Isaiah 45:1-8: TUHAN Memakai Koresh Sebagai Alat-Nya

Klik:

Isaiah 45:1-8


Isa 45:1 Beginilah firman TUHAN: "Inilah firman-Ku kepada orang yang Kuurapi, kepada Koresh yang tangan kanannya Kupegang supaya Aku menundukkan bangsa-bangsa di depannya dan melucuti raja-raja, supaya Aku membuka pintu-pintu di depannya dan supaya pintu-pintu gerbang tidak tinggal tertutup:

Isa 45:2 Aku sendiri hendak berjalan di depanmu dan hendak meratakan gunung-gunung, hendak memecahkan pintu-pintu tembaga dan hendak mematahkan palang-palang besi.

Isa 45:3 Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allah Israel, yang memanggil engkau dengan namamu.

Isa 45:4 Oleh karena hamba-Ku Yakub dan Israel, pilihan-Ku, maka Aku memanggil engkau dengan namamu, menggelari engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku.

Isa 45:5 Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku,

Isa 45:6 supaya orang tahu dari terbitnya matahari sampai terbenamnya, bahwa tidak ada yang lain di luar Aku. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain,

Isa 45:7 yang menjadikan terang dan menciptakan gelap, yang menjadikan nasib mujur dan menciptakan nasib malang; Akulah TUHAN yang membuat semuanya ini.

Isa 45:8 Hai langit, teteskanlah keadilan dari atas, dan baiklah awan-awan mencurahkannya! Baiklah bumi membukakan diri dan bertunaskan keselamatan, dan baiklah ditumbuhkannya keadilan! Akulah TUHAN yang menciptakan semuanya ini."


Tafsiran Wycliffe


1. Orang yang Kuurapi ialah mãshîah atau Mesias.

Sebagai pembebas umat Allah dari perbudakan, sebagai pemenang yang tak terkalahkan atas musuh-musuhnya, Koresy merupakan lambang Yesus Kristus; banyak janji untuk dia digenapi juga secara rohani dalam pelayanan dan kehidupan Juruselamat kita.

Pintu-pintu gerbang tidak tinggal tertutup. Ditunjukkan secara luar biasa, ketika Babel direbut tahun 539 SM.

Dengan taktik atau strategi tipuan, sebuah kontingen Persia memasuki kota itu melalui dasar sungai kering dan membuka gerbang-gerbang dari dalam bagi pasukan utama.

3. Harta benda yang terpendam. Bahkan, kekayaan-kekayaan tersembunyi dalam tempat-tempat rahasia (Koresy mengamankan emas lantakan senilai $630,000,000 dari raja Croesus saja).

4. Aku memanggil engkau dengan namamu, mungkin lebih tepat lagi: Aku memberimu gelar terhormat, yaitu "yang Kuurapi."

6. Penekanan penting terletak pada nilai bukti dari penyebutan Koresy secara khusus, jauh sebelum kejadian itu sendiri.

Penggenapan nubuat ini memberikan bukti positif tentang otoritas ilahi dari nubuat ini, serta kedaulatan Sang Pemberi Penyataan sebagai satu-satunya Allah yang ada.

7. TUHAN adalah Pencipta dan Penopang alam semesta beserta hukum moralnya. Nasib malang yang diciptakan-Nya merupakan lawan dari nasib mujur.

Jelas, yang dimaksud di sini ialah nasib malang atau malapetaka akibat perbuatan salah.

Alkitab tidak pernah menyatakan, bahwa Allah menciptakan atau menjadikan dosa; dosa benar-benar berasal dari makhluk ciptaan yang secara moral memiliki kehendak bebas.

8. Tujuan tertinggi Allah ialah membentuk suatu umat, atau masyarakat yang kudus dan benar.

Sebagaimana langit secara fisik mencurahkan hujan hingga menyuburkan tanah, demikian juga pengaruh rohani dari surga akan menghasilkan buah-buah rohani dalam hati dan kehidupan orang-orang yang diam di bumi.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel