Pembaharuan Yang Dilakukan Yosia

Perikop ini mengisahkan segala perbuatan yang baik dari raja Yosia, dan menggenapi apa yang sudah dinubuatkan dari jauh hari sebelum ia lahir dan menjadi raja.

Klik:

2 Raja-raja 23:1-30


2Ki 23:1 Sesudah itu raja menyuruh orang mengumpulkan semua tua-tua Yehuda dan Yerusalem.

2Ki 23:2 Kemudian pergilah raja ke rumah TUHAN dan bersama-sama dia semua orang Yehuda dan semua penduduk Yerusalem, para imam, para nabi dan seluruh orang awam, dari yang kecil sampai yang besar. Dengan didengar mereka ia membacakan segala perkataan dari kitab perjanjian yang ditemukan di rumah TUHAN itu.

2Ki 23:3 Sesudah itu berdirilah raja dekat tiang dan diadakannyalah perjanjian di hadapan TUHAN untuk hidup dengan mengikuti TUHAN, dan tetap menuruti perintah-perintah-Nya, peraturan-peraturan-Nya dan ketetapan-ketetapan-Nya dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa dan untuk menepati perkataan perjanjian yang tertulis dalam kitab itu. Dan seluruh rakyat turut mendukung perjanjian itu.

2Ki 23:4 Raja memberi perintah kepada imam besar Hilkia dan kepada para imam tingkat dua dan kepada para penjaga pintu untuk mengeluarkan dari bait TUHAN segala perkakas yang telah dibuat untuk Baal dan Asyera dan untuk segala tentara langit, lalu dibakarnyalah semuanya itu di luar kota Yerusalem di padang-padang Kidron, dan diangkutnyalah abunya ke Betel.

2Ki 23:5 Ia memberhentikan para imam dewa asing yang telah diangkat oleh raja-raja Yehuda untuk membakar korban di bukit pengorbanan di kota-kota Yehuda dan di sekitar Yerusalem, juga orang-orang yang membakar korban untuk Baal, untuk dewa matahari, untuk dewa bulan, untuk rasi-rasi bintang dan untuk segenap tentara langit.

2Ki 23:6 Dibawanyalah tiang-tiang berhala dari rumah TUHAN ke luar kota Yerusalem, ke sungai Kidron, lalu dibakarnya di situ dan ditumbuknya halus-halus menjadi abu, kemudian dicampakkannyalah abunya ke atas kuburan rakyat jelata.

2Ki 23:7 Ia merobohkan petak-petak pelacuran bakti yang ada di rumah TUHAN, tempat orang-orang perempuan bertenun sarung untuk Asyera.

2Ki 23:8 Disuruhnyalah datang semua imam dari kota-kota Yehuda, lalu ia menajiskan bukit-bukit pengorbanan, tempat para imam itu membakar korban, dari Geba sampai Bersyeba; dirobohkannya pula bukit-bukit pengorbanan di pintu-pintu gerbang yang ada dekat lobang pintu gerbang Yosua, penguasa kota itu, yang ada pada sebelah kiri kalau orang memasuki pintu gerbang kota itu.

2Ki 23:9 Tetapi para imam bukit-bukit pengorbanan itu tidak boleh naik ke mezbah TUHAN di Yerusalem, hanya mereka boleh memakan roti yang tidak beragi di tengah-tengah saudara-saudara mereka.

2Ki 23:10 Ia menajiskan juga Tofet yang ada di lembah Ben-Hinom, supaya jangan orang mempersembahkan anak-anaknya sebagai korban dalam api untuk dewa Molokh.

2Ki 23:11 Dibuangnyalah kuda-kuda yang ditaruh oleh raja-raja Yehuda untuk dewa matahari di pintu masuk ke rumah TUHAN, dekat bilik Natan-Melekh, pegawai istana, yang tinggal di gedung samping; juga kereta-kereta dewa matahari dibakarnya dengan api.

2Ki 23:12 Mezbah-mezbah, yang ada di atas sotoh, tempat peranginan Ahas, yang dibuat oleh raja-raja Yehuda, dan mezbah-mezbah, yang dibuat Manasye di kedua pelataran rumah TUHAN, dirobohkan oleh raja, dan diremukkan di sana, lalu dicampakkannya abunya ke sungai Kidron.

2Ki 23:13 Bukit-bukit pengorbanan yang ada di sebelah timur Yerusalem di sebelah selatan bukit Kebusukan dan yang didirikan oleh Salomo, raja Israel, untuk Asytoret, dewa kejijikan sembahan orang Sidon, dan untuk Kamos, dewa kejijikan sembahan Moab, dan untuk Milkom, dewa kekejian sembahan orang Amon, dinajiskan oleh raja.

2Ki 23:14 Ia memecahkan tugu-tugu berhala dan menebang tiang-tiang berhala, lalu ditimbuninya tempat-tempat itu penuh dengan tulang-tulang manusia.

2Ki 23:15 Juga mezbah yang ada di Betel, bukit pengorbanan yang dibuat oleh Yerobeam bin Nebat yang mengakibatkan orang Israel berdosa, mezbah dan bukit pengorbanan itupun dirobohkannya dan batu-batunya dipecahkannya, lalu ditumbuknya halus-halus menjadi abu, dan dibakarnyalah tiang berhala.

2Ki 23:16 Dan ketika Yosia berpaling, dilihatnyalah kuburan-kuburan yang ada di gunung di sana, lalu menyuruh orang mengambil tulang-tulang dari kuburan-kuburan itu, membakarnya di atas mezbah dan menajiskannya, sesuai dengan firman TUHAN yang telah diserukan oleh abdi Allah yang telah menyerukan hal-hal ini.

2Ki 23:17 Ia berkata: "Apakah tanda keramat yang kulihat ini?" Lalu orang-orang di kota itu menjawab dia: "Itulah kuburan abdi Allah yang sudah datang dari Yehuda dan yang telah menyerukan segala hal yang telah kaulakukan terhadap mezbah Betel ini!"

2Ki 23:18 Lalu katanya: "Biarkanlah itu, janganlah ada orang yang menjamah tulang-tulangnya!" Jadi mereka tidak mengganggu tulang-tulangnya dan tulang-tulang nabi yang telah datang dari Samaria itu.

2Ki 23:19 Juga segala kuil di bukit-bukit pengorbanan yang di kota-kota Samaria yang dibuat oleh raja-raja Israel untuk menimbulkan sakit hati TUHAN, dijauhkan oleh Yosia dan dalam hal ini ia bertindak tepat seperti tindakannya di Betel.

2Ki 23:20 Ia menyembelih di atas mezbah-mezbah itu semua imam bukit-bukit pengorbanan yang ada di sana dan dibakarnya tulang-tulang manusia di atasnya, lalu pulanglah ia ke Yerusalem.

2Ki 23:21 Kemudian raja memberi perintah kepada seluruh bangsa itu: "Rayakanlah Paskah bagi TUHAN, Allahmu, seperti yang tertulis dalam kitab perjanjian ini!"

2Ki 23:22 Sebab tidak pernah lagi dirayakan Paskah seperti itu sejak zaman para hakim yang memerintah atas Israel dan sepanjang zaman raja-raja Israel dan raja-raja Yehuda.

2Ki 23:23 Tetapi barulah dalam tahun kedelapan belas zaman raja Yosia Paskah ini dirayakan bagi TUHAN di Yerusalem.

2Ki 23:24 Para pemanggil arwah, dan para pemanggil roh peramal, juga terafim, berhala-berhala dan segala dewa kejijikan yang terlihat di tanah Yehuda dan di Yerusalem, dihapuskan oleh Yosia dengan maksud menepati perkataan Taurat yang tertulis dalam kitab yang telah didapati oleh imam Hilkia di rumah TUHAN.

2Ki 23:25 Sebelum dia tidak ada raja seperti dia yang berbalik kepada TUHAN dengan segenap hatinya, dengan segenap jiwanya dan dengan segenap kekuatannya, sesuai dengan segala Taurat Musa; dan sesudah dia tidak ada bangkit lagi yang seperti dia.

2Ki 23:26 Tetapi TUHAN tidak beralih dari murka-Nya yang sangat bernyala-nyala itu yang telah bangkit terhadap Yehuda oleh karena segala sakit hati-Nya yang ditimbulkan Manasye.

2Ki 23:27 Lalu berfirmanlah TUHAN: "Juga orang Yehuda akan Kujauhkan dari hadapan-Ku seperti Aku menjauhkan orang Israel, dan Aku akan membuang kota yang Kupilih ini, yakni Yerusalem, dan rumah ini, walaupun Aku telah berfirman tentangnya: Nama-Ku akan tinggal di sana!"

2Ki 23:28 Selebihnya dari riwayat Yosia dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda?

2Ki 23:29 Dalam zamannya itu majulah Firaun Nekho, raja Mesir, melawan raja Asyur di tepi sungai Efrat; raja Yosia pergi menghadapi dia; tetapi Firaun membunuhnya di Megido, segera sesudah ia melihatnya.

2Ki 23:30 Pegawai-pegawainya mengangkut mayatnya dengan kereta dari Megido dan membawanya ke Yerusalem, kemudian mereka menguburkannya dalam kuburnya sendiri. Maka rakyat negeri itu menjemput Yoahas, anak Yosia, mengurapi dia dan mengangkat dia menjadi raja menggantikan ayahnya.


Tafsiran Wycliffe


23:1. Mengumpulkan semua tua-tua Yehuda dan Yerusalem. Para pemimpin rohani harus ambil bagian dan memimpin.

2. Yang kecil sampai yang besar. Semua lapisan masyarakat harus ikut ambil bagian di dalam pemulihan hubungan perjanjian itu.

Ia membacakan segala perkataan dari kitab perjanjian. Lihat Ulangan 31:24-26. Yosia membacakan naskah perjanjian dengan Tuhan. Bandingkan Yosua 23:6; 24:22-25.

3. Berdirilah raja ... dan diadakannyalah perjanjian di hadapan Tuhan . . Dan seluruh rakyat turut mendukung perjanjian itu. Semua ambil bagian dalam upacara pemulihan itu.

Langkah yang ketiga ialah menghapuskan penyembahan berhala di Yehuda (ay. 4-20).

4. Mengeluarkan dari bait Tuhan. Yosia menyingkirkan berhala-berhala yang mencemarkan dan membakarnya (bdg. Ul. 7:25; 12:3). Bait Allah adalah untuk Allah saja.

5. Ia memberhentikan para imam dewa asing. "Pejabat yang menghina kekudusan ilahi" yang memimpin penduduk itu menyembah berhala disingkirkan sehingga kedudukan orang Lewi dapat dipulihkan kembali.

Untuk rasi-rasi bintang. Penyembahan Zodiak.

6. Tiang-tiang berhala. Patung Astarte. Benda-benda ini menunjukkan lingkup penyembahan berhala di Yehuda.

8. Disuruhnyalah datang semua imam ... dari Geba sampai (bukan samping seperti di terjemahan baru LAI) Bersyeba agar meninggalkan bukit-bukit pengorbanan.

Maksudnya, dia menghentikan semua bentuk penyembahan yang menyesatkan di seluruh Yehuda dan Benyamin.

9. Tidak boleh naik ... hanya mereka boleh memakan roti yang tidak beragi. Penyembahan yang sesat membuat mereka tidak boleh ikut kebaktian Imamat Lewi, namun tidak menghalangi mereka untuk diberi makan.

10. Menajiskan juga Tofet. Dengan membakar tulang-tulang manusia di situ (bdg. ay. 16-18).

11. Dibuangnyalah kuda-kuda. Penyembahan matahari disingkirkan.

12. Mezbah-mezbah ... di atas sotoh, tempat peranginan Ahas. Dipakai untuk menyembah benda-benda langit.

13, 14. Bukit Kebusukan. Di Bukit Zaitun. Mengenai asal-usul nama itu lihat I Raja-raja 11:7.

Raja Yosia juga menyingkirkan penyembahan berhala di Israel.

15. Mezbah ... di Betel. Yosia mencabut akar penyembahan berhala yang membuat Israel melanggar perjanjian mereka dengan Tuhan (bdg. I Raj. 12:28; 13:1; Am. 3:14; 6:10, 13; Yer. 48:13).

16. Menajiskannya. Dengan membakar tulang-tulang manusia di atasnya berarti menjadikan mezbah itu najis bagi para penyembah berhala.

17. Apakah tanda keramat yang kulihat ini? Inilah hubungan Yosia dengan I Raja-raja 13:2.

[I Raja-raja 13:2 Lalu atas perintah TUHAN berserulah orang itu terhadap mezbah itu, katanya: "Hai mezbah, hai mezbah! Beginilah firman TUHAN: Bahwasanya seorang anak akan lahir pada keluarga Daud, Yosia namanya; ia akan menyembelih di atasmu imam-imam bukit pengorbanan yang membakar korban di atasmu, juga tulang-tulang manusia akan dibakar di atasmu." Baca: Abdi Allah dari Yehuda]

19, 20. Yosia ... menyembelih para imam ini sesuai dengan Taurat Musa yang melarang penyembahan berhala.

Raja ini kemudian menggantikan penyembahan berhala dengan penyembahan yang benar kepada Yehova (ay. 21-23).

Dia memimpin bangsa itu melaksanakan upacara Paskah, yaitu upacara inti yang mengingatkan mereka kepada perjanjian (bdg. II Taw. 35:1-19).

22. Kata-kata Paskah seperti itu menunjukkan situasi dan ketatnya pelaksanaan upacara tersebut, jauh melebihi apa yang dilakukan oleh Hizkia.

24. Yosia memperluas jangkauan pembaharuan yang diadakan olehnya hingga meliputi setiap keluarga dengan maksud menepati perkataan Taurat.

Keluarga-keluarga yang bersih merupakan landasan dari suatu masyarakat yang bersih.

25. Sebelum dia tidak ada raja seperti dia. Yosia melaksanakan Hukum Taurat secara lebih tepat dan setia daripada semua raja yang mengadakan pembaharuan sebelumnya.

26. Tetapi, semua perbuatan baik Yosia tersebut tetap tidak dapat menyelamatkan Yehuda (bdg. 22:16-20).

27. Aku akan membuang. Menegaskan apa yang telah dinubuatkan di 20:17 dan melengkapinya. Hilangnya nama Allah berarti keruntuhan Yerusalem.

29. Majulah Firaun Nekho (609-594 sM) melawan (seharusnya mendapati) raja Asyur. Tindakan ini ialah untuk membantu raja Asyur melawan Nabopolasar, raja Babel (lih. BASOR, 143 hlm. 25; D. J. Wiseman, Chronicles of Chaldean Kings, hlm. 19).

Di Megido. Dalam perjalanan pasukannya menuju ke Aram. Babel tidak dapat dihentikan, sebab usaha Yosia melemahkan Firaun Nekho sehingga memungkinkan 20:17 digenapi.

[2Ki 20:17 Sesungguhnya, suatu masa akan datang, bahwa segala yang ada dalam istanamu dan yang disimpan oleh nenek moyangmu sampai hari ini akan diangkut ke Babel. Tidak ada barang yang akan ditinggalkan, demikianlah firman TUHAN. Baca: Hizkia dan Para Utusan dari Babel].

Pembaharuan di Yehuda dan Israel oleh Yosia (22:1-23:30)

Ditemukannya Kitab Taurat telah mendorong diadakannya pembaharuan yang luas yang hanya bersifat sementara saja.

Tidak ada cukup waktu bagi Yosia untuk mengadakan pembaharuan yang bisa mencabut dosa yang sudah berurat-berakar.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel