Esther 9:1-19: Tindakan Orang Yahudi Terhadap Musuhnya

Klik:

Esther 9:1-19


Est 9:1 Dalam bulan yang kedua belas--yakni bulan Adar--,pada hari yang ketiga belas, ketika titah serta undang-undang raja akan dilaksanakan, pada hari musuh-musuh orang Yahudi berharap mengalahkan orang Yahudi, terjadilah yang sebaliknya: orang Yahudi mengalahkan pembenci-pembenci mereka.

Est 9:2 Maka berkumpullah orang Yahudi di dalam kota-kotanya di seluruh daerah raja Ahasyweros, untuk membunuh orang-orang yang berikhtiar mencelakakan mereka, dan tiada seorangpun tahan menghadapi mereka, karena ketakutan kepada orang Yahudi telah menimpa segala bangsa itu.

Est 9:3 Dan semua pembesar daerah dan wakil pemerintahan dan bupati serta pejabat kerajaan menyokong orang Yahudi, karena ketakutan kepada Mordekhai telah menimpa mereka.

Est 9:4 Sebab Mordekhai besar kekuasaannya di dalam istana raja dan tersiarlah berita tentang dia ke segenap daerah, karena Mordekhai itu bertambah-tambah besar kekuasaannya.

Est 9:5 Maka orang Yahudi mengalahkan semua musuhnya: mereka memukulnya dengan pedang, membunuh dan membinasakannya; mereka berbuat sekehendak hatinya terhadap pembenci-pembenci mereka.

Est 9:6 Di dalam benteng Susan saja orang Yahudi membunuh dan membinasakan lima ratus orang.

Est 9:7 Juga Parsandata, Dalfon, Aspata,

Est 9:8 Porata, Adalya, Aridata,

Est 9:9 Parmasta, Arisai, Aridai dan Waizata,

Est 9:10 kesepuluh anak laki-laki Haman bin Hamedata, seteru orang Yahudi, dibunuh oleh mereka, tetapi kepada barang rampasan tidaklah mereka mengulurkan tangan.

Est 9:11 Pada hari itu juga jumlah orang-orang yang terbunuh di dalam benteng Susan disampaikan ke hadapan raja.

Est 9:12 Lalu titah raja kepada Ester, sang ratu: "Di dalam benteng Susan saja orang Yahudi telah membunuh dan membinasakan lima ratus orang beserta kesepuluh anak Haman. Di daerah-daerah kerajaan yang lain, entahlah apa yang diperbuat mereka. Dan apakah permintaanmu sekarang? Niscaya akan dikabulkan. Dan apakah keinginanmu lagi? Niscaya dipenuhi."

Est 9:13 Lalu jawab Ester: "Jikalau baik pada pemandangan raja, diizinkanlah kiranya kepada orang Yahudi yang di Susan untuk berbuat besokpun sesuai dengan undang-undang untuk hari ini, dan kesepuluh anak Haman itu hendaklah disulakan pada tiang."

Est 9:14 Rajapun menitahkan berbuat demikian; maka undang-undang itu dikeluarkan di Susan dan kesepuluh anak Haman disulakan orang.

Est 9:15 Jadi berkumpullah orang Yahudi yang di Susan pada hari yang keempat belas bulan Adar juga dan dibunuhnyalah di Susan tiga ratus orang, tetapi kepada barang rampasan tidaklah mereka mengulurkan tangan.

Est 9:16 Orang Yahudi yang lain, yang ada di dalam daerah kerajaan, berkumpul dan mempertahankan nyawanya serta mendapat keamanan terhadap musuhnya; mereka membunuh tujuh puluh lima ribu orang di antara pembenci-pembenci mereka, tetapi kepada barang rampasan tidaklah mereka mengulurkan tangan.

Est 9:17 Hal itu terjadi pada hari yang ketiga belas dalam bulan Adar. Pada hari yang keempat belas berhentilah mereka dan hari itu dijadikan mereka hari perjamuan dan sukacita.

Est 9:18 Akan tetapi orang Yahudi yang di Susan berkumpul, baik pada hari yang ketiga belas, baik pada hari yang keempat belas dalam bulan itu. Lalu berhentilah mereka pada hari yang kelima belas dan hari itu dijadikan mereka hari perjamuan dan sukacita.

Est 9:19 Oleh sebab itu orang Yahudi yang di pedusunan, yakni yang diam di perkampungan merayakan hari yang keempat belas bulan Adar itu sebagai hari sukacita dan hari perjamuan, dan sebagai hari gembira untuk antar-mengantar makanan.


Tafsiran Wycliffe


Orang Yahudi Menang dan Purim Dilembagakan (9:1-10:3).

Ketika hari yang seharusnya naas tersebut tiba, orang Yahudi berhasil mempertahankan diri dengan bantuan pejabat pemerintah sehingga dapat membunuh lima ratus orang di Susan, termasuk sepuluh putra Haman.

Ester memperoleh izin bagi orang Yahudi untuk mempertahankan diri pada hari yang kedua pula, dan tiga ratus orang musuh lagi berhasil dibunuh di Susan.

Di daerah-daerah provinsi, tujuh puluh lima ribu orang berhasil dibunuh.

Perayaan Purim sesudah itu diresmikan melalui sejumlah surat khusus untuk memperingati pembebasan luar biasa ini.

Surat kedua kemudian menegaskan surat yang pertama dan juga mewajibkan diadakannya masa puasa.

Kebesaran Mordekhai dan kasihnya kepada Israel tercatat di dalam catatan resmi kerajaan.

1-4. Akhirnya, pada tanggal 7 Maret tahun 473 sM, hari yang dinanti-nantikanpun tiba, dan orang-orang Yahudi berkumpul menjadi kelompok di berbagai kota untuk menunggu para penyerang.

Terjadilah yang sebaliknya (ay. 1). Sebuah acuan yang nyata tentang pemeliharaan Allah, sekalipun nama Allah tetap tidak disebutkan.

Untuk membunuh orang-orang yang berikhtiar mencelakakan mereka (ay. 2). Di dalam konteks ini istilah mencelakakan berarti membunuh (bdg. 2:21; 3:6; 6:2).

Semua pembesar daerah ... menyokong orang Yahudi, karena ketakutan kepada Mordekhai telah menimpa mereka (ay. 3). Gema dari ketetapan yang kedua telah menunjukkan dengan jelas kepada para pejabat Persia, bahwa sang raja, apa lagi Mordekhai, sekarang berkenan kepada orang Yahudi, ikut bergabung untuk menyerang orang Yahudi pasti mendatangkan kecelakaan atas mereka.

Mungkin mereka ingat akan nasib orang-orang yang telah menentang kehendak Darius raja Media di dalam situasi yang mirip (Dan. 6:24).

5-10. Sekalipun demikian, terdapat banyak penduduk Persia yang memanfaatkan ketetapan pertama untuk menyerang para tetangga Yahudi mereka yang dibenci itu.

Karena kehilangan dukungan penuh dari pemerintah dan berhadapan dengan bangsa yang memperoleh semangat baru, tentu saja mereka mutlak dikalahkan.

Di Susan sendiri, ada lima ratus orang Persia, ditambah dengan sepuluh orang putra Haman yang mati terbunuh.

Semua putra Haman ini, terkecuali Adalia, memiliki nama Persia (baca Lange's Commentary, in loco, untuk melihat arti dasar dari nama-nama itu).

Kepada barang rampasan tidaklah mereka mengulurkan tangan (ay. 10). Bandingkan 3:13; 8:11; 9:15, 16. Orang-orang Yahudi menahan diri untuk tidak memanfaatkan hak sah yang mereka miliki agar kemurnian motivasi mereka menjadi jelas bagi semua orang.

11-16. Di daerah-daerah kerajaan yang lain, entahlah apa yang diperbuat mereka. (ay. 12). Tampaknya raja bersukacita ketika mendengar, bahwa orang-orang Yahudi telah memperoleh kemenangan yang demikian menakjubkan di Susan dan ia mengharapkan untuk mendengar berita tentang kemenangan yang lebih besar lagi dari daerah.

Diizinkanlah kiranya kepada orang Yahudi yang di Susan untuk berbuat besokpun sesuai dengan undang-undang untuk hari ini (ay. 13). Ester rupanya mendengar adanya sebuah komplotan Persia untuk menyerang orang Yahudi pada keesokan harinya, karena itu ia meminta izin bagi orang Yahudi untuk kembali mempertahankan diri.

Raja memenuhi permohonan tersebut dan mengeluarkan ketetapan baru yang mengizinkan orang Yahudi untuk membunuh musuh-musuh mereka di Susan pada tanggal 14 bulan Adar, sebab keputusan yang dikeluarkan oleh Mordekhai hanya menyebutkan, bahwa orang Yahudi boleh mempertahankan diri pada hari itu juga (8:13).

Ketetapan tambahan ini ditaati (ay. 15) sehingga tiga ratus orang Persia terbunuh di Susan. Jadi, keputusan di ayat 14 tidak khusus mengacu kepada penggantungan mayat-mayat para putra Haman (14b; bdg. Ul. 21:22, 23).

Sementara itu, di daerah-daerah orang-orang Yahudi berhasil membunuh tujuh puluh lima ribu orang musuh pada tanggal 13 bulan Adar.

17-28. Orang-orang Yahudi di daerah mulai menganggap tanggal 14 bulan Adar sebagai hari libur, sedangkan yang berada di Susan baru merayakannya pada tanggal 15.

Seperti halnya pada hari Natal, pada hari itu orang Yahudi saling tukar hadiah (bdg. Neh. 8:10, 12; Why. 11:10), dan orang-orang miskin mendapatkan perlakuan khusus (ay. 22).

Mordekhai menuliskan peristiwa itu, lalu mengirimkan surat-surat kepada semua orang Yahudi (ay. 20). Rupanya sesudah berlalu beberapa tahun, Mordekhai meninjau kembali rangkaian peristiwa yang berpuncak pada kemenangan mereka lalu ia mengeluarkan keputusan, bahwa tidak boleh ada lagi dua hari libur, tetapi kedua hari itu harus dirayakan sebagai Hari Raya Purim (ay. 26-28).

Sebetulnya, banyak orang Yahudi yang sudah mulai merayakan kedua hari tersebut (ay. 23).

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel