Jeremiah 13:15-27: Peringatan dan Ancaman

Klik:

Jeremiah 13:15-27


Jer 13:15 Dengarlah, pasanglah telingamu, janganlah kamu tinggi hati, sebab TUHAN telah berfirman.

Jer 13:16 Permuliakanlah TUHAN, Allahmu, sebelum Ia membuat hari menjadi gelap, sebelum kakimu tersandung di atas bukit-bukit yang diliputi senja, sementara kamu menanti-nantikan terang, tetapi Ia menjadikan hari kelam pekat dan mengubahnya menjadi gelap gulita.

Jer 13:17 Jika kamu tidak mau mendengarkannya, aku akan menangis di tempat yang tersembunyi oleh karena kesombonganmu, air mataku akan berlinang-linang, bahkan akan bercucuran, oleh sebab kawanan domba TUHAN diangkut tertawan.

Jer 13:18 Katakanlah kepada raja dan kepada ibu suri: "Duduklah di tempat yang rendah sekali, sebab mahkota kemuliaanmu sudah turun dari kepalamu!"

Jer 13:19 Kota-kota tanah Negeb sudah ditutup gerbangnya, dan tidak ada seorangpun yang membukanya. Segenap Yehuda sudah diangkut ke dalam pembuangan, diangkut ke dalam pembuangan seluruhnya.

Jer 13:20 Layangkanlah matamu, hai Yerusalem, dan lihatlah, ada orang-orang datang dari utara! Di manakah kawanan ternak yang diberikan kepadamu, kambing domba yang menjadi kemuliaanmu?

Jer 13:21 Apakah yang kaukatakan, apabila diangkat menjadi kepalamu orang-orang yang kauperlakukan sebagai pacar? Bukankah kesakitan akan menyergap engkau seperti halnya seorang perempuan yang melahirkan?

Jer 13:22 Dan apabila engkau bertanya dalam hatimu: "Mengapakah semuanya ini menimpa aku?" Karena banyaknya kesalahanmulah maka disingkapkan ujung kainmu dan engkau diperkosa!

Jer 13:23 Dapatkah orang Etiopia mengganti kulitnya atau macan tutul mengubah belangnya? Masakan kamu dapat berbuat baik, hai orang-orang yang membiasakan diri berbuat jahat?

Jer 13:24 Aku akan menghamburkan mereka seperti sekam yang diterbangkan angin padang gurun.

Jer 13:25 Itulah nasibmu, bagianmu yang telah Kuukur untukmu, demikianlah firman TUHAN, karena engkau melupakan Aku, dan mempercayai dusta.

Jer 13:26 Akupun juga akan mengangkat ujung kainmu sampai kepada mukamu, sehingga kelihatan auratmu.

Jer 13:27 Zinahmu dan ringkikmu, persundalanmu yang mesum di atas bukit-bukit dan di padang-padang, Aku sudah melihat perbuatanmu yang keji itu. Celakalah engkau, hai Yerusalem, berapa lama lagi hingga engkau menjadi tahir?


Tafsiran Wycliffe


18. Ibu suri. Orang Ibrani menaruh perhatian besar terhadap ibu sang raja.

Karena para raja mempunyai banyak isteri, dan tidak semua isteri memiliki status sama, maka identitas ibu sang raja adalah penting dalam pergantian kekuasaan.

Sebab mahkota kemuliaanmu sudah turun dari kepalamu. Ini lebih baik daripada terjemahan AV.

19. Tanah Negeb. Bagian selatan dari Yehuda. Pentingnya bagian ini dari negeri tersebut pada zaman dahulu, baru disadari belakangan.

Ditutup, yakni dikepung.

21. Barangkali: "Apa yang akan kaukatakan, jika ia (yaitu bangsa Babel yang menaklukkan) akan mengangkat sebagai kepalamu orang-orang yang kauanggap sebagai kawan?"

22. Disingkapkan. Jelas menunjuk pada perlakuan terhadap perempuan sundal (bdg. ay. 26; Hos. 2:3).

Diperkosa (AV. Heels made bare), atau ditimpa kekerasan. Heels (AV.) Barangkali merupakan suatu eufemisme untuk "bagian-bagian tubuh yang terlarang," yang merupakan anak kalimat paralel dengan bagian sebelumnya.

25. Dusta. Penyembahan berhala.

26. Lihat tafsiran atas ayat 21.

Perumpamaan dan Peringatan (13:1-27).

Pasal ini terdiri dari lima bagian yang disatukan oleh temanya berupa penghinaan dan celaan untuk Yehuda. Pasal ini mungkin berasal dari zaman raja Yoyakhin (13:18; bdg. 22:26).

I.B. TEGURAN-TEGURAN DAN PERINGATAN-PERINGATAN, SEBAGIAN BESAR DARI ZAMAN YOSIA (2:1-20:18).

Enam bagian ini, yang bersifat umum dan berulang, kelihatannya berasal dari zaman awal-awal pelayanan nabi. Mungkin itu semua adalah ciri khas dari khotbah lisan sang nabi.

I.B.4. Israel Ditolak karena Melanggar Perjanjian Allah (11:1-13:27).

"Perjanjian ini" (11:3) dibuat dengan Israel di Sinai.

Pernyataan terlengkapnya terdapat dalam Ulangan (ps. 29; 30).

Banyak pakar yakin, bahwa pasal-pasal Kitab Yeremia ini mempunyai latar belakang pembaharuan zaman Yosia yang disebabkan oleh penemuan sebuah kitab di Bait Suci, barangkali Kitab Ulangan (bdg. Pendahuluan, Masa Hidup Yeremia).

Yeremia mendukung pembaharuan ini, tetapi di sini dia melihat, bahwa kebangunan rohani tersebut dangkal, tidak cukup untuk menghapus hukuman Allah.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel