Yerobeam Bin Yoas, Raja Israel

Dinasti Yehu hampir berakhir, dan semua raja dari dinasti ini tidak ada yang menyembah Baal, namun menyembah anak lembu yang diperkenalkan oleh Yerobeam bin Nebat pada saat kerajaan Israel terpecah menjadi Selatan (Yehuda) dan Utara (Israel). Walaupun mereka meninggalkanNya sedemikian, namun Tuhan tetap setia.

Klik:

Pada perikop ini juga kita melihat disebutkannya seorang nabi bernama Yunus bin Amitai dari Gat-Hefer, seorang nabi yang lebih kita kenal dengan kisahnya di Niniwe.

2 Raja-raja 14:23-29


2Ki 14:23 Dalam tahun kelima belas zaman Amazia bin Yoas, raja Yehuda, Yerobeam, anak Yoas, raja Israel, menjadi raja di Samaria. Ia memerintah empat puluh satu tahun lamanya.

2Ki 14:24 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa Yerobeam bin Nebat, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula.

2Ki 14:25 Ia mengembalikan daerah Israel, dari jalan masuk ke Hamat sampai ke Laut Araba sesuai dengan firman TUHAN, Allah Israel, yang telah diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya, nabi Yunus bin Amitai dari Gat-Hefer.

2Ki 14:26 Sebab TUHAN telah melihat betapa pahitnya kesengsaraan orang Israel itu: sudah habis lenyap baik yang tinggi maupun yang rendah kedudukannya, dan tidak ada penolong bagi orang Israel.

2Ki 14:27 Tetapi TUHAN tidak mengatakan bahwa Ia akan menghapuskan nama Israel dari kolong langit; jadi Ia menolong mereka dengan perantaraan Yerobeam bin Yoas.

2Ki 14:28 Selebihnya dari riwayat Yerobeam dan segala yang dilakukannya dan kepahlawanannya, bagaimana ia berperang, dan bagaimana ia mengembalikan Damsyik dan Hamat-Yehuda ke dalam Israel, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel?

2Ki 14:29 Kemudian Yerobeam mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, raja-raja Israel. Maka Zakharia, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.


Tafsiran Wycliffe


Masa Pemerintahan Yerobeam II di Israel (14:23-29).

Kisah mengenai masa pemerintahan Yerobeam II ini menunjukkan (1) bagaimana dia melanggar perjanjian (sebab hanya hubungan raja dengan perjanjian saja yang penting); dan (2) bagaimana janji Yehova kepada Yoas (bdg. 13:17) digenapi.

23. Tahun kelima belas zaman Amazia. Amazia dan Uzia merupakan dua raja yang memerintah bersama; oleh karena itu naik takhtanya Yerobeam diperhitungkan sesuai dengan urutan raja Yehuda dahulu (lih. ay. 17-20). Baca: Perikop Amazia, Raja Yehuda.

24. Ia melakukan apa yang jahat. Yerobeam melanjutkan pelanggaran terhadap perjanjian dengan menyembah patung-patung anak lembu yang ada di Betel dan Dan (bdg. 10:29).

25. Hamat. Bukan kotanya namun wilayahnya (lih. I Raj. 8:65; Am. 6:2, 14; bdg. II Raj. 23:33; 25:21). Yerobeam II merupakan seorang pengatur dan jendral militer yang cakap.

Yunus. Sebuah nubuat kecil tentang nabi Yunus yang tidak tercantum di dalam Kitab Yunus namun waktunya adalah pada masa hidup sang nabi - 780 sM.

26. Tuhan telah melihat. Bandingkan 13:23. Kesaksian mengenai kesetiaan Allah dikemukakan dengan tujuan mengubah hati manusia agar berbalik kepada-Nya.

Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4).

Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaruh baik di sana, dan akan menyerbu Yehuda sehingga akan menghancurkan keseluruhan bangsa tersebut, maka keluarga Ahab harus dimusnahkan.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel