Jeremiah 15:10-21: Pergumulan Nabi Yeremia

Klik:

Jeremiah 15:10-21


Jer 15:10 Celaka aku, ya ibuku, bahwa engkau melahirkan aku, seorang yang menjadi buah perbantahan dan buah percederaan bagi seluruh negeri. Aku bukan orang yang menghutangkan ataupun orang yang menghutang kepada siapapun, tetapi mereka semuanya mengutuki aku.

Jer 15:11 Sungguh, ya TUHAN, aku telah melayani Engkau dengan sebaik-baiknya, dan telah membela musuh di depan-Mu pada masa kecelakaannya dan kesesakannya!

Jer 15:12 Dapatkah orang mematahkan besi, besi dari utara dan tembaga?

Jer 15:13 "Harta kekayaanmu dan barang-barang perbendaharaanmu akan Kuberikan dirampas sebagai ganjaran atas segala dosamu di segenap daerahmu.

Jer 15:14 Aku akan membuat engkau menjadi budak musuhmu di negeri yang tidak kaukenal, sebab dalam murka-Ku telah mencetus api yang akan menyala atasmu."

Jer 15:15 Engkau mengetahuinya; ya TUHAN, ingatlah aku dan perhatikanlah aku, lakukanlah pembalasan untukku terhadap orang-orang yang mengejar aku. Janganlah membiarkan aku diambil, karena panjang sabar-Mu, ketahuilah bagaimana aku menanggung celaan oleh karena Engkau!

Jer 15:16 Apabila aku bertemu dengan perkataan-perkataan-Mu, maka aku menikmatinya; firman-Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab nama-Mu telah diserukan atasku, ya TUHAN, Allah semesta alam.

Jer 15:17 Tidak pernah aku duduk beria-ria dalam pertemuan orang-orang yang bersenda gurau; karena tekanan tangan-Mu aku duduk sendirian, sebab Engkau telah memenuhi aku dengan geram.

Jer 15:18 Mengapakah penderitaanku tidak berkesudahan, dan lukaku sangat payah, sukar disembuhkan? Sungguh, Engkau seperti sungai yang curang bagiku, air yang tidak dapat dipercayai.

Jer 15:19 Karena itu beginilah jawab TUHAN: "Jika engkau mau kembali, Aku akan mengembalikan engkau menjadi pelayan di hadapan-Ku, dan jika engkau mengucapkan apa yang berharga dan tidak hina, maka engkau akan menjadi penyambung lidah bagi-Ku. Biarpun mereka akan kembali kepadamu, namun engkau tidak perlu kembali kepada mereka.

Jer 15:20 Terhadap bangsa ini Aku akan membuat engkau sebagai tembok berkubu dari tembaga; mereka akan memerangi engkau, tetapi tidak akan mengalahkan engkau, sebab Aku menyertai engkau untuk menyelamatkan dan melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN.

Jer 15:21 Aku akan melepaskan engkau dari tangan orang-orang jahat dan membebaskan engkau dari genggaman orang-orang lalim."


Tafsiran Wycliffe


Pembaharuan Panggilan Yeremia dan Konsekuensinya (15:10-16:9).

Sebuah ekspresi pengakuan yang dalam, menunjukkan kepahitan jiwa nabi.

Jawaban Allah menunjukkan, bahwa Yeremia perlu berhati-hati dengan perasaannya sendiri dan tidak mengatakan hal-hal lain, kecuali kebenaran.

Yeremia kemudian mendapat dorongan semangat, dan kembali diberi tugas.

13, 14. Ayat-ayat ini muncul lagi dalam 17:3b, 4 dengan variasi. Ayat-ayat ini ditujukan kepada rakyat Yehuda, yaitu menubuatkan pembuangan.

16. Di sini dinyatakan secara jelas, bahwa Firman Allah itu memuaskan.

Bandingkan Yosua 1:8; Yehezkiel 3:1-3; Wahyu 10:8-11, di mana pengalaman Yohanes mirip sekali dengan Yeremia.

Nama-Mu telah diserukan atasku. Maksudnya, nama-Mu telah memerintahkan aku.

Suatu acuan mengenai panggilan khusus sang nabi oleh Allah.

Karena mengingat panggilan ini, Yeremia dikuatkan untuk melanjutkan pelayanan kenabiannya.

17. Tangan-Mu. Tangan Allah atas Yeremia - sebuah ungkapan yang menyatakan ilham ilahi, yang karenanya Yeremia mengalami aniaya (bdg. Yeh. 1:3, dan sering muncul dalam Kitab Yeh. I Raj. 18:46; Yes. 8:11).

18. Sungai yang curang. Lebih baik, sungai yang menipu.

Yeremia mengecam Allah karena tidak dapat dipercaya, seperti ketika musim kering, orang yang dalam perjalanan menemukan, bahwa sungai yang darinya ia berharap dapat minum ternyata sudah kering (bdg. Ayb. 6:15-20).

19. Jika engkau mau kembali, Aku akan mengembalikan engkau. Idenya di sini adalah: jika engkau membuang dari padamu rasa kasihan diri, Aku akan memulihkan engkau.

Mengucapkan apa yang berharga dan tidak hina. Nabi perlu mendisiplinkan pikiran dan ucapannya, maka dia dapat menjadi juru bicara (penyambung lidah) Allah.

Ayat ini diakhiri dengan perintah kepada sang nabi untuk tidak tenggelam dalam tingkatan dari orang-orang yang dilayaninya.

20, 21. Ayat-ayat ini mengulangi substansi dari 1:18,19.

I.B. TEGURAN-TEGURAN DAN PERINGATAN-PERINGATAN, SEBAGIAN BESAR DARI ZAMAN YOSIA (2:1-20:18).

Enam bagian ini, yang bersifat umum dan berulang, kelihatannya berasal dari zaman awal-awal pelayanan nabi. Mungkin itu semua adalah ciri khas dari khotbah lisan sang nabi.

I.B.5. Doa Syafaat Nabi Tidak Dapat Mencegah Hukuman (14:1-17:27).

Bagian ini benar-benar bersifat otobiografi (riwayat hidup), penuh dengan pesimisme nabi mengenai masa depan bangsanya, dan juga menyingkapkan persekutuannya dengan Allah, dari siapa dia memperoleh topangan.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel