Esther 10: Kebesaran Mordekhai

Klik:

Esther 10


Est 10:1 Maka raja Ahasyweros mengenakan upeti atas negeri dan daerah-daerah pesisir juga.

Est 10:2 Segala perbuatannya yang hebat serta gagah dan pemberitaan yang seksama tentang kebesaran yang dikaruniakan raja kepada Mordekhai, bukankah semuanya itu tertulis di dalam kitab sejarah raja-raja Media dan Persia?

Est 10:3 Karena Mordekhai, orang Yahudi itu, menjadi orang kedua di bawah raja Ahasyweros, dan ia dihormati oleh orang Yahudi serta disukai oleh banyak sanak saudaranya, sebab ia mengikhtiarkan yang baik bagi bangsanya dan berbicara untuk keselamatan bagi semua orang sebangsanya.


Tafsiran Wycliffe


10:1-3. Ahasyweros wafat tahun 465 sM. Ketika memandang kembali ke masa pemerintahannya, penulis menekankan kekuasaan dan kekayaan yang besar dari raja ini (ay. 1) untuk menunjukkan kemurahan Allah yang luar biasa di dalam mengangkat bangsa Yahudi yang dibenci ke kedudukan terhormat di kerajaan yang seagung itu.

Berbicara untuk keselamatan bagi semua orang sebangsanya (ay. 3). Pernyataan ini mengacu pada seluruh bangsa Israel, bukan hanya pada keturunan Morekhai saja (bdg. II Raj. 11:1).

Orang Yahudi Menang dan Purim Dilembagakan (9:1-10:3).

Ketika hari yang seharusnya naas tersebut tiba, orang Yahudi berhasil mempertahankan diri dengan bantuan pejabat pemerintah sehingga dapat membunuh lima ratus orang di Susan, termasuk sepuluh putra Haman.

Ester memperoleh izin bagi orang Yahudi untuk mempertahankan diri pada hari yang kedua pula, dan tiga ratus orang musuh lagi berhasil dibunuh di Susan.

Di daerah-daerah provinsi, tujuh puluh lima ribu orang berhasil dibunuh.

Perayaan Purim sesudah itu diresmikan melalui sejumlah surat khusus untuk memperingati pembebasan luar biasa ini.

Surat kedua kemudian menegaskan surat yang pertama dan juga mewajibkan diadakannya masa puasa.

Kebesaran Mordekhai dan kasihnya kepada Israel tercatat di dalam catatan resmi kerajaan.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel