Jeremiah 11:18-23: Nyawa Yeremia Terancam di Anatot

Klik:

Jeremiah 11:18-23


Jer 11:18 TUHAN memberitahukan hal itu kepadaku, maka aku mengetahuinya; pada waktu itu Engkau, TUHAN, memperlihatkan perbuatan mereka kepadaku.

Jer 11:19 Tetapi aku dulu seperti anak domba jinak yang dibawa untuk disembelih, aku tidak tahu bahwa mereka mengadakan persepakatan jahat terhadap aku: "Marilah kita binasakan pohon ini dengan buah-buahnya! Marilah kita melenyapkannya dari negeri orang-orang yang hidup, sehingga namanya tidak diingat orang lagi!"

Jer 11:20 Tetapi, TUHAN semesta alam, yang menghakimi dengan adil, yang menguji batin dan hati, biarlah aku melihat pembalasan-Mu terhadap mereka, sebab kepada-Mulah kuserahkan perkaraku.

Jer 11:21 Sebab itu beginilah firman TUHAN tentang orang-orang Anatot yang ingin mencabut nyawaku dengan mengatakan: "Janganlah bernubuat demi nama TUHAN, supaya jangan engkau mati oleh tangan kami!" --

Jer 11:22 Sebab itu beginilah firman TUHAN semesta alam: "Sesungguhnya, Aku akan menghukum mereka: pemuda-pemuda mereka akan mati oleh pedang, anak-anak mereka yang laki-laki dan perempuan akan habis mati kelaparan;

Jer 11:23 tidak ada yang tinggal hidup di antara mereka, sebab Aku akan mendatangkan malapetaka kepada orang-orang Anatot pada tahun hukuman mereka."


Tafsiran Wycliffe


Persepakatan Untuk Mengambil Nyawa Yeremia (11:18-12:6).

Barangkali Yeremia belum pergi dari Anatot ke Yerusalem ketika bagian ini ditulis.

Jelas dari 12:6, bahwa pertanyaan: "Mengapakah mujur hidup orang-orang fasik?" yang diangkat dalam 12:1-6 harus dikaitkan dengan persepakatan untuk mengambil nyawa sang nabi (11:18-23).

Barangkali, sanak saudara Yeremia di Anatot (mereka tentu juga imam-imam) berusaha membunuh sang nabi karena ia sering mencela kepercayaan yang palsu pada upacara-upacara.

Ini akan menjelaskan letak dari bagian ini sesudah 11:15-17.

Ini adalah salah satu pengakuan Yeremia (bdg. Pendahuluan, Pengakuan pengakuan Yeremia).

18. Hal itu ... perbuatan mereka, yakni persepakatan untuk mengambil nyawa Yeremia.

Kelihatannya yang dimaksudkan oleh nabi adalah, bahwa Allah memberi tahu dia tentang persepakatan itu tepat pada waktunya, sehingga dia dapat menyelamatkan diri.

19. Anak domba jinak. AV. A lamb or an ox.

20. Batin dan hati. Harfiahnya, ginjal, yaitu daerah pinggang yang pernah dianggap sebagai tempat perasaan kasih sayang.

23. Hukuman, (AV. Visitation).

I.B. TEGURAN-TEGURAN DAN PERINGATAN-PERINGATAN, SEBAGIAN BESAR DARI ZAMAN YOSIA (2:1-20:18).

Enam bagian ini, yang bersifat umum dan berulang, kelihatannya berasal dari zaman awal-awal pelayanan nabi. Mungkin itu semua adalah ciri khas dari khotbah lisan sang nabi.

I.B.4. Israel Ditolak karena Melanggar Perjanjian Allah (11:1-13:27).

"Perjanjian ini" (11:3) dibuat dengan Israel di Sinai.

Pernyataan terlengkapnya terdapat dalam Ulangan (ps. 29; 30).

Banyak pakar yakin, bahwa pasal-pasal Kitab Yeremia ini mempunyai latar belakang pembaharuan zaman Yosia yang disebabkan oleh penemuan sebuah kitab di Bait Suci, barangkali Kitab Ulangan (bdg. Pendahuluan, Masa Hidup Yeremia).

Yeremia mendukung pembaharuan ini, tetapi di sini dia melihat, bahwa kebangunan rohani tersebut dangkal, tidak cukup untuk menghapus hukuman Allah.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel