Isaiah 3:1-15: Hukuman TUHAN Terhadap Orang-orang Yang Menyesatkan Bangsa Itu

Klik:

Isaiah 3:1-15


Isa 3:1 Maka sesungguhnya Tuhan, TUHAN semesta alam, akan menjauhkan dari Yerusalem dan dari Yehuda setiap orang yang mereka andalkan, segala persediaan makanan dan minuman:

Isa 3:2 pahlawan dan orang perang, hakim dan nabi, petenung dan tua-tua,

Isa 3:3 perwira dan orang yang terpandang, penasihat dan ahli sihir, dan orang yang paham mantera.

Isa 3:4 Aku akan mengangkat pemuda-pemuda menjadi pemimpin mereka, dan anak-anak akan memerintah atas mereka.

Isa 3:5 Maka bangsa itu akan desak-mendesak, seorang kepada seorang, yang satu kepada yang lain; orang muda akan membentak-bentak terhadap orang tua, orang hina terhadap orang mulia.

Isa 3:6 Sehingga apabila seorang memegang saudaranya di rumah ayahnya dan berkata: "Engkau masih mempunyai jubah, jadilah pemimpin kami, dan reruntuhan ini di bawah kuasamu",

Isa 3:7 maka pada waktu itu saudaranya akan menjawab: "Aku tidak mau menjadi tabib; di rumahku tidak ada roti dan tidak ada jubah; janganlah angkat aku menjadi pemimpin bangsa."

Isa 3:8 Sungguh, Yerusalem telah runtuh dan Yehuda telah rubuh; sebab perkataan mereka dan perbuatan mereka melawan TUHAN dan mereka menantang kemuliaan hadirat-Nya.

Isa 3:9 Air muka mereka menyatakan kejahatan mereka, dan seperti orang Sodom, mereka dengan terang-terangan menyebut-nyebut dosanya, tidak lagi disembunyikannya. Celakalah orang-orang itu! Sebab mereka mendatangkan malapetaka kepada dirinya sendiri.

Isa 3:10 Katakanlah berbahagia orang benar! Sebab mereka akan memakan hasil pekerjaannya.

Isa 3:11 Celakalah orang fasik! Malapetaka akan menimpanya, sebab mereka akan diperlakukan menurut perbuatannya sendiri.

Isa 3:12 Adapun umat-Ku, penguasa mereka ialah anak-anak, dan perempuan-perempuan memerintah atasnya. Hai umat-Ku, pemimpin-pemimpinmu adalah penyesat, dan jalan yang kamu tempuh mereka kacaukan!

Isa 3:13 TUHAN mengambil tempat untuk menuntut dan berdiri untuk mengadili bangsa-bangsa.

Isa 3:14 TUHAN bertindak sebagai hakim atas tua-tua dan pemimpin-pemimpin umat-Nya: "Kamulah yang memusnahkan kebun anggur itu, barang rampasan dari orang yang tertindas tertumpuk di dalam rumahmu.

Isa 3:15 Mengapa kamu menyiksa umat-Ku dan menganiaya orang-orang yang tertindas?" demikianlah firman Tuhan ALLAH semesta alam.


Tafsiran Wycliffe


1. Setiap orang yang mereka andalkan. Dalam hal ini makanan dan minuman disebut sebagai penopang atau fondasi kesejahteraan materi dari bangsa itu.

2, 3. Bukan hanya kekeringan dan kelaparan akan menimpa negeri Yehuda, tetapi juga kelompok-kelompok berpengaruh dari bangsa Yahudi akan disingkirkan dari jabatan mereka dalam pemerintahan atau ketentaraan; dan bahkan para tukang yang terampil yang menghasilkan berbagai produk pun akan diambil.

Negeri itu akan ditinggalkan tanpa pemimpin atau sumber-sumber daya.

Pernyataan ini digenapi secara bertahap melalui serangan-serangan berturut-turut oleh Nebukadnezar, khususnya serangan tahun 597 SM, ketika "Ia mengangkut ... orang-orang berkuasa di negeri itu ... semua orang yang gagah perkasa, tujuh ribu orang banyaknya, para tukang dan para pandai besi, seribu orang banyaknya, sekalian pahlawan yang sanggup berperang" (II Raj. 24:15, 16).

4. Pemuda-pemuda menjadi pemimpin mereka. Pemuda-pemuda bukan hanya menyangkut umur (Raja Manasye, yang jahat dan rendah akhlaknya dan memerintah dari tahun 698 sampai 642 SM, baru berumur dua belas tahun ketika mulai memerintah), tetapi lebih menyangkut kebijaksanaan dan kemampuan politik.

Seperti itulah Yoyakim, Yoyakhin dan Zedekia.

Raja-raja ini, karena kebimbangan bodoh mereka untuk memilih antara bersekutu dengan Mesir atau dengan Babel, membuat negara mereka benar-benar hancur dalam dua puluh tahun setelah raja Yosia yang bijaksana itu mati.

6. Engkau masih mempunyai jubah, yakni baju luar atau mantel (Śimlâ), yang membuat orang kelihatan termasuk orang kaya, pada masa kemelaratan umum yang akan datang itu.

Karenanya, dia akan berhak mendapat kehormatan untuk memimpin orang-orang lainnya, yang terlalu miskin untuk bisa memiliki lebih dari baju dalam saja.

7. Tabib. Seorang pembebat (yakni atas luka-luka). Seorang penghibur, orang yang mempedulikan orang lain yang terluka atau yang membutuhkan pertolongan.

Akan menjadi begitu hinanya bangsa itu, sehingga orang-orang tidak menganggap sebagai suatu kehormatan jika dapat memimpinnya.

Orang-orang yang diminta menjadi pemimpin menolak karena alasan kemiskinan mereka.

8. Yerusalem telah runtuh. Secara harfiah, telah tersandung dan jatuh.

Allah telah menetapkan kebinasaannya yang akan segera datang, walaupun penggenapannya baru terjadi hampir 150 tahun kemudian.

Kemuliaan hadirat-Nya. Lebih baik daripada "mata kemuliaan-Nya" (a.l. Alkitab Terjemahan Lama).

9. Mendatangkan malapetaka kepada dirinya sendiri. Lebih baik dari AV, Rewarded evil unto themselves.

12. Penguasa mereka ialah anak-anak. Ini adalah para penguasa yang merosot akhlaknya dan kurang cakap, yang kemampuan mereka dalam pemerintahan tidak lebih daripada anak-anak yang berpandangan sempit dan plin-plan, dan mereka dipengaruhi oleh gundik-gundik mereka yang penuh dengan tipu daya.

13-15. Para bangsawan dan penguasa penindas ini mungkin kebal, atau tak terjamah oleh hukuman pengadilan atas kasus pemerasan kejam yang mereka lakukan terhadap umat TUHAN, tetapi Allah sendiri akan menghukum mereka karena menyakiti Dia dengan tidak setia pada iman mereka.

Sumber bahan: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel