Yehezkiel 23: Kakak Beradik Ohola dan Oholiba

Klik:

Ezekiel / Yehezkiel 23


Eze 23:1 Datanglah firman TUHAN kepadaku:

Eze 23:2 "Hai anak manusia, ada dua orang perempuan, anak dari satu ibu.

Eze 23:3 Mereka bersundal di Mesir, mereka bersundal pada masa mudanya; di sana susunya dijamah-jamah dan dada keperawanannya dipegang-pegang.

Eze 23:4 Nama yang tertua ialah Ohola dan nama adiknya ialah Oholiba. Mereka Aku punya dan mereka melahirkan anak-anak lelaki dan perempuan. Mengenai nama-nama mereka, Ohola ialah Samaria dan Oholiba ialah Yerusalem.

Eze 23:5 Dan Ohola berzinah, sedang ia Aku punya. Ia sangat berahi kepada kekasih-kekasihnya, kepada orang Asyur, pahlawan-pahlawan perang,

Eze 23:6 berpakaian kain ungu tua, bupati-bupati dan penguasa-penguasa, semuanya pemuda yang ganteng, pasukan kuda.

Eze 23:7 Ia melakukan persundalannya dengan mereka, semuanya orang Asyur pilihan; ia menajiskan dirinya dengan semua orang, kepada siapa ia berahi dan dengan berhala-berhalanya.

Eze 23:8 Ia tidak meninggalkan persundalannya yang dilakukannya sejak dari Mesir, sebab pada masa mudanya orang sudah menidurinya, dan mereka memegang-megang dada keperawanannya dan mencurahkan persundalan mereka kepadanya.

Eze 23:9 Oleh sebab itu Aku menyerahkan dia ke dalam tangan kekasih-kekasihnya, dalam tangan orang Asyur, kepada siapa ia berahi.

Eze 23:10 Mereka menyingkapkan auratnya, anak-anaknya lelaki dan perempuan ditangkap dan ia sendiri dibunuh dengan pedang. Dengan demikian namanya dipercakapkan di antara kaum perempuan sebab hukuman telah dijatuhkan atasnya.

Eze 23:11 Walaupun hal itu dilihat oleh adiknya, Oholiba, ia lebih berahi lagi dan persundalannya melebihi lagi dari kakaknya.

Eze 23:12 Ia berahi kepada orang Asyur, kepada bupati-bupati dan penguasa-penguasan kepada pahlawan-pahlawan perang yang pakaiannya sangat sempurna, kepada pasukan kuda, semuanya pemuda yang ganteng.

Eze 23:13 Aku melihat bahwa ia menajiskan diri; kelakuan mereka berdua adalah sama.

Eze 23:14 Bahkan, ia menambah persundalannya lagi: ia melihat laki-laki yang terukir pada dinding, gambar orang-orang Kasdim, diukir dalam warna linggam,

Eze 23:15 pinggangnya diikat dengan ikat pinggang, kepalanya memakai serban yang berjuntai, semuanya kelihatan seperti perwira, yang menyerupai orang Babel dari Kasdim, tanah kelahiran mereka.

Eze 23:16 Segera sesudah kelihatan oleh matanya ia berahi kepada mereka dan mengirim suruhan kepada mereka ke tanah Kasdim.

Eze 23:17 Maka orang Babel datang kepadanya menikmati tempat tidur percintaan dan menajiskan dia dengan persundalan mereka; sesudah ia menjadi najis oleh mereka, ia meronta dari mereka.

Eze 23:18 Oleh karena ia melakukan persundalannya dengan terang-terangan dan memperlihatkan sendiri auratnya, maka Aku menjauhkan diri karena jijik dari padanya, seperti Aku menjauhkan diri dari adiknya.

Eze 23:19 Ia melakukan lebih banyak lagi persundalannya sambil teringat kepada masa mudanya, waktu ia bersundal di tanah Mesir.

Eze 23:20 Ia berahi kepada kawan-kawannya bersundal, yang auratnya seperti aurat keledai dan zakarnya seperti zakar kuda.

Eze 23:21 Engkau menginginkan kemesuman masa mudamu, waktu orang Mesir memegang-megang dadamu dan menjamah-jamah susu kegadisanmu.

Eze 23:22 Oleh sebab itu, hai Oholiba, beginilah firman Tuhan ALLAH, memang engkau sudah menjauhkan dirimu dari kekasih-kekasihmu, tetapi sungguh, Aku akan menyuruh mereka bergerak melawan engkau; Aku akan membawa mereka melawan engkau dari sekitarmu:

Eze 23:23 orang Babel dan semua orang Kasdim, orang Pekod, orang Soa dan orang Koa, dan semua orang Asyur bersama mereka, pemuda yang ganteng, bupati-bupati dan para penguasa semuanya, perwira-perwira dan pahlawan-pahlawan perang, pasukan kuda semuanya.

Eze 23:24 Mereka datang melawan engkau dengan banyak kereta dan roda-roda dan dengan sekumpulan bangsa-bangsa; mereka akan menyusun perisai besar dan kecil dan ketopong di sekitarmu melawan engkau, dan Aku akan menyerahkan perkara ini di hadapannya dan mereka akan menghakimi engkau menurut hukum mereka.

Eze 23:25 Aku akan membalaskan cemburuan-Ku kepadamu, sehingga mereka memperlakukan engkau dengan kemurkaan, hidung dan telingamu akan dikerat dan sisamu akan mati rebah oleh pedang. Mereka akan menangkap anak-anakmu lelaki dan perempuan dan sisamu akan dimakan api.

Eze 23:26 Mereka akan menelanjangi engkau dan merampas perhiasan-perhiasanmu.

Eze 23:27 Aku akan membuat engkau menghentikan kemesumanmu dan persundalanmu sejak dari tanah Mesir, sehingga engkau tidak lagi melirik kepada mereka dan tidak lagi mengingat-ingat orang Mesir.

Eze 23:28 Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku akan menyerahkan engkau ke dalam tangan orang yang kaubenci, walaupun engkau sudah menjauhkan diri dari mereka.

Eze 23:29 Mereka akan memperlakukan engkau dengan kebencian dan akan merampas segala hasil jerih payahmu dan meninggalkan engkau telanjang bugil, sehingga aurat persundalanmu kelihatan. Kemesumanmu dan persundalanmu

Eze 23:30 mendatangkan hal ini atasmu, karena engkau bersundal dengan mengandalkan bangsa-bangsa dan menajiskan dirimu dengan berhala-berhala mereka.

Eze 23:31 Engkau hidup mengikuti kelakuan kakakmu, sebab itu Aku akan memberi engkau minum dari pialanya.

Eze 23:32 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Engkau harus minum dari piala kakakmu, piala yang dalam dan lebar mulutnya, yaitu piala yang banyak isinya; menjadi tertawaan dan olok-olok engkau.

Eze 23:33 Engkau akan penuh kemabukan dan dukacita. Piala kengerian disertai kesunyian ialah piala kakakmu Samaria.

Eze 23:34 Engkau meminumnya beserta ampasnya, sampai mengunggis pecahan-pecahannya dan engkau merabitkan susumu. Sebab Aku yang mengatakannya, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Eze 23:35 Oleh sebab itu, beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena engkau melupakan Aku dan membelakangi Aku, sekarang tanggung sendirilah kemesumanmu dan persundalanmu."

Eze 23:36 Lalu TUHAN berfirman kepadaku: "Hai anak manusia, maukah engkau menghakimi Ohola dan Oholiba dan memberitahukan kepada mereka perbuatan-perbuatannya yang keji?

Eze 23:37 Sebab mereka berzinah, tangan mereka berlumuran darah dan mereka berzinah dengan menyembah berhala-berhalanya, bahkan anak-anak lelaki mereka yang dilahirkan bagi-Ku dipersembahkannya sebagai korban dalam api kepada berhala-berhalanya menjadi makanan.

Eze 23:38 Selain itu hal ini juga mereka lakukan terhadap Aku, mereka menajiskan tempat kudus-Ku pada hari itu dan melanggar kekudusan hari-hari Sabat-Ku.

Eze 23:39 Dan sedang mereka menyembelih anak-anak mereka untuk berhala-berhalanya, mereka datang pada hari itu ke tempat kudus-Ku dan melanggar kekudusannya. Sungguh, inilah yang dilakukan mereka di dalam rumah-Ku.

Eze 23:40 Tambahan lagi mereka meminta orang-orang datang dari tempat yang jauh dengan menyuruh suruhan memanggil mereka, dan sungguh, mereka datang. Demi kedatangan mereka engkau mandi bersih-bersih, mencalak alismu dan menghias dirimu dengan perhiasan-perhiasan.

Eze 23:41 Engkau duduk di tempat tidur yang serba indah dan di hadapannya meja dengan hidangan yang disajikan; di atas tempat tidurmu itu kautaruh ukupan-Ku dan minyak-Ku.

Eze 23:42 Lalu kedengaranlah suara keramaian hidup bersenang-senang padanya dan kepada orang-orang dari orang banyak ditambahkan lagi pemabuk-pemabuk dari padang gurun. Mereka mengenakan gelang pada tangannya dan mahkota kemuliaan di atas kepalanya.

Eze 23:43 Aku berkata: Apakah bunga yang layu ini masih melakukan perzinahan? Orang bersundal dengan dia, bahkan dengan dia.

Eze 23:44 Mereka datang kepadanya seperti orang mendatangi perempuan sundal. Demikianlah mereka datang kepada Ohola dan Oholiba untuk melakukan kemesuman.

Eze 23:45 Tetapi orang-orang yang benar saleh akan menghakimi mereka seperti orang menghakimi perempuan-perempuan yang berzinah dan yang menumpahkan darah, sebab mereka adalah perempuan-perempuan berzinah dan tangan mereka berlumuran darah."

Eze 23:46 Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH: "Biarlah bangkit sekumpulan orang melawan mereka dan biarkanlah mereka menjadi kengerian dan rampasan.

Eze 23:47 Kumpulan orang ini akan melontari mereka dengan batu dan memancung mereka dengan pedangnya, membunuh anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan mereka dan membakar habis rumah-rumah mereka.

Eze 23:48 Aku akan menghentikan kemesuman di tanah itu dan semua kaum perempuan akan memperhatikan peringatan itu dan tidak akan melakukan kemesuman lagi seperti yang kamu lakukan.

Eze 23:49 Orang akan membalaskan kemesumanmu atasmu dan kamu harus menanggung dosa-dosamu lantaran kamu menyembah berhala-berhala. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan ALLAH."


Tafsiran Wycliffe


Perumpamaan Tentang Ohola dan Oholiba (23:1-49).

Pasal 23 berisi sebuah gambaran alegoris tentang sejarah Samaria dan Yerusalem, sebagai dua bersaudara yang tidak setia kepada pasangan ilahi mereka.

Dalam perumpamaan pasal 16, ketidaksetiaan agama Israel karena rayuan ibadah Kanaan disamakan dengan perzinahan.

Pasal 23 ini berbicara tentang persekutuan politis Israel dengan bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, termasuk ketidakpercayaan kepada kuasa Tuhan, dalam kiasan tentang pelacuran.

Dalam sebuah puisi yang menunjukkan banyak rincian yang menjijikkan (ay. 1-35), sang nabi menggambarkan:

(1) ketidaksetiaan Ohola (Samaria) dan hukumannya (ay. 1-10);

(2) ketidaksetiaan Oholiba (Yerusalem; ay. 11-21) dan hukumannya (ay. 22-35).

Pernyataan tambahan (ay. 36-49), menggambarkan dua bersaudara yang berdosa dan menerima penghakiman yang terjadi secara bersamaan.

Kerajaan Tuhan harus setia kepada-Nya dan bukannya bersandar pada persekutuan kafir.

"Konsepsinya sudah mengandung pikiran nabi, bahwa kerajaan Allah bukanlah suatu negara, tetapi apa yang sekarang kita kenal sebagai gereja" (A. B. Davidson, Cambridge Bible, hlm. 165).

23:2. Dua kerajaan itu, Israel dan Yehuda, diperkenalkan sebagai dua bersaudara (bdg. Yer. 3:7; Yeh. 16:46).

4. Ohola, dia yang memiliki kemah, dan Oholiba, kemah ada di dalam dia, adalah "dua bersaudara yang sama nama dan kesalahannya". Mengenai nama-nama yang dibentuk secara mirip, lihat Kejadian 35:18; Yesaya 62:4.

Mereka Aku punya. Hukum melarang menikahi dua bersaudara (Im. 18:18).

Kiasan tentang pernikahan (bdg. Yer. 2:2; Hos. 2:21, 22) dikembangkan secara panjang lebar oleh Yehezkiel.

5, 6. Kekasih-kekasihnya ... orang Asyur, pahlawan-pahlawan perang (RSV). AV. tetangga (neighbours), qerôbîm, mungkin berhubungan dengan kata qerãb, "pertempuran" (Ayb. 38:23; Za. 14:3); atau mungkin dari akar kata yang sama dengan kata bahasa Akad kurâdû, "pejuang" dibaca qerôdîm.

7. Tugu Hitam Shalmaneser III (959-824 SM) menunjukkan raja Israel Yehu yang membayar upeti, 842 SM. (bdg. Pritchard, ANET, hlm. 281-284).

Israel bergabung dalam persekutuan yang merusak dengan Tiglat-Pileser III (745-727 SM), raja Asyur (II Raj. 15:19-29).

Ayat 8,9 bercerita tentang persekongkolan Samaria dengan Asyur dan Mesir (lih. juga, Hos. 5:13; 7:11; 8:9, 10; 12:1).

Persekongkolan Hosea dengan Mesir melawan Asyur menyebabkan kejatuhan Samaria (II Raj. 17:3-6).

10. Dengan demikian namanya dipercakapkan, artinya dia menjadi suatu contoh (harf., nama; bdg. ay. 48; 16:41; 36:3).

11-13. Persekongkolan dengan Asyur.

11. Walaupun hal itu dilihat oleh adiknya, Oholiba. Contoh dari Samaria tidak menjadi peringatan bagi Yerusalem, yang bersalah dalam kejahatan yang lebih besar (16:47, 51; Yer. 3:8, 11).

12. Ia berahi kepada orang Asyur. Bandingkan ayat 5, 6. Ahas meminta bantuan Asyur (II Raj. 16:7; 23:11, 12; Yes. 7:1-25).

14-18. Persekongkolan dengan Babel.

Laki-laki yang terukir pada dinding. Orang Babel menggambar dinding ruangan mereka dengan kayu yang diukir dan dicat (bdg. 8:10; Yer. 22:14).

15. Ikat pinggang. Sabuk atau korset merupakan bagian dari pakaian orang Babel (lih. Yes. 5:27; 11:5; juga, gambaran tentang bangsawan Babel, Herodotus Histories I, 195).

Kepalanya memakai serban yang berjuntai (RSV). Sesuatu yang dililitkan, dan pita-pita yang bergantungan di belakangnya.

Kelihatan seperti perwira (RSV). Seorang "perwira" (shãlîsh) adalah orang ketiga yang menguasai kereta perang bersama raja dan pengemudi, orang yang memiliki posisi tinggi.

16. Ia ... mengirim suruhan. Peristiwanya tidak diketahui, sekalipun Hizkia telah menyambut perwakilan dari Babel sekitar tahun 712 SM (bdg. Yes. 39).

17. Ia meronta dari mereka (harf., dilepaskan; bdg. Kej. 32:25). Dia merasakan perubahan nafsu yang membara.

19-21. Persekongkolan dengan Mesir.

19. Bersundal di tanah Mesir. Pada zaman Yesaya, ada persekutuan kuat yang memihak Mesir (Yes. 30-31; bdg. Yer. 2:18; 37:5; Yeh. 29-32).

20. Kawan-kawannya bersundal. Untuk persamaan dari simbol-simbol yang menjijikkan di ayat ini, lihat Hosea 8:9; Yeremia 2:24; 5:8; 13:27.

Seperti seorang pelacur tertarik oleh kemampuan seksual, begitu juga Yehuda tertarik oleh kehebatan militer Mesir.

22-27. Ancaman hukuman pertama.

23. Orang Pekod, orang Soa dan orang Koa (bdg. Yer. 50:20; Yes. 22:5) dikenali sebagai suku Pukûdû, Sutû, dan Kutû, yang berdiam di sebelah timur sungai Tigris, dekat muaranya, semuanya masuk dalam kekaisaran Kasdim.

Bupati-bupati dan para penguasa semuanya. Perwira-perwira dan pahlawan-pahlawan perang, yang mengikuti bunyi dari ayat 5, 6, dan 12.

Para penguasa. Teks Masoret menerjemahkan orang-orang yang dipanggil, yang mungkin berarti para penasihat "yang dipanggil" untuk memberikan nasihat.

24. Perisai besar. Peralatan perlindungan yang besar.

Perisai kecil. Perisai kecil yang dibawa di lengan.

Aku akan menyerahkan perkara ini, yakni dari Yerusalem kepada bangsa Kasdim (bdg. I Raj. 8:46). Mereka akan "menghakimi"-nya menurut hukum mereka yang kejam.

25. Membalaskan cemburuan-Ku. Bandingkan Bilangan 25:11.

Tentang pengudungan seorang sundal, dan lain-lain, lihat Sistem Hukum Asyur Tengah (Barton, Archaeology and the Bible) halaman 427-438, khususnya bagian 4, 8, 9, 11-14, 40, 41, 50-59.

Tentang praktik di Mesir, lihat Diodorus Siculus The Historical Library i. 78. Bandingkan Yehezkiel 12:13; 16:40.

26. Mereka akan menelanjangi engkau. Bandingkan. 16:38, 39.

28-31. Ancaman hukuman kedua.

29. Hasil jerih payahmu, yaitu kekayaan (Yer. 20:5; Mzm. 128:2).

31. Piala. Yerusalem harus minum dari piala penghakiman saudaranya (bdg. Yes. 51:17, 22, 23; Yer. 25:15, 16; Hab. 2:16).

32-34. Ancaman hukuman ketiga. Ayat-ayat ini membentuk sebuah puisi tentang piala penghakiman.

34. Sampai mengunggis pecahan-pecahannya (RSV). Sebuah tafsiran bebas dari LXX untuk Teks Masoret: menggerogoti pecahan-pecahannya.

35. Ancaman keempat.

23:36-39. Penghakiman Atas Ohola dan Oholiba. Bagian ini merupakan suatu tambahan dengan penjelasan yang bebas.

37. Darah anak yang dikurbankan ada di tangan mereka, dalam penyembahan berhala mereka, khususnya Molokh (bdg. 16:20, 21).

38. Mereka menajiskan tempat kudus Bait Allah dan melanggar hari Sabat Tuhan. Bandingkan 20:12, 13; 22:8. 39.

Setelah melakukan penyembahan berhala, mereka memasuki Bait Tuhan tanpa minat. Bandingkan Mikha 3:11; Yeremia 7:9-11.

40-44. Persundalan Israel dalam persekutuan dengan bangsa asing.

Dalam ayat-ayat ini, si sundal itu melakukan banyak persiapan untuk menyambut kawan-kawan persundalannya.

40. Kaum wanita mewarnai kelopak mata mereka dengan bubuk logam berwarna putih atau berkilau, supaya mata mereka kelihatan besar dan berkilau (bdg. II Raj. 9:30; Yer. 4:30; lih. juga nama anak perempuan Ayub, Kerenhappuch, "alat cat mata", Ayb. 42:14).

42, 43. Ayat-ayat ini sukar dipahami dalam Teks Masoret, dan berbagai versi Alkitab tidak memberikan terjemahan yang memuaskan.

Ayat 44 adalah ringkasan dari ayat-ayat sebelumnya.

Terjemahan melakukan kemesuman (RSV), mengikuti LXX, sebagai ganti Teks Masoret, perempuan mesum.

45-49. Perempuan yang berzinah harus dihukum mati oleh orang-orang benar.

Orang-orang yang benar. Mungkin maknanya adalah, bahwa kesadaran moral masyarakat (bukan bangsa Kasdim) akan melakukan penghakiman atas para perempuan yang berzinah (bdg. ay. 24, 47; 16:40).

47. Melontari mereka dengan batu. Dilontari batu adalah hukuman bagi perzinahan yang dianjurkan oleh Hukum Taurat (bdg. 16:38-40; Ul. 21:21).

48. Memperhatikan. Diperingatkan oleh sebuah contoh publik (bdg. ay. 10; 16:41).

49. Akan membalaskan (RSV). Begitu juga dengan Targum.

Kamu harus menanggung dosa-dosamu (RSV). Bandingkan ayat 35; Imamat 20:20.

I. Nubuat Melawan Yehuda dan Yerusalem (1:1-24:27).

Ucapan peringatan terhadap Yerusalem dan umat Israel, yang diberikan sebelum kejatuhan Yerusalem, terdiri dari: bagian pendahuluan, rincian panggilan sang nabi (ps. 1-3); tindakan-tindakan simbolis dan nubuatan yang menggambarkan penaklukan kota dan bangsa tersebut (ps. 4-7); sejumlah penglihatan yang menggambarkan dosa-dosa yang menjijikkan dari Yerusalem yang mengakibatkan kehancurannya (ps. 8-11); tindakan-tindakan simbolis, perumpamaan-perumpamaan, dan alegori-alegori yang menggambarkan perlunya pembuangan itu secara moral (ps. 12-19); dan sebuah tinjauan tentang sejarah masa lampau bangsa Israel yang sangat memerlukan hukuman tertentu (ps. 20-24).

Kejatuhan yang Akan Terjadi Atas Israel Tidak Terelakkan dan Perlu (20:1-24:27).

Yehezkiel meninjau sejarah bangsa Israel, yaitu bangsa yang telah dipelihara Allah agar tetap hidup untuk menghargai nama-Nya (20:1-44).

Namun, sekarang penghargaan terhadap nama-Nya mengharuskan, bahwa pedang amarah-Nya memukul Yerusalem (20:45-21:23 = Teks Masoret 21:1-37).

Selain itu, perbuatan-perbuatan keji Yerusalem, seperti sanga, harus mengalami api peleburan berupa penghukuman, baik atas kelompok pemimpin maupun rakyat (ps. 22).

Dalam perumpamaan yang mengingatkan kepada perumpamaan dalam pasal 16, Tuhan berbicara tentang ketidaksetiaan dan persundalan dua bersaudara, yaitu Ohola (Samaria) dan Oholiba (Yerusalem), terhadap pasangan ilahi mereka, dan tentang hukuman akibat perzinahan mereka (ps. 23).

Pada hari dimulainya masa pengepungan Yerusalem (Yer. 39:1), Yehezkiel menceritakan perumpamaan tentang kuali yang berkarat yang ditaruh di atas api untuk dibersihkan.

Dan dengan berpantang untuk meratapi kematian istrinya, dia menjadi simbol keputusasaan bangsa itu atas nasib kota mereka (ps. 24).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel