Amos 4:6-13: Orang Israel Tidak Mau Berbalik Kepada TUHAN

Klik:

Amos 4:6-13


Amo 4:6 "Sekalipun Aku ini telah memberi kepadamu gigi yang tidak disentuh makanan di segala kotamu dan kekurangan roti di segala tempat kediamanmu, namun kamu tidak berbalik kepada-Ku," demikianlah firman TUHAN.

Amo 4:7 "Akupun telah menahan hujan dari padamu, ketika tiga bulan lagi sebelum panen; Aku menurunkan hujan ke atas kota yang satu dan tidak menurunkan hujan ke atas kota yang lain; ladang yang satu kehujanan, dan ladang, yang tidak kena hujan, menjadi kering;

Amo 4:8 penduduk dua tiga kota pergi terhuyung-huyung ke satu kota untuk minum air, tetapi mereka tidak menjadi puas; namun kamu tidak berbalik kepada-Ku," demikianlah firman TUHAN.

Amo 4:9 "Aku telah memukul kamu dengan hama dan penyakit gandum, telah melayukan taman-tamanmu dan kebun-kebun anggurmu, pohon-pohon ara dan pohon-pohon zaitunmu dimakan habis oleh belalang, namun kamu tidak berbalik kepada-Ku," demikianlah firman TUHAN.

Amo 4:10 "Aku telah melepas penyakit sampar ke antaramu seperti kepada orang Mesir; Aku telah membunuh terunamu dengan pedang pada waktu kudamu dijarah; Aku telah membuat bau busuk perkemahanmu tercium oleh hidungmu; namun kamu tidak berbalik kepada-Ku," demikianlah firman TUHAN.

Amo 4:11 "Aku telah menjungkirbalikkan kota-kota di antara kamu, seperti Allah menjungkirbalikkan Sodom dan Gomora, sehingga kamu menjadi seperti puntung yang ditarik dari kebakaran, namun kamu tidak berbalik kepada-Ku," demikianlah firman TUHAN.

Amo 4:12 "Sebab itu demikianlah akan Kulakukan kepadamu, hai Israel. --Oleh karena Aku akan melakukan yang demikian kepadamu, maka bersiaplah untuk bertemu dengan Allahmu, hai Israel!"

Amo 4:13 Sebab sesungguhnya, Dia yang membentuk gunung-gunung dan menciptakan angin, yang memberitahukan kepada manusia apa yang dipikirkan-Nya, yang membuat fajar dan kegelapan dan yang berjejak di atas bukit-bukit bumi--TUHAN, Allah semesta alam, itulah nama-Nya.


Tafsiran Wycliffe


Keburukan Moral Israel (4:1-13).

Amos menuduh perempuan-perempuan bertanggung jawab atas banyak kejahatan di Israel.

Ironisnya, sang nabi mendesak Israel untuk meneruskan penyembahan formal orang kafir di kuil-kuil mereka.

Allah telah berulang kali menunjukkan ketidaksetujuan-Nya terhadap perilaku Israel, tetapi tanpa hasil.

Akibatnya, hukuman tak dapat dielakkan.

6. Gigi yang tidak disentuh makanan. Ini berarti tidak ada makanan untuk dimakan.

7. Ungkapan ini menempatkan dalam perspektif yang tajam, fakta bahwa kuasa Allah sendirilah yang dinyatakan dalam berbagai persoalan bangsa-bangsa.

8. Namun kamu tidak berbalik kepada-Ku. Frasa yang muncul berulang kali ini menunjukkan kelembutan Allah yang telah berusaha, bahkan dalam kekerasan penghakiman-Nya, untuk membuat umat-Nya makin dalam memahami tentang diri-Nya.

9. Hama. Belalang.

10. Seperti kepada orang Mesir. Sebuah acuan kepada kehebatan serta sifat menghancurkan yang khusus dari berbagai tulah di Mesir.

12. Demikianlah akan Kulakukan. Dengan dramatis, Amos menubuatkan penghukuman akhir, tanpa benar-benar menggambarkan apa yang akan terjadi.

Bersiaplah untuk bertemu dengan Allah. Ini bukan tantangan bagi Israel untuk bersiap menanggung hukuman, tetapi suatu himbauan untuk bertobat (LXX: Berserulah kepada Allahmu).

Setiap nubuat tentang penghukuman merupakan suatu nasihat untuk bertobat.

13. Dia yang membentuk. Amos menyatakan sekali lagi, bahwa kekuatan-kekuatan alam merupakan penyataan akan keagungan Allah.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel