya:

2Ki 10:2 "Sekarang, segera sesudah surat ini sampai kepadamu, kamu yang mempunyai anak-anak tuanmu di bawah pengawasanmu, lagipula mempunyai kereta dan kuda dan kota yang berkubu serta senjata,

2Ki 10:3 maka pilihlah seorang yang terbaik dan yang paling tepat dari antara anak-anak tuanmu, lalu dudukkanlah dia di atas takhta ayahnya, kemudian berperanglah membela keluarga tuanmu."

2Ki 10:4 Tetapi mereka sangat takut dan berkata: "Sedangkan kedua raja itu tidak dapat bertahan menghadapinya, bagaimana mungkin kita ini dapat bertahan?"

2Ki 10:5 Sebab itu kepala istana dan kepala kota, juga para tua-tua dan para pengasuh mengirim pesan kepada Yehu, bunyinya: "Kami ini hamba-hambamu dan segala yang kaukatakan kepada kami akan kami lakukan; kami tidak hendak mengangkat seseorang menjadi raja; lakukanlah apa yang baik menurut pemandanganmu."

2Ki 10:6 Kemudian Yehu menulis surat untuk kedua kalinya kepada mereka, bunyinya: "Jika kamu memihak kepadaku dan mau menurut perkataanku, ambillah kepala anak-anak tuanmu dan datanglah kepadaku besok kira-kira waktu ini ke Yizreel." Adapun ketujuh puluh anak raja itu tinggal bersama-sama orang-orang besar di kota itu, yang mendidik mereka.

2Ki 10:7 Tatkala surat itu sampai kepada mereka, mereka mengambil anak-anak raja itu, menyembelih ketujuh puluh orang itu, menaruh kepala orang-orang itu ke dalam keranjang dan mengirimkan semuanya kepada Yehu di Yizreel.

2Ki 10:8 Ketika suruhan datang memberitahukan kepadanya: "Telah dibawa orang kepala anak-anak raja itu," berkatalah Yehu: "Susunlah semuanya menjadi dua timbunan di depan pintu gerbang sampai pagi."

2Ki 10:9 Pada paginya keluarlah Yehu, berdirilah ia, lalu berkata kepada segenap orang banyak: "Kamu ini tidak bersalah. Memang akulah yang telah mengadakan persepakatan melawan tuanku dan telah membunuh dia; tetapi semua orang ini, siapakah yang membunuh mereka?

2Ki 10:10 Ketahuilah sekarang, bahwa firman TUHAN yang telah diucapkan TUHAN tentang keluarga Ahab, tidak ada yang tidak dipenuhi, TUHAN telah melakukan apa yang difirmankan-Nya dengan perantaraan Elia, hamba-Nya."

2Ki 10:11 Lalu Yehu membunuh semua orang yang masih tinggal dari keluarga Ahab yang di Yizreel, juga semua orang besarnya, orang-orang kepercayaannya dan imam-imamnya; tidak ada padanya seorangpun yang ditinggalkan Yehu hidup.

2Ki 10:12 Kemudian bangkitlah Yehu pergi ke Samaria. Di jalan dekat Bet-Eked, perkampungan para gembala,

2Ki 10:13 bertemulah ia dengan sanak saudara Ahazia, raja Yehuda, lalu ia bertanya: "Siapakah kamu ini?" Jawab mereka: "Kami adalah sanak saudara Ahazia dan kami datang untuk memberi salam kepada anak-anak raja dan anak-anak ibu suri."

2Ki 10:14 Berkatalah Yehu: "Tangkaplah mereka hidup-hidup!" Lalu ditangkaplah mereka hidup-hidup dan disembelih dekat perigi Bet-Eked, empat puluh dua orang, dan tidak ada seorangpun ditinggalkannya hidup dari pada mereka.

2Ki 10:15 Setelah pergi dari sana, bertemulah ia dengan Yonadab bin Rekhab yang datang menyongsong dia. Ia memberi salam kepadanya serta berkata: "Apakah hatimu jujur kepadaku seperti hatiku terhadap engkau?" Jawab Yonadab: "Ya!" "Jika ya, berilah tanganmu!" Maka diberinyalah tangannya, lalu Yehu mengajak dia naik ke sampingnya ke dalam kereta.

2Ki 10:16 Berkatalah Yehu: "Marilah bersama-sama aku, supaya engkau melihat bagaimana giatku untuk TUHAN." Demikianlah Yehu membawa dia dalam keretanya.

2Ki 10:17 Setelah Yehu sampai di Samaria, maka ia membunuh semua orang yang masih tinggal dari keluarga Ahab di Samaria; ia memunahkannya, sesuai dengan firman yang diucapkan TUHAN kepada Elia.


Tafsiran Wycliffe


10:1. Ahab mempunyai tujuh puluh orang anak laki-laki. Bandingkan ayat 2, 3. Yang dimaksudkan ialah semua anak laki-laki Ahab.

Yehu bermaksud untuk memusnahkan seluruh keturunan Ahab.

Dia kini mulai melaksanakan hukuman atas Israel selaku sebuah bangsa.

Bagi Israel kehilangan keluarga ini berarti kehilangan seluruh keturunan dari seorang raja yang handal.

Sekalipun demikian, apa yang dilakukan Yehu dalam membunuh orang-orang ini beserta para penyembah Baal itu dikecam oleh Hosea (1:4) sebab, Yehu melakukan itu semua dengan sikap haus darah, serakah dan ambisius.

3. Pilihlah seorang yang terbaik ... dudukkanlah dia di atas takhta ayahnya, kemudian berperanglah. Yehu menawarkan untuk menyelesaikan masalah itu dengan mengadakan pertandingan bersenjata (bdg. II Sam. 2:11-17), sebuah cara yang umum dipakai ketika itu di Timur Dekat untuk menyelesaikan sebuah pertikaian.

Rasa bersalah atau takut pada umumnya menguntungkan bagi musuh.

5. Kami ini hamba-hambamu. Ketakutan membuat mereka cepat menyerah. Sekalipun mereka cenderung memilih rezim yang lama (ay. 4), mereka melepaskan setiap usaha untuk memberontak.

6. Ambillah kepala anak-anak tuanmu. Para tua-tua itu diwajibkan untuk melaksanakan hukuman atas dosa.

7. Ketujuh puluh orang itu. Khususnya, mereka yang dituntut (bdg. I Raj. 21:21, 22).

8. Telah dibawa orang ... susunlah semuanya. Permintaan Yehu sudah dituruti.

9. Kamu ini tidak bersalah. Maksudnya: "Kamu bertindak adil; karena itu nilailah sendiri!"

Yehu berusaha untuk memberikan kesan, bahwa dirinya sama sekali tidak ada hubungannya dengan pembantaian itu, dengan beranggapan, bahwa sekalipun ketujuh puluh orang itu telah mati di tangan mereka, toh mereka mati karena hukuman yang dinubuatkan Elia.

12. Kemudian bangkitlah Yehu pergi ke Samaria. Setelah seluruh bentuk perlawanan yang aktif bisa ditumpas.

13. Siapakah kamu ini? Bandingkan II Tawarikh 22:8. Mereka ini adalah para keponakan dari putra-putra Ahazia. Mereka tidak tahu apa-apa tentang pemberontakan itu.

14. Tangkaplah mereka hidup-hidup. Untuk dibantai juga.

Mereka ... disembelih. Yehu memusnahkan mereka untuk mencegah mereka melancarkan pemberontakan tandingan.

15. Tindakan Yonadab menaiki kereta perang Yehu menunjukkan, bahwa ia mengakui Yehu sebagai hamba Yehova, dengan begitu Yehu adalah musuh Ahab.

Selaku musuh Ahab, Yonadab memimpin masyarakat religius di dalam menyembah Yehova.

Yehu memakainya untuk membenarkan tindakan-tindakannya di Samaria.

Yosefus mencatat, bahwa Yonadab memuji tindakan-tindakan Yehu.

Masa Pemerintahan Yehu (9:11-10:36).

Sesuai dengan prinsip-prinsip ilahi tentang hukuman atas dosa sebagaimana dikemukakan di dalam Kitab Ulangan, Yehu menjadi pelaksana dari murka Allah terhadap orang-orang berdosa yang utama di Israel - Ahab dan keturunannya yang jahat.

Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4).

Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaruh baik di sana, dan akan menyerbu Yehuda sehingga akan menghancurkan keseluruhan bangsa tersebut, maka keluarga Ahab harus dimusnahkan.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel