Mazmur 60: Doa Memohon Kemenangan

Klik:

Psalms 60


Psa 60:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Bunga bakung kesaksian. Miktam dari Daud untuk diajarkan, (60-2) ketika ia memerangi orang Aram-Mesopotamia dan orang Aram-Zoba, dan ketika Yoab pada waktu pulang telah memukul kalah dua belas ribu orang Edom di Lembah Asin. (60-3) Ya Allah, Engkau telah membuang kami, menembus pertahanan kami; Engkau telah murka; pulihkanlah kami!

Psa 60:2 (60-4) Engkau telah menggoncangkan bumi dan membelahnya; perbaikilah retak-retaknya, sebab bumi telah goyang.

Psa 60:3 (60-5) Engkau telah membuat umat-Mu mengalami penderitaan yang berat, Engkau telah memberi kami minum anggur yang memusingkan.

Psa 60:4 (60-6) Kepada mereka yang takut kepada-Mu telah Kauberikan panji-panji, tanda untuk berlindung terhadap panah. Sela

Psa 60:5 (60-7) Supaya terluput orang-orang yang Kaucintai, berikanlah keselamatan dengan tangan kanan-Mu dan jawablah kami!

Psa 60:6 (60-8) Allah telah berfirman di tempat kudus-Nya: "Aku hendak beria-ria, Aku hendak membagi-bagikan Sikhem, dan lembah Sukot hendak Kuukur.

Psa 60:7 (60-9) Punya-Ku Gilead dan punya-Ku Manasye, Efraim ialah pelindung kepala-Ku, Yehuda ialah tongkat kerajaan-Ku;

Psa 60:8 (60-10) Moab ialah tempat pembasuhan-Ku, kepada Edom Aku melemparkan kasut-Ku, karena Filistea Aku bersorak-sorai."

Psa 60:9 (60-11) Siapakah yang akan membawa aku ke kota yang berkubu? Siapakah yang menuntun aku ke Edom?

Psa 60:10 (60-12) Bukankah Engkau, ya Allah, yang telah membuang kami, dan yang tidak maju, ya Allah, bersama-sama bala tentara kami?

Psa 60:11 (60-13) Berikanlah kepada kami pertolongan terhadap lawan, sebab sia-sia penyelamatan dari manusia.

Psa 60:12 (60-14) Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita.


Tafsiran Wycliffe


Mazmur 60. Doa Memohon Kemenangan.

Mengingat bencana yang jelas dihadapi bangsa itu, dan bentuk majemuk yang kerap muncul, mazmur ini semestinya dikelompokkan sebagai ratapan bangsa.

Bagian pembukaan dan penutup mazmur ini berisi keluhan orang banyak, sedang bagian tengah memuat sabda Allah yang terpisah.

Nada keyakinan menutup mazmur ini.

Ayat 8-14 dikutip oleh penulis Mazmur 108.

3-7. Keadaan yang Mengerikan.

Ya Allah, Engkau telah membuang kami. Keadaan tersebut lebih buruk daripada bencana dan kekalahan perang, sebab dijelaskan, bahwa Allah meninggalkan umat-Nya.

Rupanya ketidaksenangan Allah secara nyata digambarkan menjadi penyebab gempa bumi, dan membuat bangsa itu terhuyung-huyung seakan-akan dalam kemabukan.

Kesimpulan yang bisa ditarik adalah, bahwa Allah memberi mereka panji-panji-Nya, tetapi membawa mereka pada kekalahan.

Permohonan dalam ayat 7 adalah peralihan untuk memperkenalkan janji Allah.

8-10. Sabda Berisi Nubuat.

Allah telah berfirman. Jawaban tersebut diungkapkan sesuai janji Allah sebelumnya.

Bahwa di situ disebut mengenai daerah yang secara geografis luas, tampaknya untuk menyatakan kekuasaan, dan kepemilikan Allah yang lingkupnya universal, bukan untuk menggambarkan keadaan sejarah.

11-14. Pengharapan yang pasti.

Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa. Kendatipun keluhan orang banyak tetap berlanjut di sela-sela sabda Allah yang membesarkan hati, harapan muncul.

Allah adalah satu-satunya harapan mereka untuk memenangkan pertempuran.

Doa meminta pertolongan mendatangkan kepastian akan kemenangan yang sempurna.

JILID II. Mazmur 42-72.

Jilid kedua dari lima bagian Kitab Mazmur rupanya merupakan bagian dari koleksi yang lebih besar, yakni Mazmur 42-83, di mana Allah disebut dengan nama `Èlõhîm, bukan Yahweh, pada kebanyakan dari bagian tersebut.

Elohim digunakan sebanyak 164 kali, sedang Yahweh hanya 30 kali dalam Jilid II.

Dalam koleksi yang lebih besar itu, dapat ditemukan beberapa koleksi lebih kecil: satu berhubungan dengan kaum Lewi yang disebut Bani Korah; satu lagi dikaitkan dengan Daud; dan satu menyebut nama Asaf.

Di samping koleksi-koleksi ini, Jilid II juga mencakup satu mazmur tanpa nama pengarang, dan satu mazmur yang dikaitkan dengan Salomo.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel