Zakaria 10:3-11:3: Pembebasan Israel Dari Kuasa-kuasa Asing

Klik:

Zechariah / Zakaria 10:3-11:3


Zec 10:3 "Terhadap para gembala akan bangkit murka-Ku dan terhadap kepala-kepala kawanan kambing Aku akan mengadakan pembalasan, sebab TUHAN semesta alam memperhatikan kawanan ternak-Nya, yakni kaum Yehuda, dan membuat mereka sebagai kuda keagungan-Nya dalam pertempuran.

Zec 10:4 Dari pada mereka akan muncul batu penjuru, dari pada mereka akan muncul patok kemah, dari pada mereka akan muncul busur perang, dari pada mereka akan keluar semua penguasa bersama-sama.

Zec 10:5 Maka mereka akan seperti pahlawan yang menginjak-injak musuh seakan-akan itu lumpur di jalan; mereka akan berperang, sebab TUHAN menyertai mereka, dan mereka akan membuat malu orang-orang yang mengendarai kuda.

Zec 10:6 Aku akan membuat kuat kaum Yehuda, dan Aku menyelamatkan keturunan Yusuf. Aku akan membawa mereka kembali, sebab Aku menyayangi mereka; dan keadaan mereka seakan-akan tidak pernah ditolak oleh Aku, sebab Akulah TUHAN, Allah mereka, dan Aku akan menjawab mereka.

Zec 10:7 Efraim akan seperti seorang pahlawan, hati mereka akan bersukacita seperti oleh anggur. Anak-anak mereka akan melihatnya, lalu bersukacita dan hati mereka bersorak-sorak karena TUHAN.

Zec 10:8 Aku akan bersiul memanggil mereka dan Aku akan mengumpulkan mereka, sebab Aku sudah membebaskan mereka, dan jumlah mereka menjadi banyak seperti dahulu.

Zec 10:9 Sekalipun Aku telah menyerakkan mereka ke antara bangsa-bangsa, tetapi di tempat-tempat yang jauh mereka akan ingat kepada-Ku; mereka akan hidup bersama-sama anak-anak mereka dan mereka akan kembali.

Zec 10:10 Aku akan membawa mereka kembali dari tanah Mesir, dan dari Asyur Aku akan mengumpulkan mereka; Aku akan membawa mereka masuk ke tanah Gilead dan ke Libanon, sehingga tidak ada tempat lagi bagi mereka.

Zec 10:11 Mereka akan menyeberangi laut Mesir dan Ia akan memukul gelombang di laut, sehingga segala tempat yang dalam di sungai Nil menjadi kering. Kebanggaan Asyur akan diturunkan dan tongkat kerajaan Mesir akan lewat.

Zec 10:12 Aku akan menguatkan mereka, dan mereka akan bermegah di dalam nama TUHAN," demikianlah firman TUHAN.

Zec 11:1 Bukalah pintu-pintumu, hai Libanon, supaya api dapat memakan pohon-pohon arasmu.

Zec 11:2 Merataplah, hai pohon sanobar, sebab sudah rebah pohon aras dan sudah dirusakkan pohon-pohon yang hebat! Merataplah, hai pohon-pohon tarbantin Basan, sebab telah rata hutan yang lebat itu!

Zec 11:3 Dengar, para gembala meratap! Sebab kemegahan mereka sudah dirusakkan. Dengar, singa-singa mengaum! Sebab sudah dirusakkan kebanggaan sungai Yordan.


Tafsiran Wycliffe


3. Terhadap kepala-kepala kawanan kambing Aku akan mengadakan pembalasan. Artinya adalah, bahwa Allah menghukum para pemimpin karena peranan mereka dalam menyesatkan bangsa itu.

Dia menunjukkan keinginan-Nya untuk memelihara umat-Nya.

4. Dari pada mereka akan muncul batu penjuru. Terutama dari Yehuda, yang baru disebutkan dalam ayat 3, akan muncul Raja Mesias.

Tokoh-tokoh yang dipakai melambangkan Mesias dengan kekuatan, stabilitas serta sifat dapat diandalkan yang Dia miliki.

Bandingkan Yesaya 19:13 (ASV); I Petrus 2:6; Yesaya 22:23, 24; Keluaran 15:3; Mazmur 45:4, 5.

Semua penguasa. Berlandaskan hanya pada bahasa-bahasa yang asalnya sama, ini seharusnya tidak disimpulkan sebagai Mesias; sebaliknya ini berbicara tentang hasil pekerjaan-Nya.

Karena Dia adalah pelindung umat-Nya, tidak ada penindas yang akan bisa keluar dari tengah-tengah mereka.

5. Sebab TUHAN menyertai mereka. Diakui, bahwa acuannya sendiri bersifat umum, konteks menempatkannya dalam masa Mesias.

Waktu itu Israel akan terdiri dari para serdadu Allah yang tak terkalahkan.

Para nabi begitu penuh dengan pengharapan akan Mesias, sehingga mereka berbalik kepada pengharapan itu dalam tiap kejadian yang mungkin.

Sebagai murid sejarah yang sejati, mereka melihat, bahwa tiap kemenangan merupakan sebuah langkah dalam gerakan maju dari maksud kemenangan akhir Allah.

6. Seakan-akan tidak pernah ditolak oleh Aku. Alangkah dahsyatnya menghilangkan dengan sekali pukul semua masa lalu yang suram.

TUHAN mengerti bagaimana caranya memulihkan tahun-tahun yang telah dimakan belalang.

7. Hati mereka bersorak-sorak karena TUHAN. Efraim, kerajaan utara yang pernah mengalami pembuangan lebih lama daripada Yehuda, hendak memasuki kemenangan TUHAN juga.

Allah menjanjikan berkat atas bangsa yang kembali bersatu (Yeh. 37:15-23).

8. Aku akan bersiul memanggil mereka. Yeremia memakai gambaran tentang berburu dan memancing (Yer. 16:16) bagi penyatuan kembali Israel.

Zakharia memakai gambaran tentang penjaga madu yang memanggil lebah-lebahnya dengan siulan.

Jumlah mereka menjadi banyak. Sebagaimana mereka dulu berlipat ganda di bawah perbudakan Mesir (Kel. 1:7), demikian juga mereka akan bertambah lagi.

9. Di tempat-tempat yang jauh mereka akan ingat kepada-Ku. Inilah bukti, bahwa sang nabi bukan hanya menubuatkan peristiwa kembali dari Asyur dan Babel, yang telah terlaksana pada abad ke enam SM.

10. Aku akan membawa mereka kembali. Tanah Mesir dan Asyur, dari mana Allah akan mengumpulkan mereka, berdiri sebagai wakil dari semua negara di mana mereka tersebar.

11. Segala tempat yang dalam di sungai Nil menjadi kering. Sama seperti Allah memukul air di Laut Merah untuk memungkinkan mereka menyeberang di tanah kering, demikian juga Dia akan menyingkirkan tiap rintangan dalam pemulihan mereka yang akan datang.

12. Mereka akan bermegah di dalam nama TUHAN. Segenap kehidupan dan perilaku mereka akan dikendalikan oleh keinginan untuk memuliakan TUHAN.

Inilah tujuan nubuatan bagi bangsa Israel.

Penolakan Terhadap Gembala Yang Baik (11:1-17).

Peristiwa-peristiwa dalam pasal ini terjadi pada masa pelayanan Gembala Israel di dunia, dan penolakan mereka terhadap-Nya, serta akibat-akibatnya pada tahun 70 AD.

Peristiwa-peristiwa ini menyatakan masa kegelapan dalam sejarah bangsa Israel.

11:1. Supaya api dapat memakan pohon-pohon arasmu. Zakharia, dalam bentuk dramatis, menggambarkan penghukuman Allah sebagai menimpa Israel laksana lautan api besar, yang pertama-tama menelan pohon aras Libanon yang kuat di bagian utara.

3. Yordan. Libanon, Basan, dan Yordan menggambarkan keseluruhan luas negeri itu.

Tentu saja bangsa ini akan dilibatkan dalam penghancuran negeri mereka; mereka tidak dapat lolos dari penghukuman.

Demikianlah pernyataan perihal penghukuman tersebut.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel