Amos 9:11-15: Janji Mengenai Keselamatan

Klik:

Amos 9:11-15


Amo 9:11 "Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala,

Amo 9:12 supaya mereka menguasai sisa-sisa bangsa Edom dan segala bangsa yang Kusebut milik-Ku," demikianlah firman TUHAN yang melakukan hal ini.

Amo 9:13 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman TUHAN, "bahwa pembajak akan tepat menyusul penuai dan pengirik buah anggur penabur benih; gunung-gunung akan meniriskan anggur baru dan segala bukit akan kebanjiran.

Amo 9:14 Aku akan memulihkan kembali umat-Ku Israel: mereka akan membangun kota-kota yang licin tandas dan mendiaminya; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan minum anggurnya; mereka akan membuat kebun-kebun buah-buahan dan makan buahnya.

Amo 9:15 Maka Aku akan menanam mereka di tanah mereka, dan mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah yang telah Kuberikan kepada mereka," firman TUHAN, Allahmu.


Tafsiran Wycliffe


Janji Tentang Pemulihan Israel (9:11-15).

Bagian terakhir nubuatan ini memberikan gambaran tentang kerajaan Daud yang dipulihkan.

Gambaran ini menyorot tujuan dari pengendalian sejarah oleh Yehovah.

Ide bahwa kehendak Allah pasti terlaksana dalam sejarah adalah bagian integral dari pemikiran Amos.

11. Pada hari itu. Hari TUHAN.

Pondok Daud. Waktu hukuman menimpa Israel, rumah Daud berkurang menjadi suatu pondok.

Ini adalah gambaran tentang pemulihan Israel yang akan datang, ketika takhta Daud akan kembali ditegakkan (Kis. 15:15-17).

12. Sisa-sisa bangsa Edom. Penglihatan Amos tentang kerajaan Mesias di bawah takhta Daud menggambarkan kerajaan itu sebagai bersifat universal, dan meliputi orang-orang non-Yahudi.

13. Pembajak akan tepat menyusul penuai. Suatu gambaran pendahuluan mengenai kesuburan negeri itu pada zaman Milenial.

14. Aku akan memulihkan kembali umat-Ku. Suatu janji, bahwa Israel akan dipulihkan kembali ke negerinya yang akan dibangun lagi, dan dibuat makmur.

15. Aku akan menanam mereka di tanah mereka (bdg. Yer. 24:6; 32:41; 42:10). Kembalinya Israel akan merupakan tindakan langsung Allah.

Mereka tidak akan dicabut lagi dari tanah ... mereka. Janji tanpa syarat tentang kepemilikan yang permanen, yang belum digenapi (II Sam. 7:10; Yes. 60:21; Yl. 3:20).

TUHAN, Allahmu. Kata-kata akhir dari nubuatan itu adalah dasar kepastian untuk Israel, bahwa hal-hal ini akan terjadi.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel