Isaiah 44:21-28: TUHAN Penebus Israel

Klik:

Isaiah 44:21-28


Isa 44:21 Ingatlah semuanya ini, hai Yakub, sebab engkaulah hamba-Ku, hai Israel. Aku telah membentuk engkau, engkau adalah hamba-Ku; hai Israel, engkau tidak Kulupakan.

Isa 44:22 Aku telah menghapus segala dosa pemberontakanmu seperti kabut diterbangkan angin dan segala dosamu seperti awan yang tertiup. Kembalilah kepada-Ku, sebab Aku telah menebus engkau!

Isa 44:23 Bersorak-sorailah, hai langit, sebab TUHAN telah bertindak, bertempiksoraklah, hai rahim bumi! Bergembiralah dengan sorak-sorai, hai gunung-gunung, hai hutan serta segala pohon di dalamnya! Sebab TUHAN telah menebus Yakub, dan Ia telah memperlihatkan keagungan-Nya dalam hal Israel.

Isa 44:24 Beginilah firman TUHAN, Penebusmu, yang membentuk engkau sejak dari kandungan; "Akulah TUHAN, yang menjadikan segala sesuatu, yang seorang diri membentangkan langit, yang menghamparkan bumi--siapakah yang mendampingi Aku? --

Isa 44:25 Akulah yang meniadakan tanda-tanda peramal pembohong dan mempermain-mainkan tukang-tukang tenung; yang membuat orang-orang bijaksana mundur ke belakang, dan membalikkan pengetahuan mereka menjadi kebodohan;

Isa 44:26 Akulah yang menguatkan perkataan hamba-hamba-Ku dan melaksanakan keputusan-keputusan yang diberitakan utusan-utusan-Ku; yang berkata tentang Yerusalem: Baiklah ia didiami! dan tentang kota-kota Yehuda: Baiklah ia dibangun, Aku mau mendirikan kembali reruntuhannya!

Isa 44:27 Akulah yang berkata kepada tubir lautan: Jadilah kering, Aku mau mengeringkan sungai-sungaimu!

Isa 44:28 Akulah yang berkata tentang Koresh: Dia gembala-Ku; segala kehendak-Ku akan digenapinya dengan mengatakan tentang Yerusalem: Baiklah ia dibangun! dan tentang Bait Suci: Baiklah diletakkan dasarnya!"


Tafsiran Wycliffe


21-23. Inilah janji kasih setia bagi bangsa yang mempertahankan kebenaran Allah.

Dosa yang banyak, serta menyedihkan dari bangsa Yahudi akan dihapus, dan mereka boleh datang kepada Allah, meminta ampun, sebab Dia akan menebus mereka (dengan menetapkan Mesias sebagai pendamaian mereka).

Terhadap kabar baik Injil ini, para malaikat surga akan menyanyi dengan sukacita, demikian juga orang-orang kudus Perjanjian Lama yang berada dalam dunia orang mati menanti kebangkitan Kristus.

Bahkan, seluruh makhluk (termasuk yang bukan manusia), yang "dengan sangat rindu ... menantikan saat anak-anak Allah dinyatakan" (Rm. 8:19), akan ikut serta dalam sukacita kemenangan ini.

24-28. TUHAN menyatakan diri:

(1) Sebagai Pencipta Yang Mahakuasa, yang telah mempersiapkan Israel sejak kekal sebagai umat tebusan-Nya; dan

(2) Sebagai Sang Penguasa serba bijaksana atas sejarah, yang menghancurkan hikmat lemah dari para filsuf dan orang-orang terpelajar di dunia ini, dengan menyingkapkan semua kepalsuan dari khayalan-khayalan sia-sia mereka.

Orang duniawi tidak akan pernah percaya, bahwa Yerusalem dan Bait Allah yang kudus akan dibangun kembali tujuh puluh tahun sesudah bangsa Kasdim menghancurkannya; namun kota itu dan Bait Allah benar-benar dipulihkan sebagaimana telah dinubuatkan oleh Allah.

Dengan penuh ejekan, orang duniawi juga menolak kemungkinan, bahwa keturunan orang-orang yang dideportasi oleh Nebukadnezar akan menghuni dan membangun kembali Yehuda; tetapi bahkan hal itupun akan diwujudkan TUHAN.

Menurut pikiran orang tak beriman, hal yang paling sedikit kemungkinan bisa digenapi, ialah nubuat bahwa bangsa Yahudi akan dibebaskan oleh seorang duniawi yang bukan bangsa Israel seperti Koresy; tetapi toh demikian itu yang terjadi 150 tahun sesudah Tuhan menyatakan nubuat itu.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel