Jeremiah 13:12-14: Buyung Anggur Yang Dipecahkan

Klik:

Jeremiah 13:12-14


Jer 13:12 "Katakanlah kepada mereka firman ini: Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Setiap buyung harus dipenuhi dengan anggur! Dan jika mereka berkata kepadamu: Masakan kami tidak tahu betul, bahwa setiap buyung harus dipenuhi dengan anggur?,

Jer 13:13 maka katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, seluruh penduduk negeri ini akan Kupenuhi dengan kemabukan: para raja yang duduk di atas takhta Daud, para imam, para nabi dan seluruh penduduk Yerusalem.

Jer 13:14 Aku akan membantingkan seorang kepada yang lain sampai mereka hancur, bapa-bapa dengan anak-anaknya, demikianlah firman TUHAN. Aku akan membinasakan mereka tanpa belas kasihan, tanpa merasa sayang dan tanpa ampun."


Tafsiran Wycliffe


12. Setiap buyung harus dipenuhi dengan anggur. Barangkali peribahasa untuk pemabuk biasa.

Buyung adalah buli-buli besar dari tanah liat, tempat menyimpan minyak, biji-biji, atau anggur.

Buyung terbesar yang ditemukan para ahli purbakala, berisi sampai sepuluh galon.

13. Kemabukan. Bukan kemabukan secara harfiah.

Di sini dan di tempat lain dalam kitab-kitab para nabi (Yer. 25:15-28; Yeh. 23:31-34; Yes. 51:17, 18), gambaran tentang pemabuk dipakai untuk melambangkan keadaan menyedihkan bangsa itu, ketika dibawa ke pembuangan.

Perumpamaan dan Peringatan (13:1-27).

Pasal ini terdiri dari lima bagian yang disatukan oleh temanya berupa penghinaan dan celaan untuk Yehuda. Pasal ini mungkin berasal dari zaman raja Yoyakhin (13:18; bdg. 22:26).

I.B. TEGURAN-TEGURAN DAN PERINGATAN-PERINGATAN, SEBAGIAN BESAR DARI ZAMAN YOSIA (2:1-20:18).

Enam bagian ini, yang bersifat umum dan berulang, kelihatannya berasal dari zaman awal-awal pelayanan nabi. Mungkin itu semua adalah ciri khas dari khotbah lisan sang nabi.

I.B.4. Israel Ditolak karena Melanggar Perjanjian Allah (11:1-13:27).

"Perjanjian ini" (11:3) dibuat dengan Israel di Sinai.

Pernyataan terlengkapnya terdapat dalam Ulangan (ps. 29; 30).

Banyak pakar yakin, bahwa pasal-pasal Kitab Yeremia ini mempunyai latar belakang pembaharuan zaman Yosia yang disebabkan oleh penemuan sebuah kitab di Bait Suci, barangkali Kitab Ulangan (bdg. Pendahuluan, Masa Hidup Yeremia).

Yeremia mendukung pembaharuan ini, tetapi di sini dia melihat, bahwa kebangunan rohani tersebut dangkal, tidak cukup untuk menghapus hukuman Allah.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel