Matius 11:20-24: Yesus Mengecam Beberapa Kota

Klik:

Matthew / Matius 11:20-24


Mat 11:20 Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya:

Mat 11:21 "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.

Mat 11:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.

Mat 11:23 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini.

Mat 11:24 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."


Tafsiran Wycliffe


Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46).

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus, dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1), Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1).

Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea, yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4).

Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea, karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Jawaban Yesus Kepada Yohanes dan Khotbah yang Bertalian (11:1-30).

Di sini Yesus menjawab pertanyaan tajam Yohanes, memberikan penghargaan kepada pendahulu-Nya yang dipenjara, dan mengecam kota-kota yang telah menolak diri-Nya.

20-24. Mengecam beberapa kota. Di situ, Ia paling banyak melakukan mukjizat.

Di dalam kitab-kitab Injil, tidak tercatat tentang terjadinya mukjizat di Khorazim dan di Betsaida (bukan Betsaida Yulias).

Mungkin kedua desa ini begitu dekat dengan Kapernaum yang lebih besar, sehingga banyak mukjizat yang terjadi di Kapernaum disaksikan oleh penduduk dari ketiga desa ini.

Tirus dan Sidon. Kota-kota pelabuhan Fenisia yang terkemuka, sasaran hukuman ilahi pada zaman Nebukadnezar dan Aleksander (bdg. Yeh. 26-28).

Bertobat dan berkabung. (Seharusnya sudah lama mereka bertobat dengan pakaian kabung dan debu; bdg. Yun. 3:5-8). Cara yang umum di Timur untuk mengungkapkan duka.

Seandainya Tirus dan Sidon memperoleh kesempatan yang dimiliki kota-kota Yahudi, kata Yesus, pastilah sudah lama mereka bertobat.

Mengapa kesempatan-kesempatan semacam itu tidak diberikan? Itu terpulang kepada maksud-maksud Allah, yang mengutus Kristus kepada umat Israel lebih dahulu.

Sekalipun demikian, makin besar kesempatan rohani diberikan kepada Khorazim dan Betsaida, makin patut dicela ketidakpercayaan mereka.

Mengenai Kapernaum, sebagai tempat tinggal Yesus, yang memiliki kesempatan terbesar dari semua, pertanyaan retoris: Apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Menyiratkan jawaban yang negatif.

Engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati. Keadaan penduduk Kapernaum pada hari penghakiman akan lebih parah daripada keadaan penduduk Sodom, kota yang merupakan lambang kejahatan.

Sumber ayat Alkitab / tafsiran: Software e-sword dan Alkitab.sabda.org.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel