Zefanya 3:9-20: Janji Keselamatan

Klik:

Zephaniah / Zefanya 3:9-20


Zep 3:9 "Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih, supaya sekaliannya mereka memanggil nama TUHAN, beribadah kepada-Nya dengan bahu-membahu.

Zep 3:10 Dari seberang sungai-sungai negeri Etiopia orang-orang yang memuja Aku, yang terserak-serak, akan membawa persembahan kepada-Ku.

Zep 3:11 Pada hari itu engkau tidak akan mendapat malu karena segala perbuatan durhaka yang kaulakukan terhadap Aku, sebab pada waktu itu Aku akan menyingkirkan dari padamu orang-orangmu yang ria congkak, dan engkau tidak akan lagi meninggikan dirimu di gunung-Ku yang kudus.

Zep 3:12 Di antaramu akan Kubiarkan hidup suatu umat yang rendah hati dan lemah, dan mereka akan mencari perlindungan pada nama TUHAN,

Zep 3:13 yakni sisa Israel itu. Mereka tidak akan melakukan kelaliman atau berbicara bohong; dalam mulut mereka tidak akan terdapat lidah penipu; ya, mereka akan seperti domba yang makan rumput dan berbaring dengan tidak ada yang mengganggunya."

Zep 3:14 Bersorak-sorailah, hai puteri Sion, bertempik-soraklah, hai Israel! Bersukacitalah dan beria-rialah dengan segenap hati, hai puteri Yerusalem!

Zep 3:15 TUHAN telah menyingkirkan hukuman yang jatuh atasmu, telah menebas binasa musuhmu. Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu; engkau tidak akan takut kepada malapetaka lagi.

Zep 3:16 Pada hari itu akan dikatakan kepada Yerusalem: "Janganlah takut, hai Sion! Janganlah tanganmu menjadi lemah lesu.

Zep 3:17 TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai,

Zep 3:18 seperti pada hari pertemuan raya." "Aku akan mengangkat malapetaka dari padamu, sehingga oleh karenanya engkau tidak lagi menanggung cela.

Zep 3:19 Sesungguhnya pada waktu itu Aku akan bertindak terhadap segala penindasmu, tetapi Aku akan menyelamatkan yang pincang, mengumpulkan yang terpencar dan akan membuat mereka yang mendapat malu menjadi kepujian dan kenamaan di seluruh bumi.

Zep 3:20 Pada waktu itu Aku akan membawa kamu pulang, yakni pada waktu Aku mengumpulkan kamu, sebab Aku mau membuat kamu menjadi kenamaan dan kepujian di antara segala bangsa di bumi dengan memulihkan keadaanmu di depan mata mereka," firman TUHAN.


Tafsiran Wycliffe


9. Tetapi sesudah itu Aku akan memberikan bibir lain kepada bangsa-bangsa, yakni bibir yang bersih. Ini secara nubuat mengacu pada masa, di mana bangsa Yahudi akan berpaling dari hujatan penyembahan berhala, dan menaikkan pujian kepada TUHAN (bdg. Yl. 2:28; Kis. 2:16-21).

Bibir yang bersih, bisa diartikan sebagai bentuk penyembahan religius yang hendak mereka jalankan.

Sebelumnya, mereka adalah penyembah berhala; sekarang, Tuhan berjanji untuk memulihkan penyembah-Nya di antara mereka.

10. Dari seberang sungai-sungai negeri Etiopia. Setelah penghukuman itu, TUHAN akan membawa umat-Nya kembali dari seluruh wilayah pembuangan.

Bahkan, negeri yang begitu terpencil seperti Etiopia akan merasakan tindakan anugerah TUHAN ini.

11. Engkau tidak akan mendapat malu. Pada akhirnya, penghukuman akan berakhir bagi orang-orang yang bertobat.

Sekelompok orang-orang yang tersisa akan dibersihkan dari penyembahan berhala, dan akan kembali.

Aku akan menyingkirkan dari padamu. Para pemimpin yang jahat akan menemui takdir mereka.

Engkau tidak akan lagi meninggikan dirimu. Harga diri palsu akan diubahkan menjadi kerendahan hati.

12. Umat yang rendah hati dan lemah. Pembuangan akan mengakibatkan banyak orang dari bangsa itu menjadi miskin.

Sebetulnya, banyak rakyat miskin yang menanggapi pembebasan di bawah pimpinan Koresy, sementara mereka yang kaya, tetap tinggal di tempat pembuangan.

Nubuatan itu juga melihat melampaui peristiwa kembali dari Babel itu, ke masa di mana orang yang miskin dan rendah hati, akhirnya menerima Mesias: "Orang banyak yang besar jumlahnya mendengarkan Dia dengan penuh minat" (Mrk. 12:37).

13. Sisa Israel. Setelah pembuangan ke Babel, sekelompok orang-orang tersisa, yang sudah disucikan dan dimurnikan, akan kembali.

Mereka tidak akan pernah lagi sujud kepada allah-allah kafir (bdg. Mi. 4:7).

14. Bersorak-sorailah, hai puteri Sion. Waktu untuk bersukaria akan tiba, ketika kelompok yang tersisa sekali lagi akan beribadah di dalam Bait Suci yang sudah dibangun kembali.

Akan terdapat juga suatu masa sukacita, pada masa yang lebih jauh ke depan, ketika Israel menerima Mesias-nya.

15. Raja Israel, yakni TUHAN, ada di antaramu. Ini merupakan antisipasi bersifat nubuat mengenai saat, ketika Sang Raja Mesias akan memerintah.

Israel tidak memiliki raja keturunan Daud, yang benar-benar memegang kendali pemerintahan semenjak kematian Zedekia.

16. Janganlah takut. Dalam zaman yang agung, yakni zaman Mesias, tidak akan ada lagi penawanan dan penderitaan bangsa.

17. TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Inilah puncak nubuatan Zefanya.

TUHAN Allah adalah Pribadi Ilahi yang ada dengan sendirinya, yang akan berdiri di tengah-tengah Israel.

Sebagai pahlawan. Dialah Pahlawan yang memberi kemenangan. Inilah sifat yang diberikan Yesaya kepada Mesias (Yes. 9:6). Dia akan menyelamatkan bangsa-Nya.

Ia bergirang karena engkau. Setelah menyelamatkan mereka, Sang Mesias akan menemukan di dalam Israel yang sudah ditebus itu, alasan untuk Dia bersukacita (bdg. Yoh. 15:11).

18. Aku akan mengangkat malapetaka dari padamu. Orang-orang yang tersisa akan bertobat dari dosa-dosa mereka, dan mereka akan kembali berkumpul di Yerusalem, untuk menyaksikan bagaimana kemegahan kota itu dipulihkan.

Menanggung cela. Bangsa Yahudi tidak bisa menikmati agama mereka di negara-negara di mana mereka terpencar, oleh karena cela yang ditimpakan atas mereka oleh bangsa-bangsa tetangga mereka yang kafir (bdg. Mzm. 137).

19. Aku akan bertindak terhadap segala penindasmu. Orang-orang yang telah menghukum Yehuda akan dihukum.

20. Aku akan membawa kamu pulang. Mereka akan kembali memiliki tanah mereka sendiri dan dipulihkan untuk memperoleh perkenan Tuhan.

Akhirnya, segala bangsa di muka bumi akan diberkati oleh bangsa Yahudi ... melalui Raja Mesias mereka, Tuhan Yesus (bdg. Yes. 11:12; Yeh. 28:25; 34:13; Am. 9:14).

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel