Isaiah 60: Kemuliaan Sion Yang Akan Datang

Klik:

Isaiah 60


Isa 60:1 Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasmu.

Isa 60:2 Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.

Isa 60:3 Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangmu, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagimu.

Isa 60:4 Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua datang berhimpun kepadamu; anak-anakmu laki-laki datang dari jauh, dan anak-anakmu perempuan digendong.

Isa 60:5 Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengang dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu.

Isa 60:6 Sejumlah besar unta akan menutupi daerahmu, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua akan datang dari Syeba, akan membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyhur TUHAN.

Isa 60:7 Segala kambing domba Kedar akan berhimpun kepadamu, domba-domba jantan Nebayot akan tersedia untuk ibadahmu; semuanya akan dipersembahkan di atas mezbah-Ku sebagai korban yang berkenan kepada-Ku, dan Aku akan menyemarakkan rumah keagungan-Ku.

Isa 60:8 Siapakah mereka ini yang melayang seperti awan dan seperti burung merpati ke pintu kandangnya?

Isa 60:9 Sungguh, Akulah yang dinanti-nantikan pulau-pulau yang jauh; kapal-kapal Tarsis berlayar di depan untuk membawa anak-anakmu laki-laki dari jauh, perak dan emasnya dibawa serta, untuk nama TUHAN, Allahmu, dan oleh karena Yang Mahakudus, Allah Israel, sebab Ia mengagungkan engkau.

Isa 60:10 Orang-orang asing akan membangun tembokmu, dan raja-raja mereka akan melayani engkau; sebab dalam murka-Ku Aku telah menghajar engkau, namun Aku telah berkenan untuk mengasihani engkau.

Isa 60:11 Pintu-pintu gerbangmu akan terbuka senantiasa, baik siang maupun malam tidak akan tertutup, supaya orang dapat membawa kekayaan bangsa-bangsa kepadamu, sedang raja-raja mereka ikut digiring sebagai tawanan.

Isa 60:12 Sungguh, bangsa dan kerajaan yang tidak mau mengabdi kepadamu akan lenyap; bangsa-bangsa itu akan dirusakbinasakan.

Isa 60:13 Kemuliaan Libanon, yaitu pohon sanobar, pohon berangan dan pohon cemara, akan dibawa bersama-sama kepadamu, untuk mempersemarak tempat bait kudus-Ku, sebab Aku hendak memuliakan tempat kaki-Ku berjejak.

Isa 60:14 Anak-anak orang-orang yang menindas engkau akan datang kepadamu dan tunduk, dan semua orang yang menista engkau akan sujud menyembah telapak kakimu; mereka akan menyebutkan engkau "kota TUHAN", "Sion, milik Yang Mahakudus, Allah Israel."

Isa 60:15 Sebagai ganti keadaanmu dahulu, ketika engkau ditinggalkan, dibenci dan tidak disinggahi seorangpun, sekarang Aku akan membuat engkau menjadi kebanggaan abadi, menjadi kegirangan turun-temurun.

Isa 60:16 Engkau akan mengisap susu bangsa-bangsa dan akan meminum susu kerajaan-kerajaan maka engkau akan mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Juruselamatmu, dan Penebusmu, Yang Mahakuasa, Allah Yakub.

Isa 60:17 Sebagai ganti tembaga Aku akan membawa emas, dan sebagai ganti besi Aku akan membawa perak, sebagai ganti kayu, tembaga, dan sebagai ganti batu, besi; Aku akan memberikan damai sejahtera dan keadilan yang akan melindungi dan mengatur hidupmu.

Isa 60:18 Tidak akan ada lagi kabar tentang perbuatan kekerasan di negerimu, tentang kebinasaan atau keruntuhan di daerahmu; engkau akan menyebutkan tembokmu "Selamat" dan pintu-pintu gerbangmu "Pujian".

Isa 60:19 Bagimu matahari tidak lagi menjadi penerang pada siang hari dan cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari, tetapi TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu dan Allahmu akan menjadi keagunganmu.

Isa 60:20 Bagimu akan ada matahari yang tidak pernah terbenam dan bulan yang tidak surut, sebab TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu, dan hari-hari perkabunganmu akan berakhir.

Isa 60:21 Pendudukmu semuanya orang-orang benar, mereka memiliki negeri untuk selama-lamanya; mereka sebagai cangkokan yang Kutanam sendiri untuk memperlihatkan keagungan-Ku.

Isa 60:22 Yang paling kecil akan menjadi kaum yang besar, dan yang paling lemah akan menjadi bangsa yang kuat; Aku, TUHAN, akan melaksanakannya dengan segera pada waktunya.


Tafsiran Wycliffe


1-3. Nabi menyatakan, bahwa kegelapan dunia akan dikalahkan oleh terang Israel.

Sudut pandangnya di sini ialah kedatangan pertama kali Kristus, sebab Dialah Terang yang akan terbit atas bangsa Yahudi.

Dan Jemaat atau Gereja-Nya akan merupakan terang itu, yakni yang memancarkan kesempurnaan dan kasih-Nya yang mulia, serta saluran bagi kebenaran-Nya untuk menjangkau orang yang belum mengenal TUHAN.

Injil Perjanjian Baru akan memiliki daya tarik kuat bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi, yang mana tidak pernah dimiliki oleh Kabar Baik Perjanjian Lama.

4-9. Di sini bangsa-bangsa lain yang bertobat diceritakan sedang datang berhimpun ke Kerajaan itu dan mempersembahkan semua milik dan talenta mereka sebagai kurban syukur bagi Tuhan.

Barangkali orang-orang yang sudah bertobat ini harus diperhitungkan sebagai anak-anak Allah karena pengangkatan, karenanya menjadi anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan Israel (ay. 4).

Atau mungkin mereka adalah bangsa Yahudi yang terserak, di mana mereka pasti akan disertai dan dikawal oleh orang Kristen dari bangsa-bangsa lain yang dengan iman masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Sungguh mengherankan, bahwa asal usul semua kekayaan yang dipersembahkan ini sebagian besar adalah dari dunia Arab.

Semua imigran yang masuk ke Negeri Perjanjian ini seperti burung merpati yang melayang cepat dalam jumlah besar (ay. 8).

Mereka ditarik ke sana oleh apa yang dinanti-nantikan mereka (ay. 9) atau kepercayaan mereka kepada Tuhan.

Prosesi tersebut di depan akan dituntun oleh kapal-kapal dari pulau-pulau yang jauh - dari Tarsis.

10-14. Di sini, Kitab Suci memberikan gambaran kepada kita mengenai kemuliaan dan damai sejahtera Sion pada zaman Kerajaan Seribu Tahun, setelah orang beriman dari bangsa-bangsa lain bersama-sama orang beriman dari bangsa Yahudi membangun pemerintahan Teokrasi baru dengan Yerusalem sebagai ibu kota mulianya.

(Mengingat suasana latar belakang di sini bersifat duniawi, maka tampaknya tidak mungkin menganggap ini terjadi di surga.)

Kerajaan Kristus akan menjadi pemerintahan tertinggi dan tidak akan membiarkan adanya lawan atau pemberontakan (ay. 12).

Rupanya (seperti dalam Yeh. 40-48), Bait Allah yang indah akan dibangun di Sion (Yes. 60:13), dan ke sana bahkan keturunan yang telah bertobat dari para penganiaya Israel akan datang untuk menyembah.

15-22. Kemuliaan Kerajaan Seribu Tahun diperlihatkan kontrasnya dengan Kerajaan Israel yang murtad dan memalukan sebelum Pembuangan:
  • Kemuliaan sebagai ganti kehinaan,
  • Kekayaan sebagai ganti kemiskinan (ay. 16, 17a),
  • Keadilan sebagai ganti ketidakadilan (ay. 17b),
  • Damai sejahtera senantiasa sebagai ganti pertumpahan darah dan peperangan (ay. 18),
  • Terang yang cemerlang dari kebaikan dan kehadiran Allah bersifat kekal (ay. 19, sebuah ayat yang secara spesifik menerangkan keadaan di surga; bdg. Why. 22:3-5), kebangunan rohani dan kesalehan berlaku terus-menerus dalam seluruh masyarakat sebagai ganti kemurtadan dan kemerosotan moral Israel zaman Perjanjian Lama (Yes. 60:21).

Rencana Allah untuk memiliki umat manusia yang sungguh-sungguh benar serta taat, akhirnya terwujud di bumi (ay. 21b), ketika minoritas kecil orang beriman sejati itu berkembang menjadi sangat besar dan menjadi satu bangsa yang perkasa (ay. 22).

(Dalam ay.16 perumpamaan yang berani menunjukkan, bahwa seperti seorang ibu menyerahkan energi yang vital ketika menyusui bayinya, demikianlah bangsa-bangsa dan para pemimpin mereka akan menyerahkan energi vital mereka untuk melayani Gereja zaman Kerajaan Seribu Tahun.)

Rencana Damai Sejahtera (58:1-66:24).

Penekanan bagian ketiga Kitab Yesaya ini ialah pada Roh Kudus yang melaksanakan dan memperluas karya penebusan.

Rencana anugerah Allah diuraikan sampai akhir zaman ini dan permulaan dunia baru.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel