2 Raja-raja 22: Yosia, Raja Yehuda -- Kitab Taurat Ditemukan Kembali

Yosia adalah orang yang kelahiran dan perbuatannya sudah dinubuatkan oleh abdi Allah dari Yehuda pada saat kerajaan Israel dipimpin Yerobeam bin Nebat. Ia muncul pada saat kerajaan Yehuda sudah mau berakhir. Ia tidak hidup seperti ayahnya. Anaknya yang menggantikan dia menjadi raja juga tidak hidup seperti dia.

Klik:

2 Raja-raja 22


2Ki 22:1 Yosia berumur delapan tahun pada waktu ia menjadi raja dan tiga puluh satu tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Yedida binti Adaya, dari Bozkat.

2Ki 22:2 Ia melakukan apa yang benar di mata TUHAN dan hidup sama seperti Daud, bapa leluhurnya, dan tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri.

2Ki 22:3 Dalam tahun yang kedelapan belas zaman raja Yosia maka raja menyuruh Safan bin Azalya bin Mesulam, panitera itu, ke rumah TUHAN, katanya:

2Ki 22:4 "Pergilah kepada imam besar Hilkia; suruhlah ia menyerahkan seluruh uang yang telah dibawa ke dalam rumah TUHAN yang telah dikumpulkan dari pihak rakyat oleh penjaga-penjaga pintu;

2Ki 22:5 baiklah itu diberikan mereka ke tangan para pekerja yang diangkat untuk mengawasi rumah TUHAN, supaya diberikan kepada tukang-tukang yang ada di rumah TUHAN untuk memperbaiki kerusakan rumah itu,

2Ki 22:6 yaitu kepada tukang-tukang kayu, tukang-tukang bangunan dan tukang-tukang tembok, juga bagi pembelian kayu dan batu pahat untuk memperbaiki rumah itu.

2Ki 22:7 Tetapi tidak usahlah mengadakan perhitungan dengan mereka mengenai uang yang diberikan ke tangan mereka, sebab mereka bekerja dengan jujur."

2Ki 22:8 Berkatalah imam besar Hilkia, kepada Safan, panitera itu: "Telah kutemukan kitab Taurat itu di rumah TUHAN!" Lalu Hilkia memberikan kitab itu kepada Safan, dan Safan terus membacanya.

2Ki 22:9 Kemudian Safan, panitera itu, masuk menghadap raja, disampaikannyalah kabar tentang itu kepada raja: "Hamba-hambamu ini telah mengambil seluruh uang yang terdapat di rumah TUHAN dan memberikannya ke tangan para pekerja yang diangkat mengawasi rumah itu."

2Ki 22:10 Safan, panitera itu, memberitahukan juga kepada raja: "Imam Hilkia telah memberikan kitab kepadaku," lalu Safan membacakannya di depan raja.

2Ki 22:11 Segera sesudah raja mendengar perkataan kitab Taurat itu, dikoyakkannyalah pakaiannya.

2Ki 22:12 Kemudian raja memberi perintah kepada imam Hilkia, kepada Ahikam bin Safan, kepada Akhbor bin Mikha, kepada Safan, panitera itu, dan kepada Asaya, hamba raja, katanya:

2Ki 22:13 "Pergilah, mintalah petunjuk TUHAN bagiku, bagi rakyat dan bagi seluruh Yehuda, tentang perkataan kitab yang ditemukan ini, sebab hebat kehangatan murka TUHAN yang bernyala-nyala terhadap kita, oleh karena nenek moyang kita tidak mendengarkan perkataan kitab ini dengan berbuat tepat seperti yang tertulis di dalamnya."

2Ki 22:14 Maka pergilah imam Hilkia, Ahikam, Akhbor, Safan dan Asaya kepada nabiah Hulda, isteri seorang yang mengurus pakaian-pakaian, yaitu Salum bin Tikwa bin Harhas; nabiah itu tinggal di Yerusalem, di perkampungan baru. Mereka memberitakan semuanya kepadanya.

2Ki 22:15 Perempuan itu menjawab mereka: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel! Katakanlah kepada orang yang menyuruh kamu kepada-Ku!

2Ki 22:16 Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya Aku akan mendatangkan malapetaka atas tempat ini dan atas penduduknya, yakni segala perkataan kitab yang telah dibaca oleh raja Yehuda;

2Ki 22:17 karena mereka meninggalkan Aku dan membakar korban kepada allah lain dengan maksud menimbulkan sakit hati-Ku dengan segala pekerjaan tangan mereka; sebab itu kehangatan murka-Ku akan bernyala-nyala terhadap tempat ini dengan tidak padam-padam.

2Ki 22:18 Tetapi kepada raja Yehuda, yang telah menyuruh kamu untuk meminta petunjuk TUHAN, harus kamu katakan demikian: Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Mengenai perkataan yang telah kaudengar itu,

2Ki 22:19 oleh karena engkau sudah menyesal dan engkau merendahkan diri di hadapan TUHAN pada waktu engkau mendengar hukuman yang Kufirmankan terhadap tempat ini dan terhadap penduduknya, bahwa mereka akan mendahsyatkan dan menjadi kutuk, dan oleh karena engkau mengoyakkan pakaianmu dan menangis di hadapan-Ku, Akupun telah mendengarnya, demikianlah firman TUHAN,

2Ki 22:20 sebab itu, sesungguhnya Aku akan mengumpulkan engkau kepada nenek moyangmu, dan engkau akan dikebumikan ke dalam kuburmu dengan damai, dan matamu tidak akan melihat segala malapetaka yang akan Kudatangkan atas tempat ini." Lalu mereka menyampaikan jawab itu kepada raja.


Tafsiran Wycliffe


Pembaharuan di Yehuda dan Israel oleh Yosia (22:1-23:30)

Ditemukannya Kitab Taurat telah mendorong diadakannya pembaharuan yang luas yang hanya bersifat sementara saja.

Tidak ada cukup waktu bagi Yosia untuk mengadakan pembaharuan yang bisa mencabut dosa yang sudah berurat-berakar.

1. Yosia berumur delapan tahun pada waktu ia menjadi raja. Yosia masih terlalu muda untuk memerintah bersama (lih. Thiele, op. cit., hlm. 154).

2. Ia melakukan apa yang benar. Dia memelihara perjanjian dengan Tuhan.

Alasannya dikemukakan di II Tawarikh 34:3; dia mencari Tuhan pada tahun kedelapan pemerintahannya, dan tindakan ini yang menuntun dia pada tahun kedelapan belas pemerintahannya.

3. Dalam tahun yang kedelapan belas. Bandingkan II Tawarikh 34:8. Peristiwa-peristiwa pada tahun ini menyangkut pemulihan hubungan perjanjian Yehuda dengan Tuhan.

Pemasangan ayat-ayat ini dengan ayat 2 menunjukkan, bahwa ini adalah hasil dari tindakan Yosia mencari Allah.

4. Menyerahkan seluruh uang. Langkah pertama untuk memulihkan hubungan perjanjian antara Yehuda dengan Allah ialah mengumpulkan uang untuk memperbaiki Bait Allah (bdg. II Taw. 34:9).

8. Berkatalah ... Hilkia ... telah kutemukan Kitab Taurat itu. Kitab Taurat, kelima Kitab Musa (bdg. Ul. 31:24-26).

10. Memberikan kitab kepadaku. Safan akhirnya beralih kepada masalah yang penting.

Apa yang dibaca olehnya (ay. 8) dan yang dibacakannya kepada raja (ay. 10) pasti sama; baik dirinya maupun Hilkia pastilah mengharapkan lebih dari pembaharuan-pembaharuan itu.

11. Segera sesudah raja mendengar ... dikoyakkannyalah pakaiannya. Bagian yang mungkin dibacakan kepadanya adalah Imamat 26 atau Ulangan 28:15 dan seterusnya.

Tuhan memadukan berbagai situasi untuk mengalihkan hati Yosia kepada pembaharuan.

13. Mintalah petunjuk Tuhan. "Temukan apakah hukuman-hukuman yang sudah dekat ini dapat ditunda atau tidak."

14. Hulda. Sumber jawaban Yehova yang paling dekat.

16, 17. Sesungguhnya Aku akan mendatangkan malapetaka ... karena mereka meninggalkan Aku dan membakar korban kepada allah lain. Mereka melanggar perjanjian dengan menyembah allah-allah lain.

Murka Allah tidak padam-padam, tetapi murka itu baru akan menimpa Yehuda pada masa yang akan datang.

20. Matamu tidak akan melihat segala malapetaka yang akan datang. Sebab perbuatan-perbuatannya yang baik (ay. 19).

Langkah kedua untuk memulihkan hubungan perjanjian Yehuda dengan Allah ialah membaharui perjanjian (23:1-3).

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel